Cari Tempat Wisata


Desa Sidemen di Bali : Retret Bali Tersembunyi yang Mempesona

Desa Sidemen di Bali : Retret Bali Tersembunyi yang Mempesona
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Desa Tradisional
Lokasi Indonesia / Bali
Alamat : Desa Sidemen, Karangasem, Bali
Views : 278

Sideman merupakan salah satu dari banyak lembah pertanian yang membentuk jalan hingga ke puncak gunung berapi Gunung Agung yang mengesankan.Retret Bali tersembunyi yang benar-benar mempesona. Menempuh perjalanan 45 menit ke pedalaman dari Padang Bai dan satu jam dari Pura Dasa.

Daerah Sidemen adalah salah satu tempat terbesar di Bali yang memiliki aura spiritual yang kuat adalah Lembah Sidemen yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Ada banyak candi Hindu Bali, agama mayoritas masyarakat Bali, yang terletak di desa-desa ini. Desa ini terletak di lembah, dikelilingi banyak bukit dan sebagian besar wilayahnya adalah sawah yang diairi melalui Subak, sistem air tradisional Bali untuk sawah. Area perumahan dipisahkan dengan area lapangan, area perumahan yang terletak di sisi kanan dari jalan, dan area lapangan yang terletak di sisi kiri, yang membuat desa ini sangat unik. Daerah ini terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan, dan cara hidup tradisional yang sederhana, "damai".

Terlepas dari perkembangan yang berlebihan di pulau ini, daerah unik di Bali timur ini masih memiliki perasaan seolah-olah tidak banyak yang berubah. Desa-desa kecil dikelilingi oleh sawah dan lahan pertanian sementara orang masih cenderung ke sawah mereka; menyiapkan upacara di pura dan pergi ke sungai untuk mandi menjelang akhir hari. Semua di bawah pengawasan ketat Gunung Agung yang mengesankan dan sakral. Semakin banyak pelancong menemukan tempat yang tenang ini, terutama pecinta alam. Jalur pendakian membawa Anda menyusuri sawah, gunung, melalui lembah-lembah sungai Unda dan banyak perkebunan kopi dan kakao yang mendominasi daerah ini.

Desa Sidemen telah menghasilkan master sastra Bali dan teologi Hindu, serta generasi penenun yang terampil. Selama beberapa dekade, atau mungkin milenium, orang Sidemen juga berfungsi sebagai surga terpencil bagi mereka yang lelah di dunia. Semua kasta masyarakat Hindu tradisional Bali diwakili di sini: Brahmana tinggal di Geria, Ksatria di Istana, Waisya di jero, dan Sudra di rumah mereka sendiri, dan ada juga populasi Muslim kecil yang merupakan keturunan dari mantan prajurit istana Karangasem dari Pulau Lombok ketika Istana Karangasem menaklukkannya, yang telah lama hidup berdampingan secara harmonis dengan tetangga Hindu mereka.

Aktivitas

Sawah Sidemen menyediakan kemungkinan hiking yang indah. Jadi hiking adalah hal pertama yang mungkin Anda lakukan di sini. Tetapi ada lebih banyak di desa hijau ini, sehingga cukup mudah untuk menghabiskan beberapa hari.

Berjalan di Sawah

Anda tidak dapat benar-benar menghindari hiking melalui sawah karena Anda dikelilingi oleh mereka. Tapi seorang pemandu lokal dapat membawa Anda menyusuri jalan setapak kecil, melalui ladang dan melewati desa-desa memberi Anda wawasan besar tentang bagaimana kehidupan sehari-hari terjadi di Sidemen. Sidemen juga merupakan tempat yang ideal untuk mulai mengorganisir pendakian ke puncak gunung berapi Agung atau melakukan wisata sehari ke tempat wisata budaya lainnya di Bali Timur. Tetapi yang terbaik adalah kenyataan bahwa masih mudah untuk hanya berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak dan melihat hal-hal seperti kawanan bebek yang memandu kawanannya, seorang imam membawa persembahan ke kuil terdekat dan anak-anak berjalan bergandengan tangan dari sekolah.

Gunung Agung

Banyak pejalan kaki menuju ke Selat untuk mengatur perjalanan mereka ke puncak Gunung Agung. Tetapi jika Anda ingin menggabungkan kenaikan Anda dengan tinggal di Sidemen maka Anda dapat mengatur semua izin dan transportasi yang diperlukan di sini juga.

Ikat tradisional dan kegiatan budaya lainnya

Di Sidemen Anda masih dapat menemukan banyak tempat di mana mereka membuat tekstil halus yang disebut "ikat" dan "songket". Ada rumah-rumah dengan demo ikat yang tertulis di dalamnya menyambut Anda untuk datang untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan.

Rafting (Arung Jeram) Bali

Dengan semua sungai yang mengalir melalui daerah ini tidak mengherankan bahwa ada banyak perusahaan arung jeram. Sebagian besar petualangan arung jeram dimulai dari di desa Rendang di dekatnya. Ada juga kemungkinan untuk rakit menyusuri sungai Telaga Waja yang dimulai di Gunung Agung yang mengesankan. Rafting memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan suntikan adrenalin tetapi juga untuk melihat Bali dari sudut yang berbeda.

Perjalanan singkat

Meskipun lokasinya di tengah lembah dan sawah, Sidemen tidak jauh dari Candidasa dan Padangbai. Anda dapat dengan mudah pergi berkendara ke desa-desa pantai ini dan menikmati makan siang dengan pemandangan laut.

Pantai hebat lainnya untuk menikmati sinar matahari dan air adalah Bias Tugal dan Pasir Putih. Setelah Anda berada di jalan mencoba untuk berhenti di salah satu situs seperti Tirta Gangga, Istana Air Taman Ujung atau desa kuno Tenganan. Anda akan benar-benar menikmati mengambil jalan melalui Muncun, sebuah desa gunung kecil antara Candidasa dan Sidemen.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Cara tercepat untuk mencapai Sidemen adalah mengemudi melalui Klungkung dan dari sana mengambil jalan ke Sidemen, yang terletak di Kabupaten Karangasem. Jika Anda datang dari timur, ikuti rambu ke Selat dan Besakih, lalu belok ke Putung. Perjalanan ke Sidemen sudah merupakan perjalanan singkat dengan pemberhentian opsional di Besakih, Rendang dan Klungkung.

or cancel