Cari Tempat Wisata


Pantai Kaliantan di Desa Pemongkong : Pantai Utama dengan Tradisi Bau Nyale di Pulau Lombok

Pantai Kaliantan di Desa Pemongkong : Pantai Utama dengan Tradisi Bau Nyale di Pulau Lombok
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Kaliantan, Desa Pemongkong, Lombok Timur, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 902

Nuansa yang tenang adalah suasana yang dicari para wisatawan ketika mereka mengunjungi Pantai Kaliantan di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya berada di bagian selatan Kabupaten Lombok Timur dan merupakan bagian Desa Pemongkong. Faktanya adalah bahwa Kaliantan adalah salah satu pantai utama di pulau Lombok dan telah dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Selain ketenangan, orang-orang tertarik untuk datang ke lokasi untuk menyaksikan sebuah tradisi terkenal bernama Bau Nyale. Acara tahunan seperti itu menjadi tradisi khas Suku Sasak dan itu dilakukan di Kaliantan atau Pantai Kuta Lombok.

Dari segi keindahan, Pantai Kaliantan mirip dengan pantai-pantai lain di Pulau Lombok. Pantai Kaliantan menawarkan pasir putih dan dilengkapi dengan air laut yang jernih. Bukit karang besar juga berada di pantai, yang bisa menjadi objek fotografi yang hebat. Di cakrawala, beberapa pulau karang kecil juga terlihat jelas. Bagaimana dengan ombaknya? Ombak di sini dianggap tenang dan cocok untuk snorkeling. Bahkan turis tidak membutuhkan peralatan untuk berenang di air! Selain itu, suasananya cukup damai karena adanya angin sepoi-sepoi dan alam murni. Meskipun turis datang selama akhir pekan, tidak banyak orang terlihat di lokasi sehingga pantai akan terasa begitu nyaman dan tenang.

Aktivitas

Daya tarik utama Pantai Kaliantan adalah memang Upacara Bau Nyale. Hal ini dilakukan oleh penduduk setempat setahun sekali dan biasanya pada bulan Februari. Dengan fakta demikian, wisatawan harus sudah menyiapkan jadwal mereka dan datang ke pantai pada saat yang tepat jika mereka tidak mau ketinggalan upacara. Selama acara, mereka juga belajar sedikit tentang budaya Suku Sasak dan makna Bau Nyale. Selama acara, pantai menjadi lebih ramai dari sebelumnya tetapi kembali normal setelah upacara selesai.

Dua nuansa berbeda tersedia bagi wisatawan untuk dinikmati di Pantai Kaliantan. Pertama, mereka dapat menikmati liburan yang tenang di hari-hari biasa. Ini adalah waktu terbaik bagi mereka yang mencari relaksasi dan kedamaian. Pilihan lain adalah nuansa gembira ketika Bau Nyale dilakukan. Ini lebih cocok untuk mereka yang mencari liburan seperti pesta, yang juga dipenuhi dengan sensasi tradisional.

Informasi penting berikutnya adalah mengenai kondisi geografis Pantai Kaliantan. Terlepas dari garis pantai yang indah, beberapa pohon tumbuh di dekat lokasi, menciptakan suasana yang nyaman untuk relaksasi. Kemudian, pada siang hari, pengunjung dapat pergi snorkeling dan menikmati air hangat. Bahkan beberapa ikan terlihat jelas di bawah air berkat visibilitas yang luar biasa.

Perjalanan atau Rute Menuju Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan berada di bagian selatan Kabupaten Lombok Timur dan jaraknya 72 km dari Kota Mataram. Pantai ini tepatnya di Kecamatan Jerowaru dan berada dekat Desa Pemongkong. Pantai menawarkan akomodasi yang baik dan tempat-tempat wisata lainnya juga.

or cancel