Cari Tempat Wisata


Desa Ngadas di Gunung Bromo : Desa yang Tenang di atas Awan

Desa Ngadas di Gunung Bromo :  Desa yang Tenang di atas Awan
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Desa Tradisional
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Desa Ngadas, Malang, Jawa Timur
Views : 4674

Tempat tinggal yang indah ini bertengger di ketinggian 2.150 meter di atas permukaan laut, merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Diapit oleh ngarai dalam di lereng Gunung Bromo di Jawa Timur, Anda akan menemukan kabut yang melayang, lukisan langit seolah-olah desa mengapung di antara awan. Berada di dataran tinggi, suhu rata-rata sekitar 0 - 25 derajat celcius, dengan udara yang sejuk hingga dingin. Desa Ngadas di Kabupaten Malang, Jawa Timur, baru-baru ini diresmikan sebagai Desa Budaya Tradisional disamping sebagai Desa Wisata Pejuang sejak tahun 2007.

Penduduk desa Tengger adalah penduduk asli dari daerah ini yang terletak hanya 6,5 km dari Gunung Bromo yang ikonik. Di sini, orang-orang akan menyambut Anda untuk tinggal di rumah mereka untuk menjadi bagian dari pengalaman perjalanan Anda yang berharga. Banyak wisatawan bermalam di sini sebelum menuju ke Gunung Bromo, tersedia sekitar 50 homestay lokal, dilengkapi dengan pemanas air untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada tamu.

Sampai saat ini, penduduk desa Ngadas masih mempraktikkan ritual dan upacara kuno yang diyakini membawa mereka keteraturan, nasib baik dan kemakmuran. Meskipun ada perbedaan agama di antara mereka, di mana beberapa orang memeluk agama Buddha disamping agama Islam atau Hinduisme lainnya, mereka tetap berbagi damai. Dan harmonis komunalitas. Di beberapa rumah Anda bahkan mungkin bertemu keluarga di mana anggota merangkul tiga agama yang berbeda, namun tetap hidup bahagia bersama. Di setiap rumah di Ngadas terdapat pawon atau perapian. Penduduk setempat dengan tulus menyambut para tamu untuk menghangatkan diri mereka sendiri dengan api saat berkenalan dengan keluarga tersebut.

Kawasan Bromo-Tengger-Semeru telah diakui sebagai salah satu dari 10 Prioritas utama di Indonesia, hal ini telah menjadi penting bagi masyarakat desa Ngadas untuk meningkatkan layanan lokal mereka untuk melayani lebih banyak pengunjung. Pemerintah telah mendukung kemajuan ini dalam banyak hal seperti membuka jalan yang lebih baik untuk memudahkan jalan-jalan dari Ngadas ke Gunung Bromo. Desa ini terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bersama dengan Desa Gubugklakah terdekat. Kebanyakan orang bekerja di perkebunan dan kebun hortikultura. Ada juga banyak tempat wisata untuk dijelajahi, seperti Coban Trisula, Coban Pelangi dan Ranu Pani.

Tinggallah dan rasakan di rumah di sini dan pahami pemandangan indah desa Ngadas, karena Anda akan menghargai kenangan ini selamanya.

Menuju Lokasi

Dari pusat kota Malang, desa ini terletak sekitar 30 kilometer jauhnya. Medan bergelombang sepanjang beberapa jalur, mungkin memerlukan kendaraan yang baik serta pengemudi yang berpengalaman. Pastikan untuk menyewa mobil Anda dari operator yang dapat dipercaya dan memeriksa kembali harga sebelum menutup kesepakatan. Anda akan menemukan kemegahan permadani hijau alami yang membungkam saat Anda menjelajahi desa lebih jauh. Kenali suasana desa dan aura yang eksudif dari para petani yang bekerja, anak ceria dan wanita yang memakai sarung dan batik sebagai pakaian sehari-hari mereka.

or cancel