Cari Tempat Wisata


Bukit Doa di Tomohon : Suasana dan Pemandangan yang Menakjubkan di Sulawesi Utara

Bukit Doa di Tomohon : Suasana dan Pemandangan yang Menakjubkan di  Sulawesi Utara
Kategori : Wisata Religi / Kristen
Lokasi Indonesia / Sulawesi Utara
Alamat : Bukit Doa, Tomohon, Sulawesi Utara
Views : 1033

Untuk liburan di Kota Tomohon, wisatawan mungkin menemukan lebih banyak dataran tinggi daripada pantai. Tak heran, banyak gunung dan bukit bersemayam di kawasan ini. Salah satu pilihan paling populer disebut Bukit Doa yang terletak di Kecamatan Tomohon Utara Indonesia. Tepatnya, berada di Desa Kakaskasen Tiga dan menjadi tempat yang baik untuk berwisata dan beribadah. Seperti namanya, penduduk setempat (yang mayoritas beragama Katolik) datang ke bukit untuk mendapatkan nuansa damai saat beribadah. Jangan khawatir. Setiap orang diizinkan untuk masuk ke situs tanpa memandang agama dan dari mana mereka berasal.

Dari segi nuansa, Bukit Doa memang santai dan masih asli. Bagaimanapun, itu tinggal di dataran tinggi dan memiliki banyak pohon serta tanaman. Belum lagi banyak bunga indah tumbuh subur disana. Untuk panoramanya, wisatawan bisa melihat latar belakang Gunung Lokon yang indah! Apakah itu semuanya? Ada Kapel Bunda Maria yang terkenal (yang sering digunakan sebagai tempat pernikahan)! Ditambah lagi, pengunjung bisa menemukan amphitheater yang bisa menampung hingga 1500 orang! Ini sering digunakan untuk mengadakan berbagai acara seperti pertunjukan seni, retret Kristen, pertemuan, dll.

Aktivitas

Alasan utama mengunjungi Bukit Doa adalah untuk berdoa, terutama bagi umat Katolik setempat. Orang-orang ini memanfaatkan ketenangan situs untuk melakukan ibadah. Tidak hanya bukit yang tersedia untuk penduduk setempat, tetapi juga menampung jamaah yang datang dari daerah lain! Ini menjelaskan mengapa situs ini menjadi sangat ramai selama hari-hari dan acara besar umat Katolik. Oleh karena itu, wisatawan harus datang pada waktu-waktu tersebut untuk mendapatkan nuansa terbaik.

Alasan umum berikutnya untuk mengunjungi Bukit Doa adalah untuk menikmati suasananya dan menyaksikan pemandangan sekitarnya yang menakjubkan. Lagipula, lokasinya dikelilingi pegunungan dan memiliki banyak pepohonan dan tumbuhan. Apalagi pengelolaannya sangat menjaga lingkungan agar terlihat bersih dan terkelola. Selain berdoa dan bertamasya, orang-orang datang ke lokasi untuk menjelajahi amphitheater (Jalan Salib). Saat menjelajahi rute itu, wisatawan mungkin menemukan patung ikonik bernama Pieta (patung Yesus yang mati di pangkuan St. Maria).

Daya pikat lain di Bukit Doa adalah keberadaan Gua Maria yang juga menjadi spot terbaik untuk berdoa dan menemukan kedamaian. Masalahnya pengunjung diizinkan masuk ke Bukit Doa tanpa memandang agama mereka. Artinya, pengunjung tidak perlu berdoa begitu tiba di situs. Ini terbuka untuk semua orang dan tidak ada biaya tiket sama sekali. Namun, kotak amal tersedia di pintu masuk. Sangat disarankan untuk menaruh sejumlah uang di sana sebelum masuk.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Perjalanan ke Bukit Doa memakan waktu kurang lebih 56 menit dari Kota Manado (Ibukota Provinsi Sulawesi Utara) yang jaraknya 34 km. Kabar baiknya bisa lebih cepat jika wisatawan mengambil Ring Road dan Jalan Raya Manado Tomohon yang menjadi tujuan pertama.

or cancel