Cari Tempat Wisata


Kalisuci Cave Tubing : Petualangan Menyusuri Goa dan Sungai Bawah Tanah di Yogyakarta

Kalisuci Cave Tubing : Petualangan Menyusuri Goa dan Sungai Bawah Tanah di Yogyakarta
Kategori : Wisata Alam / Sungai
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Kalisuci Tubing, Yogyakarta
Views : 1487

Menaiki sebuah tabung terapung bersama dengan air jernih yang deras melintasi bukit-bukit karst, memasuki sebuah gua yang gelap melewati stalaktit dan stalagmit yang megah, mengagumi keajaiban alam yang ditemukan jauh di dalam bumi, dibawa oleh arus ke dunia nyata, jauh dari keramaian sehari-hari, inilah petualangan yang menunggumu di Gua Kalisuci di Yogyakarta.

Nama Kalisuci berasal dari mata air yang ditemukan di daerah ini yang menghasilkan aliran air jernih tanpa henti bahkan di musim hujan. Namun, saat musim hujan, cave tubing di sini dilarang dimasuki karena gua-gua bisa tiba-tiba banjir.

Cave Tubing di Kalisuci dikelola oleh masyarakat setempat melalui Pokdarwis. Organisasi ini memiliki sekitar 20 pemandu, para pemuda dan pemudi desa yang akan menemani Anda melewati seluruh perjalanan dan memastikan keselamatan Anda selama perjalanan petualangan ini.

Setibanya di base camp Kalisuci, pemandu akan memberikan pengarahan kepada peserta tentang kegiatan gua dan tubing termasuk memberikan instruksi keselamatan dan keamanan. Kemudian, saatnya semua memakai perlengkapan wajib yang meliputi jaket pelampung, helm, headlamp, pelindung lutut, pelindung kaki, dan tentu saja tabung karet yang akan Anda tumpangi untuk perjalanan. Ada loker yang tersedia, sehingga Anda bisa meninggalkan barang-barang Anda seperti tas atau pakaian bersih dengan aman di sini. Operator juga menyediakan tas tahan air jika Anda ingin membawa kamera dan ponsel Anda ke sungai.

Setelah persiapan selesai, Maka itu saatnya berpetualang! Kelompok tersebut akan berjalan menuruni beberapa tangga batu yang curam sebelum mencapai pintu masuk gua. Waktu untuk turun sekitar 10 menit. Tapi acara di sini Anda sudah akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan, cocok untuk foto dan mengambil selfie. Air jernih menyambut Anda saat Anda mendekati sungai di bawah. Begitu Anda berada di dekat titik awal petualangan cave tubing Anda, Anda bisa mencapai air dengan tangkas, atau lebih baik lagi, jika Anda berani, Anda dapat memulai dengan menyelam langsung ke sungai! Sementara itu, tabung karet juga akan dilepas kru.

Petualangan cave tubing  Kalisuci mencakup jarak total sekitar 500 meter dengan perkiraan waktu 1,5 sampai 2 jam.

Di sini, arus akan membawa Anda melalui sejumlah gua yang saling berhubungan yang disebut Gua Suci, Gua Luweng Senglat, Gua Luweng Geleng, dan Gua Mburi Omah. Kedalaman sungai adalah antara 1 sampai 3 meter, dan Anda akan mengambang seiring arus sepanjang perjalanan. Di sini, Anda dapat mengagumi beberapa keajaiban luar biasa: stalaktit yang menggantung dengan megah di langit-langit gua sementara stalagmit di kedua sisi sungai memancarkan sensasi di luar dunia. Sebelum memasuki gua berikutnya, Tataplah ke langit biru yang jernih di atas dan deretan pohon yang melindungi saat Anda mengagumi karunia alam yang besar.

Di samping air tenang mengalir, Sungai juga akan membawa Anda melalui beberapa jeram kecil yang pasti akan memompa adrenalin Anda saat tabung Anda akan meluncur lebih cepat dengan arus. Petualangan Anda juga akan disorot dengan munculnya beberapa satwa liar. Kelelawar menggantung dengan tenang di sepanjang langit-langit, ikan berenang di bawah kaki Anda, kepiting dan udang berkeliaran di dasar sungai, dan laba-laba besar duduk di atas stalagmit, yang berada di antara banyak makhluk yang akan Anda jumpai dalam petualangan ini.

Untuk menikmati pengalaman petualangan cave tubing yang sensasional di Kalisuci ini Anda hanya perlu mengeluarkan Rp70.000 per orang, yang juga mencakup asuransi serta makanan ringan dan minuman.

Penginapan

Orchid  Hotel
Alamat: Jl Baron KM 7 Karang Asem Mulo Wonosari, Mulo, Duwet, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851, Indonesia
Telepon: +62 815-1054-1523

Homestay Kamto
Alamat: Jl. Kirangga, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893, Indonesia
Telepon: +62 818-267-857

Griya Limasan Hotel
Alamat: Jl. Kecubung, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851, Indonesia
Telepon: +62 813-9233-4456

Menuju Lokasi

Terletak di Desa Pacarejo, kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta, Gua Kalisuci berjarak sekitar 60 km dari kota Yogya dan dapat dicapai dengan berkendara 1,5-2 jam dari kota.

 

 

or cancel