Cari Tempat Wisata


Pantai Baros di Bantul : Pantai yang Tenang dengan Pemandangan Bakau di Yogyakarta

Pantai Baros di Bantul : Pantai yang Tenang dengan Pemandangan Bakau di Yogyakarta
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Pantai Baros, Desa Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta
Views : 788

Terletak di bagian selatan wilayah Kabupaten Bantul, beberapa pantai yang menarik menunggu wisatawan. Contohnya ada Pantai Baros! Yang satu ini terletak di Desa Tirtohargo dan termasuk dalam Kecamatan Kretek. Memang berbeda dengan yang lain, karena keberadaan hutan mangrove. Itu berarti pengunjung dapat menikmati pantai dan hutan bakau pada hari kunjungan yang sama. Pantai ini berada di dekat Sungai Opak dan menjadi tempat liburan menarik di Bantul! Sedangkan untuk kegiatan wisata, pengunjung biasanya menikmati jalan-jalan di pantai, eksplorasi, memancing, rekreasi keluarga, dan masih banyak lagi!

Begitu sampai di Pantai Baros, wisatawan akan menemukan beberapa nuansa berbeda. Yang pertama memang pantai yang tenang itu sendiri. Tidak seperti yang lain, yang satu ini tidak memiliki ombak yang besar. Ini memang bagian dari Sungai Opak. Nuansa selanjutnya tidak lain adalah pertanian lokal yang damai di mana wisatawan dapat menjelajah selama berkunjung. Berikutnya, pasti hutan bakau yang rimbun dan indah. Penduduk setempat, di masa lalu, memutuskan untuk menanam banyak pohon ini demi lingkungan yang lebih baik. Ini juga menjadi tempat yang bagus untuk membudidayakan ikan, kepiting, udang, dll.

Aktivitas

Memang benar bahwa sebagian besar wisatawan lebih tertarik pada hutan bakau daripada pantai itu sendiri. Disamping itu, pengunjung bisa menikmati saat-saat menyenangkan saat menjelajahi pantai. Mereka dapat melakukan beberapa hal seperti berjalan-jalan di pantai dan fotografi. Setelah melakukan aktivitas pantai, kesenangan sesungguhnya dimulai! Pasalnya, wisatawan bisa menemukan banyak sekali spot menarik untuk dijelajahi. Misalnya, Desa Baros tempat penduduk setempat hidup damai. Kebanyakan dari orang-orang ini bekerja di sebuah peternakan dan merawat sapi untuk keberlangsungan hidup mereka.

Spot selanjutnya untuk dijelajahi tidak lain adalah muara Sungai Opak. Di kawasan itu, wisatawan juga bisa melakukan fotografi! Plus, mereka memiliki kesempatan untuk mengunjungi situs sejarah Wilkel yang terkenal dan Sungai Winongo. Yang mereka butuhkan adalah pemandu lokal yang akan menunjukkan arah dan lokasi pasti dari tempat-tempat ini. Apa yang lebih? Saat mengunjungi Pantai Baros, wisatawan tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajahi hutan bakau. Ini dapat dilakukan melalui jalur yang disediakan, tetapi setiap orang harus melewati pertanian lokal terlebih dahulu.

Hutan bakau yang rimbun dan indah menemani semua orang selama penjelajahan. Dalam beberapa aktivitas, area ini juga cocok untuk berkemah dan memancing! Manajemen menyediakan akomodasi bagi mereka yang ingin menikmati aktivitas tersebut. Sebagai alternatif, wisatawan bisa langsung menyaksikan burung-burung lokal yang hidup di hutan bakau. Namun, berburu burung itu dilarang!

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Destinasi pertama memang Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi yang datang dari Kota Jakarta, cukup naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan menuju Bandara Adisucipto (Yogyakarta). Penerbangan ini akan memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Setelah wisatawan tiba di tempat tujuan, mereka harus mengambil jalan Imogiri Timur dan menuju ke Kabupaten Bantul. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 27 menit, karena jaraknya 20,8 km. Dari Bantul, tujuan mereka selanjutnya adalah Desa Tirtohargo di Kecamatan Kretek dimana pantai tersebut berada. Jaraknya 16,5 km, jadi perjalanan ini akan memakan waktu 25 menit. Untuk perjalanan yang lebih cepat, disarankan untuk mengambil Jalan Samas.

or cancel