Cari Tempat Wisata


Ketep Pass Magelang : Melihat Keindahan Gunung Berapi di Tempat Wisata yang Paling Populer

Ketep Pass Magelang : Melihat Keindahan Gunung Berapi di Tempat Wisata yang Paling Populer
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / Jawa Tengah
Alamat : Ketep Pass, Magelang, Jawa Tengah
Views : 975

Provinsi Jawa Tengah dikelilingi oleh banyak gunung berapi dan pegunungan, termasuk gunung Sumbing dan Sindoro. Dapatkah Anda membayangkan menyaksikan dan menikmati gunung-gunung itu pada waktu dan pada tempat yang bersamaan? Ketep Pass. Ketep Pass adalah tempat wisata umum yang berada di Desa Ketep Sawangan. Para pengunjung bisa melihat langsung gunung. Jika Anda pergi ke sana dengan sepeda, akan ada keuntungan utama Anda, sehingga pemandangan akan terlihat langsung menembus mata. Ketep Pass terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, dengan koordinat 7 ° 29'38.65 "lintang selatan dan 110 ° 22'55.52" bujur timur. Kira-kira 30 km dari kota Magelang, 35 km dari Boyolali dan 32km dari kota Salatiga. Tempat juga bisa ditempuh dengan berbagai jenis transportasi seperti sepeda motor dan bus. Hal yang paling indah yang bisa Anda nikmati di Ketep Pass adalah gunung Merapi yang besar. Dari sisi Ketep Pass, Anda bisa berjalan-jalan mengagumi keindahan Merapi, di dalam Ketep Anda bisa menemukan koleksi kuno Merapi.

Ketep Pass memiliki berbagai aktivitas dan fasilitas di dalam tempat tersebut. Ada museum, bioskop, Gardu Pandang, Panca Arga Teras, taman parkir, dan restoran, semua fasilitas ini dikelola dengan baik oleh pemerintah untuk terus meningkatkan Pariwisata Magelang.

Museum

Museum yang dikenal dengan Museum Gunung Merapi ini memiliki luas sekitar 550 meter. Di dalam museum, ini terdiri dari banyak hal tentang letusan Merapi masa lalu, potongan batu dari Merapi, dan miniatur Merapi. Seperti yang diceritakan sejarah, pada tahun 2006 Merapi mengalami letusan terbesar. Kejadian ini memakan banyak korban letusan. Satu bungker besar terkenal setelah letusan, dan sejarahnya sendiri menceritakan tentang korbannya. Oleh karena itu, pemerintah menaruh banyak penghormatan terhadapnya, lalu mereka memutuskan untuk mengumpulkan semua benda letusan di dalam museum. Dengan mengunjungi museum, diharapkan semua orang bisa lebih menghargai korban.

Volcano Theatre

Di dalam Ketep Pass, juga difasilitasi dengan Volcano Theatre. Teater ini selalu memainkan dokumenter Merapi, dan juga memainkan dokumenter letusan yang pernah terjadi pada Merapi. Teater mini ini adalah ide cemerlang untuk mengenalkan pengunjung tentang Merapi. Meski bangunannya berfungsi seperti teater kecil namun kapasitasnya memiliki 78 kursi yang tersedia bagi para pengunjung.

Gardu Pandang

Gardu Pandang adalah tempat yang terletak di atas Ketep Pass, yang difasilitasi dengan Gazebo untuk bersantai, atau mungkin untuk menikmati teh Anda sambil bercakap-cakap dengan orang yang Anda cintai. Dari Gazebo, Anda bisa melihat semua pemandangan Merapi, Merbabu, dan gunung berapi lainnya.

Panca Arga Teras

Panca Arga Teras terletak di puncak tertinggi Katep pass. Panca Arga memiliki arti tersendiri sebagai lima gunung. Dari tempat tertinggi ini, Anda bisa melihat semua gunung di sekitar.

Perjalanan atau Rute Menuju Puncak Ketep Pass

Akses menuju ke Ketep Pass ini relatif mudah. Ada tiga rute yang direkomendasikan yang akan mengarahkan pengunjung untuk mencapai tempat ini yang bernama SSB (Solo - Selo - Borobudur). Bila Anda berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa pergi ke Muntilan dan kemudian Magelang. Mencapai Gulon, Anda harus berbelok ke kanan dan melanjutkan perjalanan ke Ngadipuro, Senowo, Sawangan, dan Ketep masing-masing. Anda membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua jam sampai Anda tiba di sana. Rute lain yang bisa Anda pilih dari Yogyakarta adalah dari Mungkid dan kemudian Anda harus berbelok ke kanan menuju Pagersari, Gondowangi, dan Ketep. Itu akan membawa Anda dua jam. Jika Anda memulai perjalanan dari Surakarta (Solo), ikuti rute ke Boyolali - Cepogo - Selo - Musuk - Ketep Pass. Dari situ anda bisa sampai ke Ketep Pass hanya dalam 45 menit. Rute lain dari Semarang. Sebenarnya, rute ini akan menantang Anda karena jalurnya yang ekstrem. Anda harus menuju Salatiga dan kira-kira setengah jam kemudian Anda akan melewati Getasan, Kopeng, Ngablak, Pakis, dan akhirnya Ketep Pass.

or cancel