10 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Pulau Lombok yang Harus Dikunjungi

Bosan liburan di Bali? Mungkin kamu bisa menyebrang untuk merasakan keindahan ke pulau Lombok. Lombok adalah pulau yang berlokasi di timur pulau Bali. Keindahan alam serta tempat wisata di Lombok yang eksotis menawarkan karakter wisata yang unik dan berkesan. Wisata Lombok adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal. Reputasinya telah dikenal oleh dunia internasional, maka tidak salah jika Kementrian Pariwisata menetapkan Lombok sebagai salah 1 dari 10 destinasi wisata yang direkomendasikan di Indonesia.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagi penganut agama Hindu, Gunung Rinjani mempunyai nilai spiritual tersendiri karena dianggap merupakan tempat tinggal dari pada dewa.

Wisata favorit di Gunung Rinjani adalah pendakian. Gunung Rinjani dianggap sebagai gunung dengan perkampungan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati perkampungan yang tiada duanya. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Rinjani, kamu akan membutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang segala kebutuhanmu.

 

2. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong. Seperti pura-pura pada umumnya di Bali, untuk dapat memasuki Pura Batu Bolong, kamu harus menggunakan kain berwarna kuning di pinggang. Pura Batu Bolong mempunyai latar belakang pemkamungan Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga sangat indah sekali untuk berfoto-foto, terutama pada saat sunset time.

 

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Mempunyai garis pantai yang panjang, pantai ini akan memanjakan Kamu dengan keindahan pasir pantai dan air laut yang jernih. Karena merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang paling terkenal, Pantai Senggigi mempunyai fasilitas penunjang wisata seperti restoran, hotel, bar, sarana transportasi, penjual pulsa, dan lain-lain yang sangat lengkap.

 

4. Taman Narmanda

Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dulunya, taman ini digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara, sekarang taman ini telah beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata. Hal unik dari Taman Narmada yaitu, desain taman ini merupakan replika mini dari Gunung Rinjani, selain itu terdapat juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Kamu awet muda bila Kamu membasuh muka dan meminum air tersebut.

 

5. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam. Berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai sekarang masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut.

Biasanya apabila Kamu mengambil paket mendaki Gunung Rinjani bersama dengan biro perjalanan, Kamu juga akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau. Kegiatan utama di danau ini adalah memancing, oleh karena itu jangan lupa membawa alat pancing Kamu. Untuk dapat mencapai lokasi Danau Segara Anak, Kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor, melelahkan namun tidak akan mengecewakan.

 

6. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk merupakan bagian dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Hutan Monyet Pusuk terletak di puncak Gunung Rinjani dan merupakan habitat dari ratusan monyet. Dalam perjalanan di sekitar Hutan Monyet Pusuk, berhati-hatilah bila berkendara, karena sering kali monyet-monyet ini bermain di tengah jalan. Hutan Monyet Pusuk biasanya menjadi tempat istirahat sekaligus tempat wisata bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile. Bila Kamu membawa makanan, monyet-monyet ini akan berusaha mengambilnya dari Kamu, jangan melawan monyet-monyet ini karena mereka bisa saja marah.

 

7. Air Terjun Sindang Gile

Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 KM atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat kamu awet muda bila Kamu gunakan untuk mandi atau membasuh muka. Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Kamu harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.

 

8. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta tidak hanya ada di Bali, melainkan juga ada di Lombok. Berada di Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram, Lombok, Pantai Kuta Lombok mempunyai pasir yang sehalus merica, oleh karena itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia karena masih jarang dijamah oleh gangguan manusia. Wisata utama di pantai ini adalah selancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, berkuda, dan lain-lain.

 

9. Pantai Sire

Pantai Sire yang ada di Lombok Utara berjarak kurang lebih 35 KM dari kota Mataram. Pantai Sire adalah tempat wisata di Lombok yang layak dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Bila cuaca sedang cerah, Kamu dapat melihat Gunung Rinjani dari pantai ini. Dengan garis pantai hampir 4 KM, Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing. Bila Kamu tidak membawa peralatan wisata untuk kegiatan tersebut, tidak perlu kuatir karena di pinggir Pantai Sire banyak terdapat penyewaan alat-alat penunjang wisata.

 

10. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari kelompok pulau tiga gili. Gili Trawangan juga merupakan pulau yang paling ramai dikunjungi di antara 3 pulau gili yang ada. Pulau ini mulai terkenal sejak tahun 1980 pada saat sekelompok backpacker menemukan pulau indah ini. Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor, sehingga untuk dapat menjelajah pulau ini, kamu dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan di pulau ini. Kegiatan wisata yang paling favorit di Gili Trawangan adalah wisata menyelam, snorkeling, selancar, dan yoga.


Favorit