Cari Tempat Wisata


Jurang Tembelan Bantul : Nuansa dan Panorama yang Menakjubkan di Yogyakarta

Jurang Tembelan Bantul : Nuansa dan Panorama yang Menakjubkan di Yogyakarta
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Jurang Tembelan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, KabupatenBantul, Yogyakarta
Views : 440

Pantai selatan menjadi daya tarik wisata terbaik di Kabupaten Bantul. Setelah menjelajahi semua pantai ini, wisatawan bahkan dapat menggunakan sisa waktunya untuk mengunjungi tempat liburan menarik lainnya seperti Jurang Tembelan. Tempat menarik ini terletak di Desa Mangunan dan termasuk dalam Kecamatan Dlingo. Dari segi popularitas dianggap mirip dengan lokasi wisata terdekat seperti Gardu Pandang Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Dengan demikian, lembah ini berpadu dengan baik dengan tempat-tempat itu dan sering menjadi paket wisata baik bagi penduduk lokal maupun luar. Aktivitas wisata terbaik di Jurang Tembelan memang jalan-jalan atau menikmati matahari terbit atau terbenam.

Jurang Tembelan menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari selain Bukit Panguk dan Gardu Pandang Mangunan. Nuansanya semakin ramai dari waktu ke waktu, seiring dengan popularitas yang juga meningkat. Lembah ini juga dilengkapi beberapa fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan, antara lain gardu pandang dan fasilitas outbond. Bahkan ada gardu pandang unik berbentuk perahu kayu untuk tamasya di puncak bukit. Bahkan pengunjung bisa menemukan warung kopi di kawasan itu. Sedangkan untuk pemandangannya, pemandangan perbukitan dan Sungai Elo bisa terlihat jelas di atas sana!

Aktivitas

Jurang Tembelan telah menarik lebih banyak orang luar belakangan ini karena nuansa dan panorama yang menakjubkan. Artinya jalan-jalan dan relaksasi menjadi dua aktivitas utama di sana. Bahkan di akhir pekan, lokasi tersebut menjadi ramai karena banyak keluarga lokal berkumpul di kawasan itu untuk berekreasi. Mereka cukup duduk di warung kopi dan menikmati kopi hangat sambil menyaksikan pemandangan. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah di pagi hari sambil menunggu matahari terbit!

Menyaksikan matahari terbit atau terbenam menjadi tujuan umum berikutnya untuk mengunjungi Jurang Tembelan! Satu hal, wisatawan harus datang pada waktu yang tepat. Itu karena situs terkadang dikelilingi oleh kabut tebal. Belum lagi hujan yang kerap turun tak terduga saat musim hujan, yang harus dihindari wisatawan. Itu berarti disarankan untuk mengunjungi lembah hanya selama musim panas. Inilah pertimbangan lainnya. Wisatawan harus membawa kamera ke lokasi, untuk fotografi dan mengumpulkan gambar alam yang bagus selama eksplorasi.

Daya pikat menarik berikutnya di Jurang Tembelan adalah adanya jalur menuruni bukit khusus untuk bersepeda gunung atau penyeberangan motor. Nanti, sebelum pulang, wisatawan tidak boleh lupa mampir ke Kebun Buah Mangunan, Sungai Elo, dan Gardu Pandang Mangunan yang terkenal! Lokasinya lumayan dekat.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Tujuan utamanya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi yang datang dari luar daerah dalam hal ini disarankan naik pesawat terbang untuk menuju tempat tujuan. Misalnya dari Kota Jakarta, wisatawan harus naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan langsung menuju Bandara Adisucipto. Penerbangan ini biasanya memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Nanti setelah sampai di Kota Yogyakarta, tujuan selanjutnya adalah Kabupaten Bantul. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 27 menit, karena jaraknya 20,8 km. Untuk perjalanan yang lebih cepat, disarankan untuk mengambil Jalan Imogiri Timur. Dari Bantul, wisatawan bisa langsung menuju ke Jurang Tembelan. Rute terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Imogiri - Dlingo dengan jarak tempuh 7,8 km. Artinya perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 19 menit.

or cancel