6 Masakan Halal Khas Lombok yang Lezat

Menghabiskan waktu di Lombok, Anda dapat berada di pantai putih yang menakjubkan dengan perairan biru kehijauan, berpindah dari Gili Trawangan ke Gili Meno dan Gili Air atau naiki Gunung Rinjani yang megah hanyalah beberapa alasan umum mengapa Anda harus berkunjung ke Nusa Tenggara Barat. Tapi untuk rasa sejati budaya Lombok, cara terbaik adalah dengan makan seperti yang dilakukan penduduk setempat dan menjelajahi masakan lokal yang lezat. Hati budaya Lombok ada dalam makanannya sementara untuk pengalaman yang benar-benar otentik, Anda harus mencoba beberapa hidangan lezat khas Lombok. Lombok dikenal sebagai tempat tujuan wisata terbaik di dunia, jadi inilah daftar 6 hidangan tradisional yang bisa Anda nikmati:

 

1. Ayam Taliwang

Daftar hidangan teratas adalah Ayam Taliwang, yang seharusnya menjadi salah satu dari menu pertama di perjalanan kuliner ke Lombok. Hidangan populer ini adalah ayam panggang bumbu pedas. Awalnya diperkenalkan oleh masyarakat Desa Karang Taliwang, telah menjadi ikon kuliner pulau Lombok. Ayam Taliwang dibuat dari ayam yang masih muda. Ini setengah matang di atas panggangan, lalu dipindahkan dan dicelupkan ke dalam rendaman minyak goreng dan saus pedas yang terbuat dari bawang putih, cabai dan pasta udang. Setelah direndam, kemudian dipanggang kembali sampai sempurna. Biasanya Ayam Taliwang disajikan bersama Plecing (bayam rebus dengan saus tomat segar) atau Sambal Beberuk.

Ayam Taliwang adalah hidangan khas Lombok dan dapat ditemukan di restoran manapun yang menyajikan masakan Lombok.

 

2.  Ayam Balap Puyuh

Hidangan ayam lainnya adalah Ayam Balap Puyuh, yang berasal dari Desa Puyung di Lombok tengah. Ini adalah kombinasi nasi polos dengan ayam goreng, sayuran, parutan kelapa goreng, ayam pedas yang diiris, kacang kedelai goreng dan pasta cabai. Hidangan lezat ini biasanya disajikan di atas daun pisang.

 

3. Sate Rembiga

Hidangan pedas dan manis ini adalah ciri khas kelezatan dari Lombok. Sate ini terdiri dari tusuk daging panggang pedas yang disajikan dengan nasi putih. Bahan yang digunakan membuat semua perbedaan rasanya. Dinamai dari kampung asalnya, Desa Rembiga di Selaparang, Sate Rembiga adalah hidangan sederhana namun enak.

 

4. Babalung

Hidangan yang biasanya disajikan di pesta dan perayaan. Dalam bahasa Sasak, Bebalung berarti tulang rusuk. Hidangan berbasis sop ini dibuat dari tulang rusuk sapi atau rusuk kambing yang biasanya dibumbui secara tradisional dan sering disajikan dengan nasi, cabai, dan satu irisan lemon.

 

5. Plecing – Salad Lombok

Sepiring Plecing terdiri dari bayam rebus dengan saus tomat segar dan setetes lemon. Saus tomat adalah campuran cabai, garam, pasta udang dan tomat. Penyajian lengkap Plecing biasanya terdiri dari sayuran tambahan seperti taoge, kelapa parut yang digoreng dan kacang goreng. Plecing biasanya disajikan sebagai lauk untuk Ayam Taliwang.

 

6. Beberuk

Beberuk adalah salad segar pedas sederhana yang terdiri dari sayuran mentah seperti kacang panjang, terong, dan mentimun yang pada bagian atasnya diisi saus tomat segar. Beberuk biasanya dianggap sebagai sambal atau bumbu dan karena itu kebanyakan disajikan sebagai lauk dengan hidangan utama lainnya.


Favorit