Cari Tempat Wisata


Singkawang: Kota Seribu Klenteng

Singkawang: Kota Seribu Klenteng
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Candi (Kuil)
Lokasi Indonesia / Kalimantan Barat
Alamat : Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat
Views : 4034

Terletak 145 km sebelah utara dari Pontianak, ibukota Kalimantan Barat, Singkawang adalah kota terbesar kedua di provinsi itu, yang berbatasan dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia. Tidak seperti kota-kota lain di Indonesia, Singkawang memiliki suasana oriental yang berbeda dengan ratusan kuil-kuil Cina yang ditemukan di hampir setiap sudut kota. Hal ini karena lebih dari 70% dari populasi Singkawang adalah keturunan Tionghoa, terutama dari suku Hakka dengan beberapa Teochew. Lainnya adalah Melayu, Dayak dan etnis lainnya di Indonesia.

Padaabad ke-18, Kalimantan Barat memikat banyak dari daratan China ke tambang emas di Monterado (hari ini disebut daerah Bengkayang). Orang Cina datang ribuan, dan dalam perjalanan mereka di sana, mereka bermalam di Singkawang. Sebagian menetap di sini dan keturunan mereka hari ini membentuk mayoritas penduduk Singkawang.

Salah satu kuil tertua di sini adalah kuil Tri Dharma Bumi Raya, didirikan pada tahun 1878 didedikasikan untuk dewa hutan, atau Tua Peh Kong.

Biasanya sebuah kota yang tenang, Singkawang menjadi hidup setiap Tahun Baru Cina, mencapai puncaknya di Cap Goh Meh, atau hari kelima belas dari Tahun Baru Cina, penutupan perayaan. Untuk acara ini, Keturunan Cinadari seluruh wilayah, termasuk dari Jawa dan Sumatera, tetapi juga dari Singapura dan Malaysia berduyun-duyun ke Singkawang untuk merayakan acara dengan keluarga dan teman-teman.

Selama perayaan ini dengan Tatung atau dukun Cina akan melakukan kecakapan supranatural mereka ke ribuan orang yang berkumpul di sepanjang jalan, namun tetap benar-benar tanpa luka. Namun, sebelum melakukannya, merek pertama kali berdoa untuk berkat di kuil Toa Peh Kong. (Tatungs adalah orang-orang diberkahi dengan kekuatan supranatural tampil selama Festival Cap Go Meh di Singkawang, "kota seribu klenteng ', di Kalimantan Barat. )

Singkawang juga terkenal dengan keramik China, masih diproduksi dalam gaya lama dengan desain"antik". Pusat keramik di Sa Kok, sekitar 7 km. dari Singkawang. Keramik yang dibuat di Singkawang sangat populer di Jawa dan dapat dibeli di banyak bagian Jakarta dan Surabaya.

Mencapai Lokasi

Karena Singkawang tidak memiliki bandara, Anda harus terlebih dahulu terbang ke Pontianak kemudian terus Singkawang dengan mobil pribadi, taksi atau bus umum.

Aktifitas

Selain mengunjungi banyak kuil, terutama candi utama di Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang terkenal dengan pusat makanan yang ramai di malam hari.

Yang paling populer adalah Pasar Hongkong, di mana Anda dapat menemukan berbagai macam makanan, termasuk bubur, nasi lemak, Rujak Ju Hie (salad buah panas dengan cumi-cumi kering) spesialisasi Singawang, dan tahu Singkawang. Kota ini juga memiliki banyak toko-toko kopi yang dikenal sebagai Kopi Tiam.

Untuk rekreasi, penduduk setempat pergi ke Pantai Pasir Panjang, (atau Long Beach) 17 km dari pusat kota. Selain menikmati pemandangan tenang yang indah, pantai ini juga menawarkan kegiatan pantai termasuk sewa perahu, sepeda air, go-kart, toko-toko suvenir dan banyak warung makan.

Penginapan

Singkawang memiliki beberapa hotel, sebagian besar dalam kategori non-bintang, daftar singkat yang diberikan di bawah ini:

Hotel Mahkota (***)
Jl. Diponegoro No 1
Telepon: (0562) 631244, 631308 Fax: (0562) 631491
Email: hmskalbar@plasa.com atau hmskalbar@telkom.net
Fasilitas: coffee shop, diskotik, kolam renang, ruang pertemuan, lapangan tenis.

Hotel Paseban (melati)
Jl. Ismail Tahir No 41
Telepon: (0562) 631449, 636758 Fax: (0562) 632021


Hotel Prapatan (melati)
Jl. Sejahtera No 1
Telepon: (0562) 636888, 631067 Fax: (0562) 632664
Fasilitas: Restoran, kopi kedai, kontinental



Hotel Khatulistiwa I (melati)
Jl. Selamat Karman No. 17
Telepon: (0562) 631697

or cancel