Cari Tempat Wisata


Mamuju : Menjelajahi Keindahan Kota Tersembunyi Sulawesi

Mamuju : Menjelajahi Keindahan Kota Tersembunyi Sulawesi
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Sulawesi Barat
Alamat : Mamuju, Sulawesi Barat
Views : 1222

Setelah membentuk bagian dari Sulawesi Barat yang terbentuk secara resmi sampai 5 Oktober 2004. Seiring dengan didirikannya provinsi baru tersebut, sebuah ibukota dipilih sebagai pusat kegiatan pemerintah, yang jatuh di kota kecil Mamuju. Tidak hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan, Mamuju juga berperan sebagai pusat utama untuk mengeksplorasi keindahan tersembunyi Sulawesi Barat.

Meski merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Mamuju bukanlah kota otonom dan masih berada di bawah administrasi Kabupaten Mamuju. Terletak strategis antara Sulawes Tengah, dan Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, Mamuju telah berkembang menjadi jembatan ekonomi antara kedua kota tersebut. Diapit oleh daerah pesisir dan pegunungan, kota ini disorot dengan bukit hijau dan kecoklatan sampai ke pedalamannya, dan jalur kapal nelayan dan kapal khas mandar yaitu sandeq di sepanjang garis pantai.

Kota kecil ini juga menawarkan pemandangan yang megah dan suasana santai. Meski sudah mengalami reklamasi, pantai Manakarra masih menghadirkan pemandangan indah Pulau Karampuang di kejauhan, terutama saat matahari terbenam, menciptakan siluet pulau yang indah.

Sementara pemandangan Pulau Karampuang sudah menjadi tontonan tersendiri, pulau ini menyimpan keajaiban jauh lebih menakjubkan di bawah perairan yang mengelilinginya. Terumbu karang yang indah dan murni serta sekelompok ikan berwarna-warni mendominasi pemandangan tepat ke pantai dangkal, menjadikannya tempat yang sempurna untuk snorkeling dan menyelam.

Pulau itu sendiri mendapat namanya dari legenda lokal yang mengatakan bahwa seluruh pulau secara ajaib muncul pada bulan purnama, maka nama "Karampuang" yang dalam bahasa lokal berarti "Bulan". Berbagi perbatasan dengan penduduk lokal yang tinggal di pulau ini, bagian berbatu dari pulau ini juga dilengkapi dengan tempat naungan dan jalan beraspal bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan dan suasana pulau. Pulau Karampuang juga menjadi habitat kepiting kelapa raksasa unik (Birgus latro) yang dikenal bisa memanjat pohon dan aktif di malam hari.

Kira-kira 30 Km dari pusat kota Mamuju, ke arah Bandara Ahmad Kirang, orang dapat merasakan angin yang menenangkan di tempat rekreasi Bukit Jati Gentungan. Terletak di lingkungan yang menarik, inilah tempat terbaik untuk berbaring, bersantai, dan menyerap suasana yang menyegarkan. Luas 4 hektar juga dilengkapi dengan kolam renang bagi mereka yang ingin berenang di air menyegarkan. Tempat ini juga memiliki 4 villa, 2 cottage, dan 1 hall, bagi mereka yang ingin bermalam di sini.

Makanan

Menjadi kota pesisir, pilihan yang jelas pada menu adalah makanan laut yang segar. Anda dapat menemukan banyak restoran dan gerai makanan di sepanjang Pantai Manakarra sampai ke Pelabuhan Perikanan Mamuju yang menjual ikan goreng, ikan kepiting, cumi-cumi, udang, dan makanan laut lainnya.

Untuk pengalaman kuliner Mandar yang otentik, Anda mungkin ingin mencoba jepa, roti etnis Mandar tradisional yang terbuat dari singkong dan kelapa yang dipanggang di atas kompor tradisional. Jepa merupakan alternatif nasi, biasanya disajikan dengan ikan goreng atau bakar. Makanan tradisional ini juga bisa ditemukan di Majene dan Polewali Mandar.

Penginapan

Sebagai ibukota provinsi yang sedang tumbuh, kota Mamuju memiliki fasilitas akomodasi yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan kabupaten lain di provinsi ini. Yang terbaik adalah d’Maleo Hotel and Convention Mamuju  yang menawarkan 131 kamar dan suite. Sebuah ballroom bisa menampung hingga 600 orang, disamping fasilitas memanjakan lainnya. Ada juga hotel dan penginapan lainnya yang tersedia di Mamuju.

Perjalanan atau Rute Menuju Mamuju

Jika Anda berencana untuk terbang ke Mamuju, maka Anda harus terlebih dahulu menuju ke Makassar. Ini karena hanya ada penerbangan langsung ke Bandara Ahmad Kirang Mamuju di Tampa Padang, Kabupaten Mamuju dilayani oleh Wings Air yang terbang setiap hari dari Makassar ke Mamuju. Dari bandara, pusat kota Mamuju berjarak sekitar 30 Km dan dapat ditempuh dengan menyewa mobil atau bus mini publik.

Jika Anda ingin mencoba jalur darat, perjalanan dari Makassar ke Mamuju akan memakan waktu sekitar 8 sampai 10 jam. Meski perjalanannya sangat panjang, Anda akan disuguhi pemandangan garis pantai dan pegunungan yang paling megah melalui kabupaten Polewali Mandar, dan Majene. Jika Anda ingin naik kendaraan umum, Anda bisa naik bus Makassar-Mamuju dari Terminal Bus Makassar dengan biaya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 125.000 dan perjalanan memakan waktu 10 sampai 12 jam.

or cancel