Cari Tempat Wisata


Gua Maria Kaliori di Banyumas : Tempat Ziarah Bagi Umat Katolik Terlengkap di Indonesia

Gua Maria Kaliori di Banyumas : Tempat Ziarah Bagi Umat Katolik Terlengkap di Indonesia
Kategori : Wisata Religi / Kristen
Lokasi Indonesia / Jawa Tengah
Alamat : Gua Maria Kaliori, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah
Views : 2495

Gua Maria Kaliori terletak di Kecamatan Kalibagor, Banyumas, sekitar 30 menit dari kota Purwokerto. Meskipun Gua Maria Kaliori ini tempat yang sakral bagi umat Katolik, bukan berarti kita dilarang untuk berkunjung. Siapapun, dari ras dan dari agama apapun boleh mengunjungin dan menikmati berbagai keindahan yang tercipta di salah satu destinasi wisata terkenal dari Purwokerto ini.

Gua Marioa Kaliori bukan hanya memiliki keindahan cerita yang terangkum di dalamnya, tapi juga menampilkan ketenangan absolute yang diberikan dari suasana rindang lokasinya. Nah, buat Anda yang belum tau tentang sejarah tempat ini,  Gua Maria Kaliori dibangun pada tanggal 15 Agustus 1989, yang ditandai dengan ground-breaking oleh Uskup Purwokerto, Mgr. P. S. Hardjasoemarta MSC.

Uniknya, Gua ini sebenarnya berdiri diatas sebuah bukit, dan bukit tersebut tergolong tandus. Namun, setelah didirikannya Gua Maria dan dilakukan perawatan, lokasi yang dulunya bukit tandus ini berubah menjadi tanah yang subur serta ditumbuhi pohon-pohon yang besar. Selain itu, kebersihan di dalam Gua Maria juga sangat terjaga. Sangat jarang terlihat sampah, sehingga udara sejukpun terasa.

Fasilitas

 Awalnya, Gua Maria Kaliori dibangun dengan fasilitas yang minim. Namun, seiring berjalannya waktu, pembangunan tempat sakral tersebut gencar dilakukan. Kini, Gua Maria Kaliori telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti Taman Rosario Hidup, Pendopo bagi para peziarah, Kapel Ratu Surga, Toko Souvenir, makam uskup dan para imam, ruang pengakuan dosa, Aula St. Yoseph, area Jalan Salib, MCK hingga Rumah Retret Maria Immaculata. Begitu bagusnya fasilitas yang tersedia, Gua Maria Kaliori diklaim sebagai tempat ziarah bagi umat Katolik terlengkap di Indonesia.

Perjalanan atau Rute Menuju Gua Maria Kaliori

  • Jakarta / Bandung - Wangon - Buntu - Gombong / Yogyakarta
    Dari arah Bandung, sampai di pertigaan Buntu belok ke kiri menuju Purwokerto melewati Banyumas dan Sokaraja, setelah melewati Sungai Serayu di antara jalan berkelok-kelok di sebelah kanan ada papan nama besar Goa Maria Kaliori.
  • Jakarta - Purwokerto - Gombong / Yogyakarta
    Dari arah Purwokerto setelah melewati Sokaraja (terkenal dengan getuknya) dan setelah pabrik Gula Kalibagor, di sebelah kiri ada ada papan nama besar Goa Maria Kaliori.
or cancel