Cari Tempat Wisata


Upacara Mulang Pakelem di Danau Segara Anak : Acara Komunitas Hindu di Pulau Lombok

Upacara Mulang Pakelem di Danau Segara Anak : Acara Komunitas Hindu di Pulau Lombok
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Komunitas
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Danau Segara Anak, Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 667

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi Pulau Lombok, para traveler perlu mengetahui apa saja yang akan Anda lakukan di sana. Sebagai referensi, Anda bisa menyaksikan tradisi unik masyarakat setempat yaitu Upacara Mulang Pakelem. Acara tersebut merupakan acara komunitas Hindu setempat, namun wisatawan diperbolehkan mengikuti acara tersebut selama sudah mendapatkan izin sebelumnya. Upacara ini dilakukan secara rutin selama sebulan penuh pada bulan kelima tahun ini di Danau Segara Anak. Sebelum menuju ke danau, para peserta berkumpul di Pura Jagadnata untuk melakukan persiapan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi utama untuk melaksanakan Upacara Mulang Pekelem adalah Danau Segara di Gunung Rinjani. Orang-orang dapat membangun altar dan meletakkan beberapa persembahan di atasnya. Nuansanya cukup damai karena kegiatan utamanya hanya berdoa. Nanti, mereka bisa menyanyikan lagu Pangruwat Bumi dan menampilkan tarian suci kepada Tuhan juga. Sedangkan untuk pakaiannya, orang-orang ini mengenakan baju sembahyang tradisional Hindu berwarna putih yang juga menampilkan bandana putih. Secara keseluruhan, mereka terlihat sangat menarik! Sedangkan bagi wisatawan wajib mengenakan pakaian yang bersih dan rapi sebagai syarat utama untuk mengikuti acara tersebut.

Upacara Mulang Pakelem merupakan acara tanda tangan yang dilakukan oleh Umat Hindu di Pulau Lombok. Juga, itu terjadi setiap 5 tahun sekali dan dianggap sebagai acara besar baik bagi penduduk lokal maupun turis. Karena popularitasnya, banyak orang (bahkan mereka yang bukan Hindu) datang untuk melihat dan menikmati prosesi tersebut. Sederhananya, ini adalah cerminan dari Tri Hita Karana dan penduduk setempat percaya itu dapat membawa keberuntungan bagi bumi dan mencegah bencana alam di masa depan. Lokasi acara berada di Danau Segara Anak yang dipercaya sebagai episentrum spiritual Suku Sasak.

Adapun bagi wisatawan perlu mengetahui bahwa Upacara Mulang Pakelem merupakan ritual yang panjang dan melelahkan. Artinya butuh banyak waktu dan tenaga untuk ikut atau menyaksikan acara semacam itu. Menurut penduduk setempat, upacara tersebut berlangsung selama 3 hari dan melibatkan banyak orang dari berbagai desa. Bagaimana dengan sejarah sebenarnya? Dulu ada kerajaan bernama Karang Asem. Itu menderita kekeringan dan banyak masalah kesehatan saat itu. Untuk mengatasi masalah tersebut, raja memutuskan untuk melakukan beberapa ritual di Danau Segara Anak. Itu cukup ajaib karena kesulitan itu hilang secara bertahap setelahnya.

Selain sejarah, Upacara Mulang Pakelem juga terkenal karena nilai budayanya. Wisatawan dapat mempelajari beberapa fakta menarik serta menikmati prosesi bersama dengan penduduk setempat. Bahkan dikatakan trekking ke danau tidak akan melelahkan sama sekali karena berkah dari Tuhan.

Wisatawan bisa langsung ke Danau Segara Anak atau mengunjungi Pura Jagadnata terlebih dahulu. Satu hal, Andaa harus datang pada waktu yang tepat pada saat acara berlangsung. Jika tidak, Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk menyaksikannya. Pastikan untuk datang dengan rombongan, karena perjalanan ke danau menghabiskan banyak stamina dan waktu.

or cancel