Cari Tempat Wisata


Kawah Putih di Ciwidey : Kemegahan Mistis dan Suasana yang Menghipnotis Kawah

Kawah Putih di Ciwidey : Kemegahan Mistis dan Suasana yang Menghipnotis Kawah
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Jawa Barat
Alamat : Kawah Putih, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Views : 1573

Kawah Putih terletak di dekat pasar kota Ciwidey yang menawan, sekitar 50 Kilometer di sebelah selatan Bandung. Danau Kawah adalah satu dari dua kawah Gunung Patuha, dengan Kawah Patuha kering atau Kawah Patuha terletak 600 meter ke arah barat lautnya. Melangkah ke Kawah Putih ibarat memasuki alam yang berbeda.

Seperti namanya, Danau Kawah dan sekitarnya didominasi oleh warna putih pucat yang memancarkan suasana yang menghipnotis. Kawah vulkanik yang sangat aktif dipenuhi air berwarna pirus yang nyata. Tebing-tebing yang dikelilingi pohon yang mengelilingi kawah tersebut mencapai sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut dan membentuk latar belakang yang menakjubkan, terutama saat awan mulai bergerak. Ketinggian di sini membawa suhu dingin yang akan menambah kemegahan Kawah Putih.

Pada Perang Dunia II, tempat tersebut diambil alih oleh militer Jepang dan dioperasikan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey. Saat ini tanaman sudah tidak ada lagi, masuk ke terowongannya akan dapat melihat sisa-sisa kegiatan penambangan di beberapa titik di sekitar lokasi saat ini. Pertama kali dibuka untuk pengunjung pada tahun 1987, saat ini Kawah Putih adalah tujuan favorit wisatawan dan pelancong yang terpana dengan suasana yang memikatnya. Pada akhir pekan dan pada hari libur, cukup banyak pengunjung yang sering mengunjungi daerah tersebut hanya untuk membenamkan diri mereka dalam keindahan alam yang mistis.

Fasilitas di Kawah Putih

Fasilitas yang disediakan pengelola di Kawah Putih Ciwidey antara  lain:

  1. Area Parkir yang Luas
  2. Gazebo untuk Bersantai
  3. Warung Makan dan Restaurant
  4. Pusat Informasi
  5. Musholla
  6. Toilet
  7. Transportasi dari Gerbang menuju Lokasi

Tiket Masuk

Update per Maret 2017 tiket masuk di tempat wisata Kawah Putih sebesar Rp 20.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara

Makanan

Di Ciwidey Bandung terdapat banyak tempat makanan yang enak. Adapun yang bisa menjadi rekomendasi adalah:

Pinisi Resto dan Galmping Lakeside
Restoran Pinisi Resto dan Galmping Lakeside merupakan restoran yang unik karena bangunannya mirip dengan kapal pinisi yang berada tepat di sebelah danau dan perbukitan hijau.

Woza Cafe
Woza Cafe berada di dalama Driam Riverside Resort. Restoran Woza Cafe juga cukup unik karena memiliki desain interior seperti  di afrika. Rasa makanannya sangat enak dengan harga yang cukup terjangkau. Adapun menu spesial di restoran ini adalah Sop Iga Garang Asam

Sindang Reret
Restoran Sindang Reret terletak di Jl. Propinsi Ciwidey Km 22. Rasa masakannya juga sangat lezat dengan harga yang terjangkau.Yang menjadi menu spesial di restoran Sindang Reret adalah nasi goreng kambing.

Saung Gawir
Restoran Saung Gawir menyediakan menu khas Sunda.

Lembah Ciwidey Resto
Lembah Ciwidey Resto berada di Ciwidey Valley Hot Spring and Resort. Menu yang ditawarkan di restoran ini lebih ke hidangan khas nusantara. Harga makanannya terbilang cukup mahal karena ditambah dengan pemandangan yang ditawarkan. Sambil menyantap makanan, Anda bisa menyaksikan keindahan panorama perbukitan dan pegunungan.

Penginapan

Di sekitar Sungai Ciwidey terdapat beberapa hotel dengan tarif yang beragam, diantaranya:

Sapadia Ciwidey
Alamat: Jl. Raya Ciwidey (Simpang) No. 40
Tarif : Mulai Rp 380.000/malam

D’riam Riverside Resort Ciwidey
Alamat: Jl. Soreang-Ciwidey Km. 25
Tarif: Mulai Rp 490.000/malam

Kampoeng Strawberry
Alamat : Jl. Raya Ciwidey - Rancabali KM 07, Alam Endah
Tarif : Mulai Rp 270.000/malam

Ms Hotel Ciwidey
Alamat : Jl. Ciwidey - KM. 08 Rancabali
Tarif : Mulai Rp 500.000/malam

Patuha Resort
Alamat : Jl. Raya Ciwidey-Patengan Km 8 Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali
Tarif : Mulai Rp 520.000/malam

Mencapai Lokasi Kawah Putih

Kawah Putih terletak sekitar 44 KM sebelah selatan dari pusat Kota Bandung. Bergantung pada lalu lintas di dan sekitar Bandung, perjalanan akan memakan waktu sedikit lebih dari 2 jam. Jalan utamanya adalah jalan yang sibuk di selatan dari Bandung melalui kota Soreang, ibu kota Kabupaten Bandung, terus sampai ke kota Ciwidey.

Belok dari jalan utama menuju Kawah Putih sulit ada papan nama besar di sebelah kiri jalan utama dan gerbang masuk yang menonjol. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda harus terlebih dahulu menemukan jalan ke Terminal Bus Leuwipanjang dan kemudian naik bus ke arah Ciwidey. Dari Ciwidey, Anda bisa naik bus angkot mini ke pintu masuk Kawah Putih.

Begitu sampai di pintu masuk Kawah Putih, itu adalah perjalanan panjang menanjak ke kawah tapi Anda tidak akan melihat banyak usaha untuk berjalan. Pengaturan yang biasa adalah agar pengunjung meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir utama di pintu masuk ke lokasi dan naiklah salah satu bus shuttle mini reguler (berangkat sekitar lima menit atau lebih) selama 5 KM sampai ke kawah.

or cancel