Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Lore Lindu Poso : Flora dan Fauna Endemik Sulawesi serta Patung Megalith Zaman Batu

Taman Nasional Lore Lindu Poso : Flora dan Fauna Endemik Sulawesi  serta  Patung Megalith Zaman Batu
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tengah
Alamat : Taman Nasional Lore Lindu, Poso, Sulawesi Tengah
Views : 2499

Taman Nasional Lore Lindu merupakan kawasan lindung seluas 2.290 kilometer persegi berstatus Jaringan Cagar Biosfer Dunia tahun 1982 di Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, diapit lembah Palu dan lembah Pablo di utara, sungai Lariang dan lembah Kulawi di barat, lembah Napu di timur dan juga lembah Bada di selatan.

Taman Nasional Lore Lindu adalah sebuah taman yang terletak di pertemuan lempeng benua yang membentuk pulau Sulawesi dan membawa banyak flora dan fauna dari masing-masing lempengan. Penyatuan lempeng memunculkan pembengkokan, deformasi dan pengumpulan lahan sejak pulau ini pertama kali terbentuk.

Taman Nasional Lore Lindu yang lebih menakjubkan ada 419 megalith batu besar atau peninggalan zaman batu 3.000 sampai 1.300 SM. Sekitar 43 item di Lore Utara, 306 item di Lore Tengah, 57 di Lore Selatan dan 13 di Kulawi. Batu megalit berukuran 1,5 sampai 2,5 meter pahatan, Kalamba, Tutu'na, Batu Dakon dan lain-lain. Ilmuwan mengemukakan teori batu sebagai tempat pemujaan.

Traveler bisa berpetualang di hutan yang sangat indah, Danau Lindu terbentuk pada zaman Pliosen pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, air terjun Wuasa, Danau Tambing, pengamatan burung, pengamatan satwa liar, camping ground dan tracking 2.600 meter ke puncak Gunung Rorekatimbu.

Lapisan tanah meliputi entisol, inceptisol, Alfisol dan kedilultisol. Kawasan ini memiliki curah hujan antara 2000-3000 milimeter per tahun di utara dan 3.000-4.000 milimeter per tahun di Selatan. Temperatur berkisar antara 22-34C dengan kelembaban rata-rata 86% dan kecepatan angin 3,6 kilometer per jam.

Lore Lindu sangat kaya vegetasi endemik dan sangat kurang dipelajari dalam hal komposisi taksonomi dan karakteristik ekologis. Distribusi geografis dan jenis vegetasi bergantung pada banyak faktor lingkungan seperti ketinggian, suhu, curah hujan, drainase dan kondisi tanah.

Hutan dataran rendah di ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut menyimpan tanaman Rotan (Callamus spp.), Beringin ((Ficus spp.), Pohon reda Leda (Eucalyptus deglupta), gula aren (Arenga pinnata), kepayang (pangium edule) dan lain-lain.

Hutan pegunungan rendah pada ketinggian antara 1.000 dan 1.500 meter di atas permukaan laut tumbuh lebih pendek dan diameternya lebih kecil ada 88 spesies anggrek, pakis Asplenium sp. dan Platycerium sp., pohon Uru, pohon Resin dan lain-lain.

Hutan Alpin di ketinggian di atas 2.000 meter permukaan laut dijumpai kaya lumut, kabut basah dan hujan deras mengakibatkan pencucian nutrisi tanah. Nepenthes sp. mendapatkan nutrisi dari serangga yang terperangkap di dalam bunga. Sedangkan vegetasi hutan sekunder ditumbuhi pinus (Casuarina sumatrana), Wanga (Figafetta filans) dan Leda (Eucalyptus deglupta).

Taman Nasional Lore Lindu kaya akan Mamalia Khas Sulawesi Anoa (Bubalus depressicomis dan Bubalus quarlessi), Babirusa, Palanger Sulawesi (Phalanger celebencis), Tarsier (Tarsius dianae), monyet Sulawesi (Macaca tonkeana) dan Cifet (Macrogalidia musschenbroeckii).

Burung spesial adalah Maleo (Macrocephalon maleo), burung enggang (Rhyticeros cassidix) dan Elang Sulawesi (Spizaetus lanceolatus), 55 jenis kelelawar dan lainnya. Reptilia ada ular piton (Python reticulatus), King Cobra (Ophiophagus hannah), Racer Snake (Elapheeiythrura danejansen), 21 spesies kadal besar dan lainnya.

Orang-orang yang tinggal di sekitar kawasan taman nasional sebagian besar adalah suku Kaili Ledo, Kaili Ija, Kaili Ado, kaili Moma, Kaili Tohulu, Kaili Da'a, Kulawi, Behoa, Pekurehua dan Bada. Masing-masing suku memiliki budaya kesenian dan tari Rego yang sangat istimewa.

Aktivitas

Memancing, berkano, trekking, hiking, camping, hammocking. Menjelajahi flora dan fauna. Menjelajahi etnografi, arkeologi, arsitektur, budaya dan kuliner. Menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit, berburu fotografi dan videografi, dan lain-lain.

Fasilitas

Rental boat, peralatan berkemah dan homestay.

Perjalanan atau Rute Menuju Taman Nasional Lore Lindu

Tujuan pertama Anda adalah Kota Palu. Dari Palu mengambil penerbangan menuju Bandara Kasiguncu di Kasiguncu, Kabupaten Poso.

or cancel