Cari Tempat Wisata


Pantai Depok Bantul : Menikmati Kuliner Disertai Angin Kencang di Yogyakarta

Pantai Depok Bantul : Menikmati Kuliner Disertai Angin Kencang di Yogyakarta
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Pantai Depok, Kretek, Bantul, Yogyakarta
Views : 671

Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan pantai selatannya yang indah. Salah satunya bernama Pantai Depok yang terletak di Kecamatan Kretek. Lokasi tepatnya berada di Desa Parangtritis dan berada di dekat Pantai Parangtritis dan Parangkusumo yang terkenal. Masing-masing pantai tersebut memang menawarkan keindahan dan nuansa yang berbeda. Bagaimana dengan Pantai Depok? Terkenal dengan ombaknya yang besar, kulinernya, perahu nelayan, dan anginnya yang kencang. Sedangkan untuk aktivitas wisata, pengunjung biasanya menikmati berjalan-jalan di pantai, makan seafood, fotografi, jalan-jalan, dan rekreasi keluarga. Nah, berikut pembahasan lebih lanjut tentang pantai.

Seperti pantai tetangganya, Pantai Depok memiliki garis pantai berpasir hitam. Teksturnya lembut dan terasa hangat di kaki bahkan di siang hari. Pantai ini hanya memiliki sedikit tumbuhan. Yang bisa ditemukan wisatawan adalah rombongan perahu nelayan yang diparkir di bibir pantai. Beberapa payung pantai warna-warni juga terdapat di area tersebut yang sering digunakan wisatawan untuk duduk dan bersantai. Apa yang lebih? Pantai ini memiliki fasilitas yang bagus seperti tempat makan tradisional, homestay, layanan persewaan tenda, toilet, dan banyak lagi. Nah, fitur yang lebih penting pasti angin kencang dan ombak yang ganas!

Aktivitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Depok memiliki ciri yang mirip dengan saudara. Pantai selatan Pulau Jawa kebanyakan datang dengan ombak yang ganas. Itu artinya tidak aman untuk berenang atau aktivitas air lainnya. Meski ada larangan, beberapa turis kerap bermain di ujung pantai. Ini menjelaskan mengapa manajemen telah mempekerjakan beberapa penjaga pantai di situs demi keselamatan wisatawan. Sebenarnya, banyak aktivitas yang lebih aman dan menarik bisa dilakukan di sana. Misalnya, menerbangkan layang-layang! Angin kencang pasti membuat aktivitas itu menyenangkan.

Hal yang biasa dilakukan di Pantai Depok berikutnya adalah rekreasi keluarga. Pengunjung cukup menggulung tikar dan duduk di bawah payung warna-warni. Apa yang lebih? Fotografi akan menjadi hal yang direkomendasikan berikutnya untuk dilakukan di sana. Wisatawan bisa langsung mengambil foto laut atau objek lain di lokasi, termasuk perahu nelayan yang diparkir dan keramaian. Bahkan ada balai pelelangan ikan yang juga menjadi objek fotografi yang bagus. Satu-satunya persiapan adalah kamera. Selain itu, disarankan untuk mengunjungi pantai hanya selama cuaca bagus, untuk menghindari hujan.

Daya pikat lain di Pantai Depok adalah terkait kulinernya. Berkat makanan laut dan restoran tradisional yang terletak di dekat garis pantai. Wisatawan bisa menikmati berbagai jenis seafood antara lain udang, ikan bakar, dan kepiting. Tidak hanya enak, tapi harganya juga murah.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi yang berasal dari luar jawa, disarankan mencapai Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pesawat terbang. Dari Kota Jakarta misalnya, penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta menuju Bandara Adisucipto akan memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Setelah sampai di tempat tujuan, wisatawan harus melalui Jalan Imogiri Timur dan langsung menuju ke Kabupaten Bantul. Jaraknya 20,8 km, jadi perjalanan akan memakan waktu sekitar 27 menit. Dari Bantul, tujuan selanjutnya adalah  Kecamatan Kretek tempat Pantai Depok berada. Jaraknya 17,6 km dan rute terbaiknya adalah Jalan Parangtritis. Sebagai informasi, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 25 menit.

or cancel