Favorit

7 Hal Menarik dan Menyenangkan yang dapat Dilakukan Traveller di Kepulauan Togean

Kepulauan Togean hampir tidak pernah disebutkan dalam buku panduan manapun. Ya, butuh banyak waktu dan usaha untuk sampai kesana, tapi perjalanan akan sangat bernilai untuk sampai ke Kepulauan Togean. Dikelilingi oleh terumbu karang, dengan pantai berpasir putih yang indah, perairan pirus dan pohon palem, Pulau Togean adalah sepotong kecil surga (dan harganya murah). Untuk membantu Anda memaksimalkan masa tinggal Anda.

1. Berenang di Danau Mariona dengan Ubur-ubur yang tidak Menyengat

Danau Mariona adalah salah satu tempat yang menarik dari Kepulauan Togean. Ribuan tahun yang lalu danau itu tertutup dari laut oleh perubahan geologi yang mendadak. Puncaknya adalah Ubur-ubur  yang tidak menyengat – berwarna pink, biru dan putih hantu. Ini adalah salah satu tempat paling lucu untuk snorkeling dan tempat yang fantastis untuk mengambil foto jika Anda memiliki perlengkapan foto bawah air.

2.  Mengunjungi Desa Orang Bajau

Kepulauan Togean berpenduduk sekitar 25.000 orang. Sebagian besar tinggal di desa-desa di tiga pulau terbesar di Batudaka, Togian, dan Talatakoh. Orang Bajau atau orang Bajo, yang sering disebut pelaut yang berpindah-pindah, secara tradisional tinggal di desa-desa yang dibangun di atas terumbu karang. Mereka adalah nelayan tradisional. Mereka mendapatkan uang dari penjualan teripang, sirip ikan hiu dan beberapa ikan eksotis lainnya ke orang Cina yang menggunakannya dalam pengobatan tradisional.

Beberapa desa dibangun di atas panggung indah dan ada baiknya dikunjungi jika Anda mencari hal-hal yang harus dilakukan di Kepulauan Togean. Yang paling menarik di sana adalah anak-anak. Anak-anak Bajau belajar berenang di usia muda. Mereka bisa dengan mudah menyelam hingga 12 meter tanpa perlengkapan khusus. Semua orang sangat ramah dan anak-anak akan mengikuti Anda di sekitar desa dan berpose untuk mengambil gambar.

3. Diving

Anda perlu menambahkan menyelam atau diving ke daftar 'aktivitas' Anda. Kepulauan Togean berada di jantung segitiga karang (daerah dengan beberapa keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia). Ada banyak terumbu karang yang menakjubkan, bangkai kapal perang tua pada masa perang dunia II dan lebih tersebar di seluruh nusantara tempat Anda bisa menyelam atau snorkeling. Jika Anda mencari operator menyelam terpercaya, disarankan untuk menggunakan Black Merlin Diving Resort di Kadidiri.

4. Menghabiskan Malam di Pulau yang Sepi

Jika Anda mencari hal-hal untuk dilakukan di Kepulauan Togean maka sangat disarankan menghabiskan malam di sebuah pulau sepi. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang luar biasa! Salah satu pengalaman terbaik yang Anda akan alami dalam hidup Anda adalah berenang di malam hari di laut yang hangat dikelilingi oleh plankton berkilauan yang di sekitar Anda saat bergerak. Untuk bisa melakukan aktivitas ini, cukup muda. Anda dapat meminta seseorang membawa perahu ke sebuah pulau (ada banyak di antaranya) dan mintalah mereka untuk membawa Anda kembali keesokan harinya.

5. Mendaki Gunung Una Una

Mendaki Gunung Una Una adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan satu hari di Kepulauan Togean. Gunung berapi yang agak rendah, berdiri di 500 meter di atas permukaan laut dengan kaldera seluas 2 km. Mendaki sampai ke kawah akan memakan waktu 2 + jam dan ada dua rute naik. Pemandangan dari atas sangat indah dan bernilai. Dierekomendasikan mengambil panduan yang bisa menuntun Anda dengan selamat. Hal yang perlu diperhatika kalau jalan menjadi sangat licin setelah hujan.

6. Menikmati Sore yang Indah di Pantai Karina

Pantai Karina adalah tempat yang indah untuk menghabiskan sore. Pantainya sangat luas, dengan kelopak pasir putih yang sempurna dan sepi, berarti ada kemungkinan Anda memiliki semuanya untuk diri sendiri. Anda bisa menghabiskan hari Anda dengan bersantai  duduk di pasir dan membaca buku, snorkeling di sekitar terumbu karang atau mencoba memanjat pohon kelapa. Pastikan memasukan kunjungan ke Pantai Karina pada daftar hal yang harus dilakukan di Kepulauan Togean.

7. Menelusuri Air Terjun di Wakai

Permukiman terbesar di Kepulauan Togean adalah pelabuhan nelayan kecil Wakai. Feri berangkat dari sini ke pulau Kadidiri. Beberapa kilometer pedalaman dari kota ada air terjun kecil. Ini adalah tempat yang bagus untuk mendaki jika Anda mencari hal yang harus dilakukan di sore hari. Jangan khawatir tersesat, penduduk setempat akan dengan senang hati mengarahkan Anda ke air terjun.