Cari Tempat Wisata


Gunung Dempo: Sensasi Pendakian yang Menantang

Gunung Dempo: Sensasi Pendakian yang Menantang
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Sumatera Selatan
Alamat : Gunung Dempo, Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan
Views : 10497

Pada ketinggian 3195 meter di atas permukaan laut, Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Bersama dengan Gunung Marapi di Sumatera, (tidak harus bingung dengan Gunung Merapi di Jawa Tengah), Gunung  Dempo adalah puncak tertinggi di pegunungan Bukit Barisan yang membentang di sepanjang pulau Sumatera, membentuk tulang punggung. Setelah meneguk secangkir teh manis panas di fajar yang dingin, mendengarkan kicauan burung di pepohonan dan menonton matahari perlahan-lahan naik di cakrawala, ini adalah pagi yang sempurna untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo.

Terletak tepat di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera, Gunung Dempo terletak di distrik yang disebut Pagar Alam. Dan seperti namanya, Pagar Alam, pagar yang berarti alam, seluruhnya dikelilingi oleh bukit-bukit dan lereng gunung. Dibutuhkan sekitar 7 jam mengemudi untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang, dan kemudian 15 kilometer dari pusat Pagar Alam ke Gunung Dempo sendiri. Perjalanan tidak akan membosankan, karena Anda akan disajikan dengan pemandangan yang fantastis dari tebing dan lembah disertai dengan udara yang segar. Sebuah perkebunan teh yang luas menyapa Anda ketika Gunung Dempo datang ke tampilan: Inilah sumber energi cangkir teh.

Setelah logistik Anda dimuat, tenda dan kantong tidur siap, hal berikutnya untuk menaklukkan adalah jalan yang menantang. Ransel terasa berat, ketika Anda melangkahkan kaki pertama melalui perkebunan teh yang luas. Ketika bidang teh secara bertahap digantikan oleh semak-semak liar, jalan mulai naik. Anda kemudian dalam perjalanan Anda ke atas, menandai bahwa pendakian aktif. Di antara pejalan kaki dan pendaki gunung, Gunung Dempo dikenal untuk trek yang menantang. Berbagai lereng, memutar berbalik dan sedikit "bonus" dari trek datar, benar-benar membuat Gunung Dempo menjadi favorit di antara para "pecandu tantangan". Gemercik air, kicau burung dan berbagai suara alam lainnya menjadi terasa baik karena Anda mengistirahatkan kaki lelah Anda dan tulang punggung yang kelelahan.

Tidak ada yang mengalahkan sensasi yang mencapai puncak gunung, perasaan akhir dari harmoni dengan alam. Setelah mendaki yg sangat melelahkan, imbalan untuk mencapai puncak Gunung Dempo adalah pemandangan dari sini menghadap cakrawala yang luas di kejauhan. Kepuasan yang tak ternilai mengkompensasi semua keringat dan kesulitan; pasti imbalan atas pendakian terengah-engah. Anda akan menemukan kawah Gunung Dempo yang masih mengepul dan sangat aktif. Sebuah gambar yang diambil di sini adalah hadiah dan imbalan untuk tantangan yang dicapai.

Selain gunung ini menantang, sisa-sisa budaya prasejarah juga ditemukan di daerah tersebut. Batu diukir dalam bentuk manusia, hewan dan lain-lain yang tersebar di sepanjang lereng pertama Gunung Dempo. Dalam Pagar Alam juga ada pasar tradisional yang menjual berbagai barang lokal seperti teh, kopi, buah-buahan dan lain-lain layak untuk dikunjungi.

Melakukan perjalanan terpencil; meninggalkan liburan Anda khususnya dimanjakan di belakang. Gunung Dempo menanti mereka yang mencari petualangan. Persiapkan waktu, energi dan peralatan hikingAnda, dan mencari tahu apa hadiah menunggu di puncaknya.

Aktifitas

Hiking, Trekking, dan Pendakian gunung jelas merupakan yang utama ketika datang ketempat ini. Puncak tinggi Gunung Dempo menawarkan trek menantang, jalur berbatu kasar, lereng miring tinggi dan banyak rintangan lainnya. Dengan kata lain: petualangan yang hampir sempurna. Terdapat 2 post, dan beberapa tempat air di sepanjang jalur menuju puncak, sementara beberapa tempat memerlukan sedikit keterampilan mendaki.

Pemandangan yang menyenangkan dari perkebunan teh juga merupakan daya tarik yang Anda tidak mau ketinggalan. Berbaur dengan penduduk setempat dan mencoba sensasi memetik daun teh segar dan mengalami nuansa seperti panen teh.

Satu wilayah Pagar Alam, ada juga situs pra-sejarah Tangga Batu. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai batu pahatan dalam bentuk yang sederhana dari kepala manusia, hewan dan sejenisnya. Sisa-sisa kuno tanggal kembali ke era Megalitik dan masih tersebar di seluruh daerah.

Air terjun Lematang Indah terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Dempo dan dapat menjadi tempat alternatif Anda untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat memanjakan mata Anda pada keindahan yang tak ada habisnya air terjun dan sungai yang mengalir di bawah. Sungai ini juga menyediakan arus yang menantang untuk arung jeram, tambahan yang sempurna setelah menaklukkan puncak Gunung Dempo itu.

Sovenir

Sebagai daerah yang dikelilingi oleh perkebunan teh, pertama yang Anda harus mencoba jelas adalah teh; bukan hanya teh biasa, tetapi teh hitam khusus. Bau unik dan rasa Teh hitam Gunung Dempo adalah salah satu dari jenisnya. Ada beberapa toko yang menjual teh ini dikemas seharga Rp 6.000 sampai 8.500 per kotak. Teh hitam khusus Gunung Dempo telah menjadi salah satu favorit sejak zaman kolonial Belanda.

Selain dari perkebunan teh, ada juga banyak perkebunan kopi. Kopi Pagar Alam terkenal di kalangan penggemar kopi, khususnya, rasa tak terbantahkan dari Kopi Luwak. Kopi unik yang diproses oleh musang liar yang menciptakan satu jenis rasa,dan beberapa dianggap yang terbaik. Anda dapat membawa pulang kopi khusus untuk sekitar Rp 400.000 per kilogram.

Tersedia barang yang menarik dan unik lainnya yang Anda dapat beli, cobalah untuk menjelajah ke toko-toko lokal dan pasar dan melihat apa "harta karun" yang bisa Anda dapatkan dari sana.

Makanan

Ada banyak restoran dan warung makan yang dapat Anda temukan di sekitar Pagar Alam. Salah satu hidangan unik adalah Ikan Sema yang dimasak dalam bambu. Alih-alih menggunakan panci atau wajan, ikan tersebut ditempatkan di dalam bambu dan kemudian dipanggang di atas api terbuka. Berikut ini adalah daftar dari beberapa restoran yang dapat Anda coba di Gunung Dempo dan sekitar daerah Pagar Alam:

 Restoran Darma Karya
Jl. Kap. Sanap No.22 Pagaralam
0730-621297

Restoran Mirasa
Jl. Kap. Sanap No.62 Pagaralam
0730-62166

Restoran Dua Putra
Jl. Kap. Sanap No.62 Kel.Beringin Jaya Pagaralam
0730-621232

 Restoran Sederhana
Jl. Kombes H.Umar Pagaralam Selatan
0730-624222

Restoran Jaya Abadi
Jl. Peltu Manalis Kuningan
Budiman Restaurant

Penginapan

Ada beberapa akomodasi yang tersedia di sekitar Gunung Dempo dan satu wilayah Pagar Alam. Dari hotel, penginapan sederhana dan villa itu tersedia dengan harga yang cukup masuk akal. Berikut adalah beberapa referensi akomodasi yang Anda dapat coba:

Hotel Dharma Karya
Jl.Kapt. Sanap Pagar Alam
Phone: 0730-621247

Villa Basemah Gunung Gare
Gunung Gare - Pagar Alam
Phone: 08127342851

Hotel Mirasa
Jl. Mayor Rusland, Pagar Alam
Phone:0730-621484

Hotel Telaga
Jl. Serma Wanar, Pagar Alam
Phone: 0730-6211081

Bukit Shofa Hotel
Jl. Mesjid Jamik 43, Pagar Alam
Phone: 421-062

Sabrina Hotel
Jl. Diponegoro 73
Phone: 422-424

or cancel