Cari Tempat Wisata


Kotagede : Sentra Industri Kerajinan Perak Yogya

Kotagede : Sentra Industri Kerajinan Perak Yogya
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Komunitas
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Kotagede, Yogyakarta
Views : 1416

Kotagede, yang sering disebut Sargede terletak sekitar lima kilometer sebelah tenggara Yogyakarta, Kotagede adalah kota kecil yang apik, yang dulunya merupakan tempat Kekaisaran Mataram yang perkasa. Sejak tahun 1930an, Kotagede menjadi terkenal karena menjadi sentra industri kerajinan perak Yogya. Di sini terdapat sejumlah bengkel dimana pengunjung dipersilakan menyaksikan perak yang ditransformasikan menjadi karya seni indah yang dikenal dengan "Yogya Silver". Kotagede mudah dijangkau dengan"andong", gerobak dengan roda empat, dengan taksi, bus, atau mobil.

Di kompleks pemakaman, Anda masih bisa mengunjungi pemakaman raja-raja Mataram seperti Sutowijoyo atau Ngabei Loring Pasar, pendiri Kerajaan Mataram, yang saat itu bernama Panembahan Senopati. Ada juga makam khas Ki Ageng Mangir. Ia adalah petinggi Panembahan Senopati dan juga musuh Panembahan Senopati. Mayatnya dikuburkan setengah di dalam area khusus untuk raja dan keluarga Panembahan Senopati, dan setengah dari tubuhnya dikuburkan di luar kompleks. Ada batu yang disebut "Watu Gilang", sebuah batu di mana Panembahan Senopati menghancurkan kepala Ki Ageng Mangir sampai mati.

Apabila Anda ingin masuk ke dalam kuburan, Anda harus mengenakan pakaian tradisional yang bisa disewa di tempat itu. Pemakaman Kotagede dibuka pada hari Senin di. 10.00 - 12.00 pagi, dan Jumat pukul 01.30 WIB. - 04.00 WIB. Selain di pemakaman, ada juga gerbang anggun, kolam penuh Clarius Melanodermas dan kura-kura kuning. Penyu ini berusia ratusan tahun dan banyak orang percaya bahwa kura-kura tersebut adalah kura-kura ajaib yang suci.

or cancel