Cari Tempat Wisata


Taman Wisata Punti Kayu Palembang : Hutan Tempat Liburan Menyenangkan di Kota Palembang

Taman Wisata Punti Kayu Palembang : Hutan Tempat Liburan Menyenangkan di Kota Palembang
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Sumatera Selatan
Alamat : Taman Wisata Punti Kayu, Palembang, Sumatera Selatan
Views : 3880

Taman Wisata Punti Kayu adalah satu-satunya hutan yang berada di jantung kota Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Bayangkan diri Anda melangkah keluar dari kehidupan yang penuh dengan lalu lintas untuk menikmati diri Anda selama satu hari di alam yang menenangkan di antara pohon pinus yang tenang. Hanya sekitar 7 km dari pusat kota, hutan membentang seluas  50 hektar tanaman hijau. Hutan ini dibangun untuk tujuan konservasi, yang ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1938, namun dibuka sebagai hutan rekreasi umum pada tahun 1986. Kawasan ini terdiri dari empat area, yaitu Hutan untuk  Konservasi, Taman Rekreasi, Danau dan Rawa, dan Situs Camping.

Tiket masuk ke Taman Hutan Punti Kayu berkisar antara 5.000 rupiah dengan biaya parkir tambahan, dan buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00.

Aktivitas

Inilah paru-paru pernapasan bagi kaum urban untuk dinikmati setelah seharian bekerja  atau mungkin melepaskan diri selama satu jam atau hanya berjalan menyusuri jalan setapaknya, duduk di tepi danau sambil mengamati pantulannya atau mungkin membawa anak-anak kecil untuk berenang dan bermain ditempat terbuka di akhir pekan.

Di Taman Wisata Punti Kayu terdapat jembatan gantung yang indah, cobalah untuk berjalan di atas jembatan gantung tersebut dan rasakan sensasi yang sedikit menegangkan tetapi sangat menyenangkan. Dari atas jembatan, Anda dapat menyaksikan anak-anak sedang asyik bermain sepeda air atau perahu bebek.

Bila Anda menyukai binatang, Punti Kayu, juga memiliki kebun binatang kecil dan peternakan buaya. Kegiatan lain yang bisa Anda nikmati di sini adalah menunggang kuda dan gajah. Yang terbaik adalah menyiapkan piknik dengan membawa makanan buatan sendiri untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. Taman alam ini memiliki pohon pinus yang rindang tumbuh di samping pohon tropis khas lainnya, yang menjamin latar belakang foto Anda menjadi sangat menakjubkan. Selain itu, Anda dapat menyaksikan beberapa kera duduk dengan santai di atas pohon atau bangunan, kadang-kadang kera tersebut juga turun ke tanah tapi Anda tidak perlu khawatir karena kera tersebut tidak mengganggu, hanya mengharapkan pisang dari pengunjung. 

Fasilitas

  1. Lahan parkir yang sangat luas
  2. Gazebo
  3. Pusat Informasi
  4. Beberapa warung yang menjual beragam makanan dan minuman
  5. Mushola dan Kamar mandi
  6. Are bermain untuk anak-anak
  7. Outbond dan Camping
  8. Kebun Binatang Mini

Menuju Lokasi

Untuk menuju Taman Wisata Alam Punti Kayu, ambil jalan menuju ke Jalan Kol. Burlian, kecamatan Sukarami, berkendara dari Masjid Agung Palembang dan langsung menuju ke Jalan. Jend. Sudirman sampai Anda mencapai KM 7. Saat Anda bepergian dengan kendaraan umum, Anda dapat naik bus dari halte bus Masjid Agung Palembang, memilih bus Trans Musi dan berhenti di Punti Kayu.

or cancel