Favorit

10 Hal Menarik yang harus Dilakukan di Danau Toba dan Sekitarnya

Danau Toba merupakan salah satu tujuan wisata utama Sumatera Utara. Danau kawah yang besar, yang terbesar di dunia, dibentuk oleh letusan gunung berapi yang masif lebih dari 70.000 tahun yang lalu.

Ini akan sangat berharga! Dari bersantai dalam kesendirian atau dengan teman, menikmati alam yang belum terjamah, bertemu dengan orang Batak lokal yang ramah dan menikmati suasana santai, ada banyak hal yang harus dilakukan di sekitar Danau Toba agar Anda tetap terhibur. Kami telah memasukkan beberapa hal terbaik yang dapat dilakukan di Danau Toba. Mari kita lihat lebih dekat.

1. Bermain Kayak di Sekitar Danau

Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan di sekitar Danau Toba adalah bermain kayak. Di danau, Anda akan merasakannya dengan alam. Anda dapat dengan mudah menyewa Kayak dan pergi mendayung jauh di perairan danau yang jernih. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan vulkanik yang menyentuh. Kami merekomendasikan berhenti untuk piknik bergaya lama di tepi danau, bersama dengan orang yang dicintai mungkin. Ini adalah pengalaman menghidupkan kembali! Sebagai alternatif, Anda juga bisa pergi memancing menggunakan perahu nelayan tradisional. Tanya penduduk setempat tentang hal itu.

 

2. Menjelajahi Tuktuk Siadong

Jika Anda mengunjungi pulau Samosir, titik pemberhentian pertama Anda adalah kota Tuktuk Siadong. Feri dari Parapat berhenti di sini. Kota ini tenang namun damai. Ada banyak akomodasi, bar dan restoran menawan. Anda bisa tinggal di bungalow bergaya tradisional Batak dan hanya berkeliaran, bertemu dengan penduduk setempat yang ramah dan menikmati pemandangan danau, sebelum menetap untuk menjelajahi pulau lebih jauh.

Jika Anda mencari tempat tinggal di sekitar Tuktuk Siadong cobalah Laster Jony's dan Gokhon Guesthouse jika Anda memiliki anggaran terbatas. Horas Family Home adalah pilihan mid-range yang bagus. Ini mendasar tapi nyaman dan stafnya akomodatif. Toba Village Inn adalah hotel terbaik di Pulau Samosir.

 

3. Menjelajahi Beberapa Air Terjun yang Menakjubkan

Pulau Samosir adalah tempat bagi beberapa air terjun yang menakjubkan. Yang paling mengesankan adalah Air Terjun Sipiso-Piso setinggi 120 meter. Air terjun itu berada di tepi utara Danau Toba. Anda dapat mendaki air terjun untuk pemandangan menakjubkan di sekitarnya. Air terjun bagus lainnya untuk dicek adalah Air Terjun Binangalom yang mengalir ke danau. Ini adalah tempat yang bagus untuk berenang menyegarkan di hari yang panas dan salah satu hal terbaik untuk dilakukan di Danau Toba.

 

4. Mempelajari Budaya Batak

Daerah sekitar Danau Toba dihuni oleh orang Batak. Kelompok etnis ini memiliki musik, tarian dan makanan sendiri. Mengunjungi Danau Toba adalah kesempatan untuk belajar tentang budaya yang menarik. Anda bisa mengunjungi Museum Batak, terselip di sebuah rumah tradisional tempat raja Raja Sidauruk dulu tinggal sebelum meninggal dunia.

Museum sangat menarik karena memberi sedikit latar belakang tentang budaya Batak. Anda bisa melihat kostum tradisional, artefak dan Anda juga bisa menyaksikan tarian tradisional dari pertunjukan wayang Sigale Gale. Ini adalah cara yang bagus untuk menghabiskan beberapa jam jika Anda mencari hal-hal yang harus dilakukan di Danau Toba.

 

5. Bersantai di Sumber Air Panas

Terletak di kaki Pusuk Buhit, Anda akan menemukan beberapa sumber air panas alami.. Beberapa mata air telah disalurkan ke kolam renang kecil di mana Anda bisa berendam dan bersantai.

 

6. Menyewa dan Mengendarai Sepeda Motor

Cara terbaik untuk melihat Pulau Samosir, yang meliputi 1.707 km², adalah dengan sepeda motor. Sebagian besar hotel dan home stay menawarkan penyewaan sepeda motor. Rental sepeda motor akan dikenakan biaya sekitar Rp 50.000 per hari. Jika Anda mengiginkan yang lain, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk melihat sedikit lebih banyak di sekitarnya.

 

7. Membeli  Ulos di Desa Lumban Suhi-Suhi

Desa Suhi-Suhi yang menawan terkenal dengan pakaian tradisional Batak yang dikenal dengan Ulos. Kain indah ini merupakan buatan tangan. Mereka membuat souvenir yang bagus untuk orang-orang terkasih di rumah, atau hanya sesuatu untuk diri sendiri. Jika Anda tertarik dengan budaya lokal maka direkomendasikan  berkunjung ke Desa Suhi-Suhi karena ini adalah salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan di Danau Toba.

 

8. Mengunjungi Pengadilan Kuno Ambarita

Ambarita adalah sebuah desa kuno di pulau Samosir. Desa ini terkenal dengan 'batu kursi halaman' berusia 300 tahun. Di sinilah para tua-tua dan penguasa desa-desa sekitarnya memegang dewan atas nasib penjahat, yang sering dipenggal dan dilemparkan ke danau. Akhir yang mengerikan untuk perbuatan buruk. Ini adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda mencari hal-hal yang harus dilakukan di Danau Toba.

 

9. Merasakan Makanan di Tomok

Mie Gomak adalah hidangan mie kari tradisional dan sangat lezat. Di Danau Toba terdapat ikan pora-pora yang rasanya manis, jangan lewatkan menu ini pada saat makan di restoran. Orang-orang Batak pada umumnya sangat menikmati hidangan daging babi, jadi pastikan untuk mencoba daging babi bakar dengan rempah-rempah Andaliman.

 

10. Berjalan ke Atas Pusuk Buhit

Pusuk Buhit berada di ketinggian 1.972 meter di atas permukaan laut. Bukit ini dipuja dalam budaya Batak. Menurut legenda setempat, ini adalah tempat kelahiran Raja Batak yang menjadi asal suku Batak. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mendaki ke puncak Pusuk Buhit. Pemandangan menakjubkan 360 derajat pulau dan danau sekitarnya dari puncak Pusuk Buhit.