Cari Tempat Wisata


Pantai Melawai : Tujuan Wisata Favorit di Balikpapan

Pantai Melawai : Tujuan Wisata Favorit di Balikpapan
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Kalimantan Timur
Alamat : Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur
Views : 1982

Pantai Melawai adalah pantai utama di sepanjang jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai Melawai juga merupakan tujuan wisata favorit di pusat kota hingga masyarakat setempat di Balikpapan dan sekitarnya, dan untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Pantai ini terletak di antara Pelabuhan Semayang dan Pantai Banua Patra. Kawasan ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari.

Tidak seperti Pantai pada umumnya, di Pantai Melawai tidak bisa berenang atau menyelam karena airnya kotor. Tetapi itu terobati dengan keindahan sunset yang sangat menakjubkan. Sunset di Pantai Melawai diyakini merupakan salah satu yang terbaik di Kalimantan. Pengunjung akan bisa memandang sunset dengan leluasa tanpa ada penghalang.

Pantai Melawai adalah lokasi yang menarik karena terletak di pusat kota dan dekat dengan Pelabuhan Semayang di Balikpapan. Selain menikmati pantai, pengunjung juga bisa melihat aktivitas bongkar muat di pelabuhan, menyaksikan kapal bergerak masuk dan keluar, dan menikmati berbagai jenis makanan dan minuman di pantai. Saat air surut, pengunjung bisa berjalan ke pulau Babi yang terletak di tengah Pantai Melawai. Namun jika air pasang datang, segeralah untuk kembali karena Anda bisa terperangkap di sana.

Tips

Pada sore dan malam hari biasanya cukup ramai dikunjungi. Pantai Melawai juga merupakan tempat nongkrong bagi muda-mudi Kota Balikpapan.

Lingkungan Sekitar

Berjalan di sepanjang Pantai Melawai memberikan kegembiraan tersendiri, terutama saat siang hari dan pasang surut. Anda akan merasakan kegembiraan saat menyentuh pasir. Saat Anda mengunjungi pantai di malam hari, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan dan minuman di sepanjang pantai.

Makanan

Di sekitar Pantai Melawai terdapat kafe-kafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.  Jika singgah di kafe tersebut cobalah pisang gapit yang juga merupakan makanan khas setempat. Pisang gapit dibuat dari pisang yang dimasak di atas wajan datar dan setelah matang disiram dengan gula merah yang manis.

Penginapan

Di Kota Balikpapan terdapat banyak hotel berbintang terbaik yang dapat Anda pilih. Beberapa diantaranya adalah:

Swiss-Belhotel Balikpapan
Jl. Jendral Sudirman | Balkon City, Balikpapan 76113, Indonesia

Aston Balikpapan Hotel & Residence
Jl. Jend. Sudirman no. 7 | Grand Sudirman Balikpapan, Balikpapan 76114, Indonesia

Novotel Balikpapan
Jln. Brigjen Eri Suparjan no. 2, Balikpapan 76112, Indonesia

Ibis Balikpapan
Jln. Eri Suparjan I No 2, Balikpapan 76112, Indonesia

Hotel Gran Senyiur
Jln. H ARS. Muhammad No. 07, Balikpapan 76112, Indonesia

Mencapai Lokasi Pantai Melawai

Kalimantan Timur adalah provinsi yang unik. Ibukotanya adalah Samarinda namun pintu masuknya berada di Balikpapan. Bandara utamanya adalah Sepinggan di jalan Marsma Iswahyudi. Pantai Melawai terletak di jalan Sudirman. Tidak sulit mencari jalan Sudirman karena merupakan jalan utama menuju berbagai daerah di Indonesia. Angkutan umum no. 5 dan 6 melewati Pantai Melawai. Jarak Pantai Melawai dengan pusat kota hanya sekitar 3 kilo meter.

or cancel