Cari Tempat Wisata


Air Terjun Penimbungan : Tempat Favorit Para Pendaki Gunung Rinjani di Lombok

Air Terjun Penimbungan : Tempat Favorit Para Pendaki Gunung Rinjani di Lombok
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Air Terjun Penimbungan, Desa Sajang, Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Views : 721

Saat menjelajahi Gunung Rinjani, wisatawan tidak boleh lupa mengunjungi air terjun cantik bernama Penimbungan. Lokasinya berada di Desa Sajang dan merupakan bagian dari Kabupaten Lombok Timur. Sebenarnya, air terjun ini juga bisa diakses dari jalur pendakian Torean meski jalurnya lebih menantang untuk dilalui wisatawan. Air terjun ini biasanya menjadi tempat istirahat dan jalan-jalan di antara para trekker sebelum mereka melanjutkan petualangannya. Selain itu, ini juga cocok untuk fotografi atau mereka yang ingin menghilangkan stres.

Air Terjun Penimbungan terletak di 3.726 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika menampilkan nuansa dingin dan suasana menyegarkan. Diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi dari Jalur Torean, sehingga pengunjung harus datang dengan stamina yang baik sebelum menuju lokasi. Keistimewaan terbaik dari air terjun ini pasti latar belakangnya, yaitu Gunung Rinjani. Adapun airnya cukup kuat dan deras. Sayangnya, tidak mungkin untuk mendekati air terjun karena lanskapnya yang berbahaya. Artinya wisatawan hanya bisa menyaksikan keindahannya dari jauh, mengingat aspek keamanannya.

Aktivitas

Air Terjun Penimbungan adalah bagian dari jalur pendakian Torean, sehingga para trekker bisa melihat air terjun tersebut selama trekking. Sekarang heran, Torean menjadi lebih populer di kalangan pendaki karena keberadaan air terjun tersebut. Lokasinya berada di 1200 meter di atas laut dan memiliki ketinggian 100 meter! Ini menjelaskan mengapa tempat tersebut cukup berkabut terutama di pagi hari. Belum lagi suhunya yang dingin dan menyegarkan. Karena fakta-fakta ini, situs ini cocok untuk mencari kedamaian dan menikmati relaksasi.

Sayangnya, mandi dan berenang dilarang di sana. Penyebabnya tak lain karena deras dan derasnya aliran air yang cukup berbahaya. Selain itu, aksesnya sulit dan berisiko. Maka dari itu, lebih baik tetap aman dan menikmati keindahan Air Terjun Penimbungan dari jauh. Selain itu, fotografi adalah aktivitas yang baik untuk dilakukan wisatawan di lokasi tersebut karena banyak fitur alam tersedia termasuk pemandangan pegunungan, pepohonan yang rimbun, dll. Namun, perhatikan langkah Anda. Pemandangannya licin dan memiliki tebing yang curam.

Bagi yang ingin berkunjung ke Air Terjun Penimbungan pasti perlu trekking singkat. Dari Desa Torean butuh waktu cukup lama untuk sampai ke lokasi sehingga wisatawan perlu mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu termasuk sepatu hiking, makanan, air kemasan, dan perlengkapan lainnya. Jika perlu, mereka perlu menyewa porter yang akan memberikan arahan dengan cara yang efisien. Jangan khawatir tentang biayanya karena sepadan dengan bebannya.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi yang datang dari Kota Mataram perlu menempuh Jalan Raya Mataram - Jalan Labuan Lombok untuk menuju Desa Sajang di Kabupaten Lombok Timur. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit karena jaraknya 97,1 km. Jangan khawatir,  ini akan menyenangkan!

or cancel