Cari Tempat Wisata


Pulau Maratua : Pusat Penyu di Indonesia

Pulau Maratua : Pusat Penyu di Indonesia
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Kalimantan Timur
Alamat : Pulau Maratua, Kalimantan Timur
Views : 1207

Pulau Maratua yang terletak di lepas pantai utara Kalimantan Timur adalah sebuah pulau tropis yang sebagian besar mengelilingi sebuah laguna besar di satu ujung dan dibatasi dengan dinding berbatu terjal dan terumbu karang di sepanjang ujung lainnya. Sisi atas pulau ini menurun sehingga  berbentuk U mencakup sekitar 384 kilometer persegi pantai berpasir putih dan hutan bakau dan 3735 km persegi wilayah perairan yang memuat tingkat tertinggi ketiga keanekaragaman hayati laut di dunia setelah Raja Ampat dan Kepulauan Solomon.

Rangkaian Kepulauan Derawan meliputi Pulau Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Pulau Maratua merupakan rumah serta salah satu tempat bersarang penyu hijau terbesar di Indonesia. Pulau yang menakjubkan ini  terletak dalam Segitiga Terumbu Karang, dengan semua kekayaan dan keindahan lanskap bawah laut yang eksotis yang. Lebih dari 20 titik menyelam di seluruh pulau memungkinkan pengunjung memiliki kesempatan untuk membenamkan diri di tengah-tengah harta melimpah dan berbaring terselip rapi di bawah perairan safir. Taman bawah lau Maratua dengan bangga menunjukkan kelimpahan terumbu karang yang berwarna-warni diisi dengan berbagai spesies ikan, penyu hijau, ikan pari dan kehidupan laut lainnya.

Lalu Lintas Penyu adalah salah satu titik menyelam paling populer, dan sesuai dengan namanya, diisi dengan penyu hijau laut. Ratusan penyu berkali-kali turun ke laut, meluncur dengan anggun untuk mencari makanan. Pulau ini juga merupakan tempat bersarang di mana penyu hijau kembali setiap tahun untuk bertelur, maka mengakibatkan Maratua kadang-kadang disebut sebagai “Ibukota Penyu Indonesia". Ikan-ikan besar terletak antara pulau Maratua dan Nabucco, di mana arus kuat membawa ikan besar untuk bermain. Banyak makhluk pelagis seperti Manta Rays, EagleRays, Tuna dan Tenggiri berkeliaran melalui jalur ini bersama-sama dengan kelompok-kelompok Barracuda, White Tip Sharks, dan bahkan Hammerhead sesekali.

tempat menyelam ini memiliki perairan yang dalam dan arus yang kuat, dan karena itu hanya direkomendasikan bagi penyelam tingkat advance. Setelah Anda menjelajahi dunia di bawah laut, lengkapi pengalaman di Pulau Maratua dengan berjalan-jalan di sekitar bagian padat dari pulau ini. Berkunjung ke salah satu desa 4 Bajo dan mengambil kesempatan untuk belajar tentang kehidupan dari orang-orang laut yang misterius. Ketika semua itu selesai, duduk dan bersantai di pantai dan berjemur di cahaya matahari terbenam di bawah cakrawala.

Penginapan

Di Pulau Maratua terdapat penginapan yang dikelola oleh Maratua Paradise Resort. Pada bagian depan Paradise Resort berhadapan dengan laut tiga warna yaitu warna turquoise, biru kehijauan, dan biru pekat. Untuk harga penginapan sekitar Rp 900.000/malam untuk water villa dan Rp 800.000/malam untuk beach villa.

Mencapai Lokasi

Bandara terdekat ke Kepulauan Derawan adalah Bandar Udara Internasional Juwutan di kota Tarakan, Kalimantan Timur. Dari sini mengambil penerbangan ke Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Boats akan membawa Anda dari sini ke Kakaban dan Kepulauan Derawan lainnya.

Setelah di Berau Anda dapat menyewa speedboat selama 2 jam perjalanan ke pulau-pulau Derawan. kecepatan kapal umumnya memiliki kapasitas tempat duduk 15 orang, dan bisa disewa untuk membawa Anda ke beberapa pulau-pulau Derawan dalam satu hari.

or cancel