Jangan Asal, Berikut 5 Kriteria HP Gaming yang Wajib Dimiliki

Apa yang dimaksud HP gaming? HP gaming adalah ponsel yang didesain khusus untuk permainan game online. Bukan game online biasa, tetapi jenis-jenis permainan yang membutuhkan spesifikasi mumpuni dari sebuah HP.

Ada banyak model dan spesifikasi di pasaran yang kadang-kadang membuat bingung. Namun, jika Anda berniat menjadi pro gamer tidak ada salahnya membeli HP gaming seperti Vivo S1 yang sangat handal karena fitur dual engine yang dimiliki.

Penasaran dengan kriteria HP gaming yang wajib Anda miliki? Simak pembahasannya di bawah ini supaya tidak salah pilih.

1. Chipset Ngebut Anti Lelet

Kriteria pertama yang harus Anda perhatikan saat akan membeli HP gaming adalah chipset atau dapur pacunya. Sebenarnya, setiap chipset memiliki dua prosesor utama. Prosesor sendiri adalah otak dari ponsel Anda.

Prosesor yang pertama adalah Central Processing Unit atau CPU. Sedangkan processor kedua adalah GPU atau Graphic Processing Unit. CPU sendiri mengatur performa sebuah ponsel dan aneka tugas yang dapat diproses dalam waktu bersamaan, sedangkan GPU menyediakan data dalam bentuk grafik di layar.

Beberapa prosesor yang digunakan untuk HP gaming biasanya jebolan dari Qualcomm, contohnya seri Snapdragon. Nah, untuk HP gaming, akan lebih baik jika Anda memilih menggunakan chipset Snapdragon seri 8 ke atas.

Hal ini dikarenakan chipset Snapdragon seri 8 keatas memiliki kemampuan menjalankan game yang berat dan menampilkan grafik dengan kualitas super HD. Jangan sampai salah pilih ya!

2. Layar Besar dan Visual Tajam

Bermain game online artinya Anda akan secara terus menerus memandang layar HP. Bukan dalam waktu yang singkat, bisa jadi malah sampai berjam-jam. Oleh karena itu, Anda membutuhkan layar yang lebar supaya mata tidak cepat lelah.

Pilihlah layar ponsel yang setidaknya berukuran 5,5 inci dan memiliki resolusi full HD. Agar tampilan layar lebih jernih, tidak ada salahnya Anda memilih ponsel dengan tampilan Quad HD. Perbedaan Keduanya terletak pada jumlah pixel yang ditampilkan.

Sebagaimana kita ketahui, layar Full HD memiliki resolusi 1.080 pixel. Adapun Quad HD, resolusinya bisa mencapai 1.440 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel, maka semakin jernih juga gambar yang ditampilkan.

Selain ukuran dan resolusi layar, Anda juga harus memastikan jenis layar yang dipakai. Pilihlah jenis layar AMOLED untuk mendapatkan kualitas grafik yang sempurna. Teknologi layar AMOLED selain membuat layar terlihat lebih jernih juga membuat Anda hemat baterai lho.

3. Refresh Rate Tinggi

Tampilan layar di HP itu sebenarnya tidak statis, justru cenderung patah-patah. Gerakan patah-patah pada layar HP ini tergantung pada kecepatan pembaharuan pixel secara terus menerus. Kecepatan pembaharuan pixel inilah yang disebut disebut refresh rate.

Vendor ponsel dan laptop seringkali menyingkat refresh rate dengan simbol Hz. Bisa kita simpulkan bahwa refresh rate adalah berapa kali per detik layar ponsel Anda dapat membuat gambar baru.

Kemampuan refresh rate dengan angka yang besar biasanya diperuntukan bagi HP dan laptop gaming. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kenyamanan saat bermain game dengan grafis tinggi.  Semakin besar refresh rate yang dihasilkan tentunya akan semakin baik karena gambar yang ditampilkan juga semakin halus dan tajam.

Refresh rate pada ponsel umumnya ada di kisaran 90 Hz hingga 120 Hz. Namun, saat ini banyak juga HP gaming yang menawarkan refresh rate hingga 144 HZ. Pastikan Anda untuk memilih HP gaming yang setidaknya menawarkan refresh rate di angka 120 Hz.

4. Baterai Berkapasitas Besar

Memainkan game dalam waktu lama secara online mau tidak mau juga menguji performa baterai. Hal ini dikarenakan game dengan grafis tinggi dan koneksi internet secara terus menerus dapat menguras baterai dengan cepat.

Tak hanya grafis tinggi yang menguras baterai, layar resolusi tinggi dan prosesor dengan kecepatan tinggi juga membutuhkan daya baterai yang lebih. Maka dari itu akan sangat baik sekali apabila memilih baterai dengan kapasitas besar.

Belilah HP gaming yang sudah menggunakan baterai dengan kapasitas besar. Gunakan baterai dengan daya minimal 4.000 mAh atau lebih. Walaupun baterai besar seringkali lebih tebal dan mempengaruhi ketebalan perangkat HP, namun Anda tidak akan direpotkan dengan aneka notifikasi baterai lemah.

Dalam permainan game, menang adalah salah satu tujuan saat bermain secara online. Adanya dukungan baterai berkapasitas besar menjadi syarat untuk menjadi pemenang karena Anda bisa memainkan game dengan lebih lama.

5. Fitur Fast Charging

Fitur lain yang harus ada dalam HP gaming adalah pengisian cepat atau fast charging. Fitur ini penting karena kalah menangnya Anda dalam permainan ditentukan oleh seberapa lama dan seberapa cepat Anda ada di dalam permainan tersebut.

Fitur fast charging biasanya dapat membuat HP Anda kembali penuh menjadi 100% dalam tempo waktu 1 jam. Bahkan ada juga yang HP gaming yang menawarkan fitur fast charging dalam waktu 35 menit saja.

Sebenarnya pengisian cepat ini bergantung pada berapa banyak daya yang bisa masuk ke HP Anda dalam waktu tertentu. Kurun waktu 1 jam lumayan cukup kok untuk menambah daya baterai, mengistirahatkan HP, serta membuat jeda supaya Anda bisa segar kembali sebelum melanjutkan permainan secara online.

Buat Anda yang sedang cari HP gaming murah dengan seluruh kriteria di atas? Coba Vivo S1 saja! Sekarang sudah turun harga dan bisa Anda beli dengan mudah lewat Blibli lho.

Nah, itu dia beberapa kriteria dalam memilih HP gaming yang berkualitas. Semoga bermanfaat dan menghindari salah beli HP.  Selamat berburu HP gaming baru!


Favorit