Cari Tempat Wisata


Istana Air Taman Sari Yogyakarta : Tempat Mandi Putri dan Tempat Sultan Berburu Istri

Istana Air Taman Sari Yogyakarta : Tempat Mandi Putri dan Tempat Sultan Berburu Istri
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Istana
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Taman Sari, Yogyakarta
Views : 1278

Terletak di dekat Keraton, tempat ini juga dikenal sebagai taman bagi Sultan Yogyakarta. Taman sari awalnya dibangun untuk berbagai tujuan namun sekarang hanya beberapa bangunan yang tersisa. Beberapa fungsi awalnya adalah tempat untuk beristirahat, bermeditasi, bekerja, bersembunyi dan mempertahankan keluarga Sultan. Pada saat ini, beberapa bangunannya sekarang menjadi rumah bagi penduduk lokal dan hanya masjid, tempat peristirahatan dan tempat mandi, dan terowongan bawah tanah dapat diakses oleh wisatawan.

Dengan kombinasi bangunan bergaya timur dan barat, pelarian unik keluarga kerajaan ini memiliki daya tarik dan cerita tersendiri. Tempat paling terkenal di Taman sari adalah tempat mandi dan tempat peristirahatan Sultan dan puterinya bernama Umbul Pasiraman. Sebagian besar wisatawan menganggap tempat ini menarik karena ada cerita unik dibalik asalnya.

Sultan suka pergi berburu selama waktu senggangnya dan Umbul Pasiraman dirancang untuk menenangkan Sultan dari keinginan itu. Berbeda dengan Panggung Krapyak yang dirancang untuk berburu rusa, Umbul Pasiraman (yang berarti tempat mandi) dirancang bagi para Putri untuk mandi dan bagi Sultan untuk bersantai dan 'berburu' seorang istri.

Untuk menangkap 'mangsa’, dikatakan bahwa Sultan akan melempar mawar dari menara tinggi di sebelah selatan kolam dan Putri yang menangkap mawar itu akan menjadi 'isterinya'. Biasanya, orang yang akan menangkap mawar itu akan menjadi Ratu atau selirnya. Ada tiga kolam yang berbeda di Umbul Pasiraman yaitu Umbul Binangun, Umbul Muncar dan Blumbang Kuras yang  masing-masing lahan berbeda untuk putri Sultan dan calon istrinya untuk mandi.

Selain Umbul Pasiraman, pengunjung juga bisa menjelajahi terowongan bawah tanah dan masjid. Terowongan itu pernah menjadi tempat persembunyian tapi sekarang tidak berfungsi karena sebagian digunakan untuk tempat tinggal setempat. Tidak seperti kebanyakan masjid, bangunan masjid berbentuk lingkaran yang unik, dengan Sumur Gumilang di bawahnya merupakan tempat bagi Sultan untuk sholat.

Lingkungan Sekitar

Taman sari terletak di dekat Pasar Ngasem dimana orang bisa membeli berbagai makanan lokal. Banyak toko dan warung yang juga berjualan souvenir di sepanjang jalan.

Menuju Lokasi

Taman sari hanya berjarak beberapa blok dari Kraton dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari sana. Orang juga bisa menggunakan becak untuk menuju tempat ini. Bagi yang menggunakan kendaraan, Anda bisa pergi ke Jl. Taman Sari melalui kawasan Pasar Ngasem dan masuk Gerbang Timur karena memiliki tempat parkir yang lebih luas.

or cancel