Cari Tempat Wisata


Air Terjun Tiu Teja : Air Terjun Kembar yang Memukau di Lombok Utara

Air Terjun Tiu Teja : Air Terjun Kembar yang Memukau di Lombok Utara
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Air Terjun Tiu Teja, Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 607

Sebagian besar wisatawan datang ke Gunung Rinjani Pulau Lombok untuk trekking. Memang benar, tetapi alasan lain termasuk eksplorasi air terjun yang indah. Faktanya, Rinjani memiliki banyak spot air terjun yang menakjubkan. Salah satunya terletak di Desa Santong dan termasuk dalam Kecamatan Kayangan. Ini sebenarnya salah satu sumber air Danau Segara Anak. Karena nuansanya yang tenang dan pemandangan yang menarik, banyak orang termasuk penduduk lokal dan turis menggunakan situs ini untuk relaksasi dan petualangan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Tiu Teja memiliki suasana yang tenang dan dikelilingi oleh tumbuhan yang rimbun dan hijau. Sekilas, itu terlihat seperti sepotong surga! Menurut warga sekitar, air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dan lebarnya 10 meter. Letaknya di tengah hutan sehingga cuacanya cukup nyaman dan banyak terlihat pepohonan besar juga disana. Fitur terkenal lainnya dari situs ini adalah keberadaan monyet liar termasuk lutung ekor panjang dan hitam (trachupethecus). Namun, jarang terlihat mereka, terutama saat cuaca buruk.

Aktivitas

Jarak antara Desa Santong dan Air Terjun Tiu Teja sekitar 3 km dan lokasinya cukup mudah dijangkau oleh semua orang terlepas dari jenis kendaraan yang mereka gunakan. Namun, pengunjung harus memarkir kendaraan di tempat parkir yang tersedia dan perlu berjalan kaki selama beberapa menit untuk mencapai air terjun. Dari pintu gerbang, dibutuhkan trekking singkat untuk mendekati lokasi dan jaraknya sekitar 300 meter. Jangan khawatir. Penduduk setempat telah membangun tangga untuk memudahkan semua orang.

Selama trekking ke Air Terjun Tiu Teja, wisatawan dapat melewati hutan setempat dan beberapa ekor monyet ekor panjang di atas pepohonan. Suara gesekan daun juga cukup menenangkan! Begitu mendekati lokasi, mereka mungkin mendengar suara gemericik air terjun juga. Itu artinya mereka hanya perlu menghabiskan waktu 5 menit lagi untuk tiba di lokasi. Dua air terjun yang indah menunggu mereka di sana dan letaknya bersebelahan. Tak heran, warga sekitar juga menyebutnya Air Terjun Kembar Tiu Teja.

Selama musim hujan, air terjun lebih deras dan terlihat lebih mencengangkan. Terkadang, pelangi terlihat di antara mereka, menciptakan peluang sempurna untuk fotografi. Satu hal, mandi atau bermain air tidak disarankan di sana karena pancurannya yang kuat dan pemandangannya yang berbahaya. Sebagai gantinya, wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan seperti fotografi dan relaksasi.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi yang datang dari Kota Mataram, jenis transportasi apapun bisa dilakukan dan tujuannya adalah Kecamatan Kayangan di Kabupaten Lombok Utara. Selanjutnya, tujuan mereka adalah Desa Sontong yang merupakan titik perhentian sebelum trekking ke Air Terjun Tiu Teja. Keseluruhan perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam dan jaraknya 64,4 km. Dari desa tersebut, dibutuhkan trekking singkat sekitar 3 km.

or cancel