Cari Tempat Wisata


Pantai Timang di Gunung Kidul : Tantangan Ekstrim Menaiki Kereta Gantung di Yogyakarta

Pantai Timang di Gunung Kidul : Tantangan Ekstrim Menaiki Kereta Gantung di Yogyakarta
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Pantai Timang, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Jogja
Views : 705

Bagi yang pernah berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul mungkin sudah pernah mendengar tentang Pantai Timang. Tempat wisata yang indah ini belakangan ini juga dikenal di kalangan orang asing. Apa alasannya? Kru Running Man Korea pernah datang ke tempat ini bersama dua komedian ternama mereka (Kwang Soo dan So Min). Lokasinya berada di dataran tinggi, jadi butuh usaha keras untuk sampai kesana. Juga, rutenya menantang dan tidak rata. Bahkan wisatawan perlu menggunakan jasa jeep untuk bisa sampai ke lokasi. Sebagai informasi, pantai ini berada di Desa Purwodadi dan termasuk dalam Kecamatan Tepus.

Berbeda dengan pantai biasa dengan garis pantainya yang berpasir, Pantai Timang tidak memiliki pantai. Sebaliknya, wisatawan dapat menemukan terumbu karang dan tebing besar di kawasan itu. Ditambah lagi, ombaknya terlihat ganas dan besar! Fitur yang paling mencolok mungkin adalah adanya kereta gantung yang menghubungkan ke Pulau Timang. Kapasitasnya hanya satu orang, jadi setiap orang harus mengantri untuk mencapai pulau itu. Sebetulnya penduduk setempat telah memanfaatkannya untuk berburu lobster dan makhluk laut lainnya di pulau itu. Namun belakangan, kereta gantung juga menarik wisatawan!

Aktivitas

Memang benar banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Timang. Aktivitas utama pasti naik kereta gantung. Satu hal, setiap orang harus membayar biaya terlebih dahulu sebelum mengendarainya. Sebagai alternatif, mereka cukup berdiri di atas tebing dan menyaksikan pemandangan laut yang megah dari atas. Ombaknya terlihat bagus dan angin terasa sangat kencang di atas sana. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, dalam hal ini, disarankan untuk membawa kamera dan melakukan fotografi.

Faktanya, Pantai Timang terdiri dari dua wilayah. Yang pertama terletak di timur, menampilkan garis pantai berpasir putih. Ini tidak terlalu populer. Daerah lain terletak di sebelah barat dan dilengkapi dengan tebing tinggi. Nuansa dan panoramanya lebih baik di sini. Tak heran, spot ini memikat lebih banyak turis dibanding yang lain. Belum lagi kereta gantung terletak di sini. Jadi, setiap orang harus membawa cukup uang tunai untuk membayar layanan tersebut. Angin cukup kencang dan gondola tidak terlihat canggih. Hanya yang berani yang akan mencoba menyeberangi laut dengan itu.

Panjang jalur kereta gantung ini sekitar 100 meter. Itu menghubungkan ke Pulau Timang di mana lebih banyak daya tarik berada! Jadi, setiap orang tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengendarainya nanti. Setelah menikmati berbagai aktivitas, wisatawan bisa langsung menuju restoran lokal dan membeli lobster! Rasanya enak dan harganya lebih murah dari tempat lain!

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Sangat mudah untuk sampai ke Pantai Timang. Destinasi pertama adalah Kota Yogyakarta dan bisa dilakukan dengan cepat menggunakan pesawat terbang. Dari Kota Jakarta dalam hal ini, penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta menuju Bandara Adisucipto memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Dari bandara tujuan selanjutnya adalah Kabupaten Gunung Kidul dan wisatawan dapat melalui Jalan Nasional III. Sebagai informasi, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1 jam 9 menit, dengan jarak tempuh 44,8 km. Selanjutnya, mereka harus mengambil Jalan Pantai Selatan Jawa dan menuju ke Pantai Timang di Desa Purwodadi. Jaraknya 25,6 km, jadi waktu tempuh sekitar 58 menit.

or cancel