Cari Tempat Wisata


Pulau Buasak : Pulau yang Menjadi Populer Baru-baru ini di Kabupaten Kepulauan Mentawai

Pulau Buasak : Pulau yang Menjadi  Populer Baru-baru ini di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Sumatera Barat
Alamat : Pulau Buasak, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Views : 847

Kepulauan Mentawai telah menjadi topik hangat di kalangan wisatawan yang penuh gairah baru-baru ini. Alasannya adalah bahwa kawasan tersebut menawarkan alam yang murni dan budaya eksotis. Dari semua pulau di Mentawai, mungkin beberapa orang belum pernah mendengar tentang Buasak. Memang benar bahwa itu tidak sepopuler Sipura atau Siberut tapi telah terbukti menjadi tempat liburan yang layak untuk semua orang, terutama di kalangan peselancar. Lokasi ini dekat dengan Muara Siberut dan hanya memakan waktu sekitar 20 menit dari Nyang Nyang.

Ketika memperhatikan  atmosfer, Pulau Buasak mewakili nuansa yang sama dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Mentawai. Misalnya, pulau ini memiliki alam yang subur dan lingkungan yang belum terjamah. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan cara hidup tradisional Suku Mentawai. Mereka bahkan memiliki kesempatan untuk mendekati orang-orang itu! Meski lokasinya terpencil, Buasak memiliki resor yang bagus dimana wisatawan bisa menyewanya. Tempat itu terbuka untuk semua orang termasuk keluarga, berbulan madu, peselancar profesional, dll. Tak heran, beberapa orang asing juga terlihat disana.

Menjelajahi Pulau Buasak

Lantas, apa yang bisa dilakukan wisatawan di Buasak? Ini adalah pertanyaan umum. Nah, wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan termasuk relaksasi dan berselancar. Meski begitu, surfing menjadi kegiatan yang paling diminati di sana. Sebuah kamp surfing terkenal bahkan tersedia untuk dikunjungi. Misalnya ada Shadow Mentawai Surfcamp yang cukup terkenal di kalangan orang asing. Sebenarnya, kamp surfing seperti itu adalah satu-satunya di Mentawai sehingga setiap orang tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjunginya dan sedikit belajar berselancar.

Apa berikutnya? Selain berselancar, Pulau Buasak juga menjadi lokasi terkenal untuk menikmati yoga dan tamasya. Kombinasi dari aktivitas tersebut sangat membantu untuk memberantas stres dan masalah serupa lainnya. Dengan alasan ini, Buasak dipilih sebagai tujuan liburan yang menyenangkan bagi orang yang biasanya sibuk. Melakukan yoga sambil menyaksikan pemandangan laut tak ada bandingannya, bukan? Bahkan terasa lebih baik saat matahari terbenam! Resor lokal di pulau ini juga menyediakan beberapa fasilitas menyenangkan seperti meja pingpong dan lapangan voli. Dengan cara ini, mereka yang mencintai olahraga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Kegiatan berikutnya yang harus dilakukan di Pulau Buasak adalah masuk ke dalam air dan menyaksikan berbagai jenis ikan. Sedangkan untuk tipnya, wisatawan jangan pernah lupa membawa kacamata dan peralatan snorkeling lainnya. Selain ikan, beberapa jenis karang juga tersedia untuk dilihat. Selanjutnya, mereka bisa menyewa perahu dan menikmati memancing. Bagi mereka yang menyukai kegiatan yang lebih menantang, trekking hutan adalah yang paling direkomendasikan. Selama turis menerapkan obat nyamuk, mereka baik untuk mengeksplorasi alam liar seperti itu!

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Buasak

Seperti disebutkan sebelumnya, Pulau Buasak terletak di dekat Siberut. Tapi pertama, wisatawan harus menuju ke Padang dan naik kapal dari sana. Titik perhentian mereka adalah Pelabuhan Muara dimana mereka bisa menyewa kapal dan menuju Pulau Sipura. Tujuan selanjutnya adalah Siberut atau Buasak. Seluruh perjalanan ini akan memakan waktu lama tapi sepadan dengan usaha, pastinya.

or cancel