Cari Tempat Wisata


Gili Meriam di Kabupaten Sumbawa : Pilihan untuk Mencari Petualangan Baru

Gili Meriam di Kabupaten Sumbawa : Pilihan untuk Mencari Petualangan Baru
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Gili Meriam, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Views : 734

Jika wisatawan mencari pengalaman baru saat liburan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, maka harus mempertimbangkan untuk mengunjungi Kabupaten Sumbawa. Kawasan ini memiliki beberapa tempat wisata yang unik bagi setiap orang terutama bentukan pulau-pulau kecil atau gili. Salah satu yang terbaik bernama Gili Meriam yang terletak di kawasan desa nelayan. Tepatnya, pulau kecil ini termasuk dalam Desa Teluk Santong di Kecamatan Plampang. Belum lagi itu adalah bagian dari Tanjung Saleh dan berada di dekat pulau-pulau indah lainnya. Sebagian besar wisatawan tertarik untuk mengunjungi pulau tersebut karena berbagai panorama yang menarik. Sebagian lainnya puas dengan nuansa yang menyejukkan.

Nuansanya damai karena Gili Meriam tidak ada penghuninya. Yang bisa dijumpai wisatawan hanya bukit yang indah serta beberapa pohon dan semak belukar. Dilihat dari namanya, pulau ini memang menyerupai moncong meriam. Untung saja ukurannya hanya 3,62 hektar, sehingga wisatawan bisa berkeliling pulau tanpa menghabiskan banyak waktu. Ciri mencolok berikutnya adalah garis pantai berpasir putih bersih. Wisatawan bahkan bisa berjalan di atasnya tanpa alas kaki. Sedangkan untuk laut, air yang dangkal dan ombak yang tenang memikat mereka yang menyukai olahraga air!

Aktivitas

Sebelum mencapai Gili Meriam, wisatawan harus mengambil kesempatan untuk mengambil foto pulau saat berada di atas kapal. Itu karena pulau ini terlihat unik (mirip dengan moncong meriam). Oleh karena itu, mereka harus meminta kepada operator kapal untuk berhenti sejenak sebelum sampai di pulau tersebut. Apa yang lebih? Keseruan sesungguhnya dimulai begitu turis sampai di pulau itu. Hal pertama yang bisa mereka lakukan adalah bermain air di pantai dangkal. Sebagai alternatif, mereka cukup melakukan jalan-jalan pantai dan bermain-main di bibir pantai. Teksturnya yang lembut membuat aktivitas ini semakin nyaman untuk dilakukan!

Tamasya menjadi hal umum berikutnya yang harus dilakukan di Gili Meriam. Berkat tosca hijau dan laut yang jernih. Di tengah pulau, wisatawan juga bisa menemukan dua bukit yang menarik. Artinya pengunjung akan memiliki panorama yang lebih memuaskan jika melakukan tamasya dari atas bukit tersebut. Ini tipnya. Wisatawan sebaiknya datang hanya pada musim hujan saat pemandangan semakin indah karena rerumputan yang subur.

Beberapa wisatawan akan kecewa karena tidak dapat menemukan fasilitas seperti toilet dan tempat makan di Gili Meriam. Untuk mengatasi masalah ini, mereka harus menyiapkan makanan ringan dan minuman terlebih dahulu. Sedangkan untuk kenyamanannya, mereka bisa memanfaatkan pepohonan terdekat untuk beristirahat atau menghindari terik matahari di siang hari. Disarankan juga untuk membawa keset untuk kenyamanan yang lebih baik.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta di Kota Jakarta, penerbangan ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Sumbawa memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Setelah sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan selanjutnya adalah Desa Teluk Santong di Kecamatan Plampang. Wisatawan dapat dengan mudah menggunakan layanan transportasi lokal untuk sampai ke sana. Jaraknya 78,8 km, jadi perjalanan bisa memakan waktu sekitar 1 jam 39 menit. Bisa lebih cepat jika wisatawan melalui Jalan Diponegoro.

or cancel