Cari Tempat Wisata


Pulau Una-Una Kepulauan Togean : Pulau Terpencil di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah

Pulau Una-Una Kepulauan Togean : Pulau Terpencil di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tengah
Alamat : Pulau Una-Una, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah
Views : 3143

Pulau Una-Una adalah sebuah pulau yang sangat terpencil yang berdekatan dengan Taman Nasional Togean di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, dekat dengan Pulau Kadidiri, tempat penyelaman yang terkenal di dunia.

Una-Una dibentuk oleh Gunung Colo yang pendek dan luas, yang puncaknya hanya 500 meter di atas permukaan laut, dengan kaldera seluas 2 kilometer. Una Una adalah pulau yang subur dan indah dan memang merupakan akibat langsung dari letusan Gunung Berapi Colo. Salah satu hasil sampingan yang menarik dari alam vulkanik di pulau ini adalah bahwa tidak seperti pasir putih murni dari pulau-pulau lain di Teluk Tomini, pantai Una-Una berwarna hitam mencolok.

Sepanjang sejarah, hanya ada tiga letusan yang tercatat dari Gunung Colo, dengan dua di antaranya menyebabkan kerusakan. Pada tahun 1983, setelah lebih dari 80 tahun dormansi, letusan dahsyat meletus dari Gunung Colo. Langit tebal yang tebal naik 5 kilometer ke udara, dengan abu vulkanik mencapai Kalimantan Timur. Aliran piroklastik menyapu seluruh pulau, menghancurkan segala sesuatunya. Banyak pemukiman hancur total dan awan panas menghancurkan semua spesies tumbuhan di pulau ini. Hanya hamparan vegetasi dan desa yang sempit di sepanjang pantai timur pulau itu yang tidak rusak.

Enam bulan sebelum letusan, gunung berapi tersebut mulai menunjukkan aktivitasnya, memberi kesempatan penduduk pulau itu untuk secara bertahap dievakuasi ke pulau-pulau sekitarnya. Tidak ada korban jiwa, dan Gunung Colo belum meletus sejak saat itu.

Una-Una tetap tidak berpenghuni untuk beberapa lama, tapi setelah beberapa tahun, orang secara bertahap mulai kembali untuk membangun kembali kehidupan mereka. Awalnya, mereka hanya memulai produksi pertanian, tapi seiring waktu mereka sekali lagi mulai membangun rumah. Meski gunung berapi Colo masih aktif dan bisa meletus kapan saja, hal ini tidak menyurutkan keinginan penghuni Una Una sebelumnya untuk kembali ke rumah.

Beberapa perubahan telah terjadi di pulau ini sejak letusan. Sebagai semacam berkah tersembunyi, abu vulkanik dan lahar yang menutupi Una Una telah menciptakan sebuah pulau dengan tanah yang sangat subur. Selain itu, populasi rusa telah meningkat secara drastis hingga diperkirakan puluhan kali lebih tinggi dari sebelumnya. Fenomena ini mungkin disebabkan oleh banyaknya predator rusa yang mati. Penduduk pulau sekarang memburu rusa untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan pakaian.

or cancel