Cari Tempat Wisata


Pulau Pagai Mentawai : Pulau yang Indah dengan Sejarah yang Menarik di Kabupaten Kepulauan Mentawai

Pulau Pagai Mentawai : Pulau yang Indah dengan Sejarah yang Menarik di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Sumatera Barat
Alamat : Pulau Pagai, Mentawai, Sumatera Barat
Views : 2064

Dari seluruh kepulauan di Kabupaten Mentawai, Pagai dianggap unik. Tidak hanya indah, tapi juga menarik minat bagi mereka yang ingin mempelajari sejarah sejarah pulau. Pulau Pagai terdiri dari Pagai utara dan selatan dan keduanya layak untuk dijelajahi. Wisatawan datang ke Pagai untuk menikmati alamnya yang indah atau untuk bertemu dengan penduduk setempat. Belum lagi mereka ingin mencoba beberapa makanan dan minuman khas setempat. Pagai juga cocok untuk pecinta alam atau mereka yang suka fotografi alam.

Pulau Pagai terdiri dari sebagian besar pohon padat dan alam liar. Banyak penduduk lokal tinggal di dekat pantai dan membangun bangunan di sana. Itu karena mereka cenderung bergantung pada aktivitas memancing dan kegiatan serupa lainnya. Dalam hal pembangunan, pemukiman tampaknya tradisional dan belum berkembang namun menawarkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlepas dari kenyataan, beberapa penduduk desa telah menyesuaikan cara hidup modern dan mereka menjadi sangat ramah bagi pengunjung, terutama wisatawan. Belum lagi makanan mereka yang luar biasa.

Menjelajahi Pulau Pagai

Wisatawan dapat memilih untuk mengunjungi pulau Pagai utara atau selatan.Tetapi lebih bagus jika mereka mengunjungi keduanya untuk menikmati keindahan nyata Pagai. Lantas, apa yang bisa dilakukan wisatawan di sana? Pengunjung dapat menyaksikan keindahan pantai dan menyaksikan aktivitas penduduk setempat. Selain itu, pengunjung dapat juga menikmati aktivitas fotografi karena alam cukup mempesona. Bahkan struktur bangunan dan orang lokal yang mendiami pulau ini layak untuk dipotret! Fotografi merupakan aktivitas yang menyenangkan, gratis dan mudah asalkan Anda membawa kamera yang bagus dan barang-barang kebutuhan lainnya.

Hal menarik berikutnya tentang Pulau Pagai terkait dengan sejarahnya. Dulu, baik utara maupun selatan Pagai menyatu, tidak terpisah seperti yang ada saat ini. Itu juga ditutupi oleh hutan lebat dan rimbun yang tumbuh di sebuah bukit kecil di tengah pulau. Masyarakat setempat percaya bahwa bukit itu merupakan tempat yang angker. Mereka juga menganggapnya sebagai tempat suci sehingga mereka tidak akan melakukan hal-hal ceroboh di sana. Juga, dikatakan ada seekor elang hitam yang tinggal di hutan yang disebut Manyang, yang dikenal karena kebuasannya.

Hal lain yang harus dilakukan di Pulau Pagai ini yaitu mencoba kuliner dan makanan ringan lokal. Selain Batra dan Subbet, Mentawai dikenal dengan nama Kapurut. Faktanya ini adalah makanan utama penduduk setempat. Kapurut terbuat dari sagu dicampur garam dan air kelapa. Biasanya, penduduk setempat memasukkannya dalam acara spesial seperti Pesona Mentawai Festival. Bagi mereka yang datang ke Pagai dan pulau-pulau lain di Mentawai, mereka seharusnya tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mencoba makanan lezat tersebut.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Pagai

Cara termudah untuk mencapai Pulau Pagai adalah dari Kota Padang. Wisatawan bisa naik perahu dari Pelabuhan Bungus dan langsung menuju Pulau Sipora. Selanjutnya, mereka harus naik kapal lain ke Pagai dan mulai menjelajahi pulau itu. Masalahnya mereka harus mengetahui jadwal layanan kapal terlebih dahulu sebelum berkunjung ke pulau tersebut. Bantuan dari agen tur akan sangat berguna untuk memudahkan Anda berkunjung ke Pulau Pagai.

or cancel