Cari Tempat Wisata


Pulau Kadidiri: Surga Menyelam yang Terpencil di Segitiga Terumbu Karang

Pulau Kadidiri: Surga Menyelam yang Terpencil di Segitiga Terumbu Karang
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tengah
Alamat : Pulau Kadidiri, Kepulauan Togean, Provinsi Sulawesi Tengah
Views : 2747

Untuk penyelam fanatik, nama Pulau Kadidiri adalah tujuan utama familiar di Indonesia, meskipun masih sedikit dikenal di luar komunitas diving. Terletak di ujung Teluk Tomini di Sulawesi Tengah, Kadidiri adalah salah satu pulau di Taman Nasional Togean yang berisi kekayaan Segitiga Terumbu Karang.

Dengan pantai pasir putih dan air seperti kaca yang menakjubkan, kecantikan dan pesona eksotis Kadidiri menjadikannya salah satu tujuan wisata utama daerah. Kadidiri adalah surga bagi para penyelam karena pemandangan bawah laut yang menakjubkan, terumbu karang yang kaya dan kehidupan laut yang indah. Perairan sekitarnya mendukung Kadidiri lebih dari seribu spesies makhluk laut, banyak yang terancam punah dan dilindungi.

Kepulauan Togean dibentuk oleh aktivitas gunung berapi, dan mencakup dalam hutan hujan lebat, berbatasan dengan formasi terumbu karang kuno. Kepulauan ini merupakan surga yang sangat terpencil, yang terdiri dari 56 pulau berpenghuni yang telah berhasil mempertahankan keanggunan alami, belum diubah oleh manusia. Kepulauan Togean tidak mudah untuk didapatkan, tapi setiap orang bersedia untuk membuat usaha akan lebih dari dihargai dengan segala sesuatu yang Anda harapkan dari sebuah tujuan yang sulit dijangkau .Pengasingan tertinggi, relaksasi tak berujung, and diving yang luar biasa dan snorkeling yang mungkin sangat baik dapat yang terbaik ditemukan di Indonesia.

Terletak di Segitiga Terumbu Karang yang membentang dari Filipina dan Malaysia Timur melalui kepulauan Indonesia ke Timor Leste dan ke Kepulauan Solomon, Togean adalah satu-satunya pulau di Indonesia di mana semua jenis karang besar dapat ditemukan di satu tempat: atol, barrier, dan terumbu karang tepi.

Terumbu karang dalam kondisi sangat baik dan mempertahankan kehidupan laut yang berlimpah. Ikan kakaktua, ikan banner, moonfish, bintang laut, ular lautbiru, dan melihat ikan pari di air setinggi lutut, hampir beberapa meter dari pantai. Untuk penyelam yang lebih maju, pergi lebih jauh ke laut akan melihatkura-kura laut, barakuda berekor hitam dan marlins biru cukup umum. Jika Anda ukup sabar dan beruntung, Hiu berkepala martil bahkan mungkin berkunjung. Situs penyelaman populer lainnya adalah bangkai  sebuah pesawat pengebom Amerika B24 dari Perang Dunia II. Pesawat ini sebagian besar utuh, dan merupakan rumah bagi siput laut, Lepu, dan jackfish.

Sebagaimana Kepulauan Togean merupakan bagian dari Taman Laut Nasional, tidak ada penangkapan ikan yang diizinkan di salah satu resor atau daerah menyelam.

Ekologi Kadidiri yang unik tidak terbatas pada di bawah permukaan air. Di luar pantai, makhluk darat dan udara bebas berkeliaran. Hutan tebal menjadi habita monyet, babirusa, burung enggang Sulawesi dan beo, hanya untuk beberapa nama. Jika Anda berani untuk menjelajah ke hutan pada malam hari, Anda bahkan dapat melihat raksasa, kepiting kelapa yang memanjat. KepitingKelapa adalah arthropoda tanah yang terbesardi dunia, dan memiliki rentang kaki yang dapat mencapai hingga 3 meter. Pada tahun 2008, sebuah spesies baru burung ditemukan di bukit secara harfiah hidup dari pulau-pulau yang  lingkungannya terawat baik.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di musim kemarau antara bulan April dan November, di mana, jarak pandang bisa mencapai 40 meter.

Mencapai Lokasi

Mencapai Kadidiri adalah pekerjaan yang menantang, dan tidak harus dicoba kecuali jika Anda memiliki waktu luang. Ada beberapa cara untuk sampai ke sana, masing-masing mengambil setidaknya beberapa hari, namun langkah pertama terbang ke Bandara Internasional Manado di Sulawesi Utara.

Dari Manado, mengejar satu penerbangan dua kali seminggu ke Luwuk, dilanjutkan dengan bus selama 8 jam ke Ampana, Sulawesi Tengah. Ampana merupakan pelabuhan biasa untuk Kepulauan Togean. Kapal berangkat empat kali seminggu pukul 10.00 pagi.

Atau, dapat pergi melalui Kota Gorontalo. Dari Gorontalo, feri berangkat seminggu sekali selama 12 jam perjalanan ke Wakai. Setelah di Wakai, Anda harus mengambil speedboat ke Kadidiri.

Carter speedboat juga tersedia dari Marisa di Sulawesi Utara dan Bunta di Sulawesi Tengah.

Penginapan

Disini tersedia tiga Cottage di Kadidiri dan adalah satu-satunya akomodasi di pulau. Tempat ini juga satu-satunya sumber air bersih dan listrik yang hanya aktif dari jam 8 pagi hingga 9 malam. Kadidiri tidak banyak memiliki kehidupan malam. Malam di Kadidiri dapat dihabiskan di sekitar pantai, atau hanya berbaring di atas pasir, menghargai langit malam menyalakan bintang. Tidak ada ATM di Kadidiri; tapi bungalow menerima kartu kredit dan pembayaran tunai dalam mata uang Rupiah, Dollar atau Euro. Ketiga Bungalow di Kadidiri telah menyiapkan makanan mereka sehari-hari, dan juga menyewakan peralatan diving dan snorkeling. Tidak ada toko di pulau, kebutuhan dasar, makanan ringan dan minuman dijual di bungalows. Untuk itu, pastikan untuk melakukan belanja yang diperlukan sebelum berangkat ke Kadidiri. Hal lain yang perlu diingat, adalah bahwa tidak ada koneksi internet di pulau itu, dan hampir tidak ada sinyal.

Kadidiri Paradise

Kadidiri Paradise menawarkan bungalow kayu dari berbagai ukuran dan kualitas, semua yang teliti dipertahankan. Setiap kamar dilengkapi dengan double atau twin bed, kipas angin, balkon dan kamar mandi di dalam. Paradise Diving School adalah pelatihan menyelam pertama di pulau itu, dan dilengkapi dengan perahu, peralatan, dan instruktur bersertifikat untuk menghadiri setiap kebutuhan Anda.


Pulau Kadidiri, Kepulauan Togean
Telepon: +62 852 42289909
Email: info@kadidiriparadise.com
Website: www.kadidiriparadise.com

Black Marlin Dive Resort

Black Marlin Dive Resort terletak di antaradua resor lainnya, dan menawarkan 17 gaya, pondok-pondok kayu hanya beberapa langkah dari pantai. Semua kamar dilengkapi dengan tempat tidur ganda musim semi, kelambu, kipas langit-langit, air bersih yang mengalir dan panorama laut. Fasilitas yang tersedia adalah meja bilyar, laut kafe dan restoran, bar, safety box, dan kapal menyelam.

Pulau Kadidiri, Kepulauan Togean
Telepon: +62 85657202004 / +62 8123806904
Email: info@blackmarlindiving.com / blackmarlindive@gmail.com
Website: www.blackmarlindiving.com

Pondok Lestari

Pondok Lestari terletak lebih lanjut di pantai, di sebelah kanan dari dua lainnya. Pondok Lestari adalah yang termurah di pulau itu, dan ideal untuk anggaran wisatawan. Ditawarkan sederhana, pondok bambu; tersedia untuk single atau ganda, dan berbagi toilet dan kamar mandi. Tidak memilikipusat menyelam sendiri, tetapi mereka memberikan perjalanan gratis untuk snorkeling.

or cancel