Cari Tempat Wisata


Pulau Saronde : Pantai yang Eksotis di Gorontalo

Pulau Saronde : Pantai yang Eksotis di Gorontalo
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Gorontalo
Alamat : Pulau Saronde, Kwandang, Gorontalo Utara, Gorontalo
Views : 185

Provinsi Gorontalo di Pulau Sulawesi adalah surga yang relatif tidak tersentuh, memiliki kehidupan akuatik yang luar biasa, danau, benteng, dan terumbu karang bawah laut serta pemandangan pegunungan yang indah dan beberapa sejarah yang menarik.

Pulau Saronde adalah bagian dari Provinsi Gorontalo, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Pulau Indah yang terletak di Teluk Kwandang utara, Kabupaten Gorontalo Utara mulai dikenal luas karena mampu memikat hati para wisatawan domestik dan mancanegara.

Perairan di sekitar Pulau Saronde dikenal jernih, sehingga layak untuk berbagai kegiatan air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.

Tidak hanya keindahan alamnya yang memukau, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi unik. Penduduk setempat memiliki acara tahunan yang disebut Festival Saronde. Salah satu acaranya adalah perlombaan ketinting (perahu kecil) di sekitar beberapa pulau di dekat Saronde. Acara lainnya adalah Tourism Miss Contest, Beach Boy Contest, Signal Hunting, dan olahraga pantai. Di acara ini ada banyak hiburan dan penjualan makanan tradisional Gorontalo.

Pulau kecil yang indah tak berpenghuni, pantai pasir putih juga pantai berbatu yang eksotis. Pulau Saronde memiliki pantai sepanjang 1 km. Utara hingga pantai barat terdiri dari pasir putih, selatan ke timur diisi dengan batu yang tersusun rapi dan dikelilingi oleh terumbu karang yang indah.

Hujan intermiten terjadi selama musim hujan yang berlangsung dari November hingga Maret setiap tahun. Dari April hingga November adalah musim kemarau dengan air jernih dan tenang di Teluk Tomini. Oleh karena itu, periode ini adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Gorontalo.

Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Sekitar 60 km dari kota Gorontalo. Pulau Saronde adalah gugusan pulau Ponelo (desa Ponelo), Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.

Bandara terdekat adalah bandara Jalaludin di kota Gorontalo. Bandara melayani rute Manado, Makassar, Palu, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah, pasir putih, berenang, berperahu, serta tempat yang ideal bagi pecinta olahraga air.

or cancel