Cari Tempat Wisata


Pulau Nusa Penida di Bali : Pulau Terluas dan Paling Eksotis di antara Tiga Pulau Nusa lainnya

Pulau Nusa Penida di Bali : Pulau Terluas dan Paling Eksotis di antara Tiga Pulau Nusa lainnya
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Bali
Alamat : Nusa Penida, Bali
Views : 1193

Nusa Penida adalah pulau terluas dan paling eksotis di antara tiga pulau Nusa lainnya, berkat koleksi candi Hindu yang unik dan fitur alam yang indah di antara formasi tebing dan laguna. Akhir-akhir ini, pulau ini paling dikenal sebagai tempat perlindungan baru dari Jalak Bali yang pernah terancam punah setelah program penangkaran burung yang sangat sukses, yang pada awalnya merupakan spesies endemik dari kawasan hutan di Taman Nasional Bali Barat.

Nusa Penida berukuran lebih dari 200 km persegi - secara signifikan lebih besar dari Nusa Lembongan yang populer dan saudaranya yang mudah diakses, Nusa Ceningan. Pengunjung yang lebih sedikit dibandingkan dengan dua lainnya, Nusa Penida juga memiliki fitur hotel dan wisata yang sangat terbatas. Namun, apa yang kurang di bidang infrastruktur membuat keindahan alam dan keindahan budaya belum terjamah.

Dekat dengan pantai berpasir putih Penida di Crystal Bay, para penyelam menikmati salah satu tempat menyelam terbaik di Bali, tempat terumbu karang yang masih asli dan ikan Mola-Mola (juga dikenal sebagai ikan laut samudera), pari manta, dan, jika Anda benar-benar beruntung, bahkan paus Hiu adalah beberapa pemandangan musimannya. Selain menyelam di Nusa Penida, Anda juga bisa menemukan visibilitas yang bagus untuk snorkeling tepat di dekat garis pantai. Beberapa toko lokal yang menjual makanan dan minuman tepat di pantai membuatnya menjadi tempat santai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam.

Di antara pura di Penida yang paling terkenal adalah Goa Giri Putri, sebuah pura  Hindu Bali berada di dalam gua batu kapur di desa Karangsari, yang melihat arus para peziarah dari daratan utama Bali berkunjung untuk memberikan penghormatan dan meminta air suci dan berkah. Kompleks candi agung Pura Penataran Ped di desa pantai utara Ped adalah monumen lain yang populer untuk dikunjungi. Ada pura lain yang ada di sepanjang pantai pulau ini, tapi pastikan untuk mengunjungi Pura Paluang yang unik di desa Karangdawa di tebing barat Penida - memiliki tempat suci yang menyerupai mobil!

Untuk menikmati beberapa keindahan alam, kunjungi Pantai Atuh, sebuah pantai terpencil di pantai tenggara Nusa Penida, berbatasan dengan perbukitan hijau dan formasi semenanjung. Pantai populer lainnya adalah Pasih Uug, alias “broken beach” milik Nusa Penida yang dulunya adalah sebuah gua besar yang roboh sehingga memperlihatkan  ombak biru yang menerjang dari Samudra Hindia di bawahnya. Di dekatnya, ada Angel's Billabong, dengan laguna yang luas dibentuk oleh ombak setelah air pasang. Beberapa pengunjung berani turun dan mengambil beberapa foto, namun ingatlah bahwa ini berbahaya.

Dari daratan Bali, kapal kebanyakan berangkat dari pelabuhan Padangbai di Bali Timur, namun Anda juga bisa naik perahu dari Sanur. Sebagian besar pengunjung biasanya mengunjungi Lembongan dan Ceningan terlebih dahulu, kemudian menambahkan naik perahu ke Penida sebagai tur panjang dalam perjalanan Kepulauan Nusa mereka.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Nusa Penida

Untuk sampai ke Nusa Ceningan, kapal berangkat dari Sanur, Pulau Serangan dan Tanjung Benoa di daratan Bali menuju Nusa Lembongan. Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 45 menit. Dari Lembongan, Anda bisa mengakses Ceningan melalui jembatan.

or cancel