7 Tempat Menakjubkan yang Harus Anda Kunjungi di BANJARMASIN

Banjarmasin bukan hanya kota sungai. Terletak di sebuah pulau delta di dekat persimpangan sungai Barito dan Martapura yang luas, ibukota Kalimantan Selatan ini menawarkan lebih dari sekadar pasar terapung ikonik. Berkunjung untuk bisnis atau liburan, ini adalah 7 tempat menakjubkan yang perlu Anda kunjungi saat berada di Banjarmasin.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Inilah salah satu yang menjadi sorotan dan tujuan terpopuler di Banjarmasin. Terletak di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, pasar terapung ini didirikan di era Kesultanan Banjar. Di samping tepi Sungai Martapura, Anda bisa melihat sebuah konvoi kapal berwarna-warni mengambang, di mana sebagian besar pedagang, yang kebanyakan wanita, mengenakan penutup kepala tradisional, disebut tanggui, - melengkapi semua barang dari bahan makanan, peralatan rumah tangga, Makanan panas hingga aroma kopi panas di pagi hari.

Menuju Lokasi

  • Perjalanan ke Sungai Martapura denganPerahu Kelotok sekitar 30 menit dari pelabuhan
  • Sekitar 60 menit berkendara dari kota menggunakan mobil

 

2. Masjid Sultan Suriansyah

Terletak di tepi Sungai Kuin, Masjid Sultan Suriansyah merupakan tujuan populer bagi mereka yang tertarik dengan perjalanan religius. Ini adalah masjid tertua di Kalimantan Selatan, yang dibangun sekitar 300 tahun yang lalu, pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang masuk Islam. Dipengaruhi oleh arsitektur pra-Islam Banjar, atap masjid yang berlapis sangat unik dan membedakannya dari masjid lain di Banjarmasin.

Alamat: Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Sel. 70127

 

3. Museum Wasaka

Bagi para penggemar sejarah terutama mereka yang memperjuangkan kemerdekaan melawan Kolonialisme Belanda di Kalimantan Selatan, kunjungi Museum Wasaka. Terletak di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Museum Wasaka, yang namanya berasal dari moto perang Banjar, WajaSampaikaPuting, berarti pertarungan (dalam perang melawan Belanda) tidak akan berakhir sampai tetes darah terakhir Banjar . Di museum ini, Anda bisa menemukan koleksi senjata tradisional, peralatan dasar yang digunakan selama perang, serta lukisan yang menangkap aksi heroik selama perang.

Alamat: Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122

 

4. Menara Pandang di Sungai Martapura

Salah satu penambahan terbaru untuk tujuan wisata di Banjarmasin, adalah bangunan setinggi 21 meter sebanyak empat lantai menara pandang yang berada di jantung kota Banjarmasin. Dari puncak dek, Anda bisa melihat Sungai Martapura mengalir mengelilingi kota, serta patung monyet Bekantan yang besar. Ini adalah karya yang dirancang dengan baik, di mana keamanan selalu menjadi prioritas utama, termasuk untuk anak-anak dan keluarga.

Alamat: Jalan KaptenTendean No. 07, RT. 16 / RW. 02, Gadang, Banjarmasin Tengah, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Sel. 70123

 

5. Kampung Sasirangan

Mencari souvenir tradisional untuk dibawa pulang? Kampung Sasirangan jelas merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Sasirangan adalah kain tradisional Kalimantan Selatan yang diwarnai dengan teknik pewarnaan yang unik. Kisaran harga untuk kain itu sendiri sangat terjangkau, sekitar Rp 85.000 sampai Rp 250.000 per meter. Dengan tujuan menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata, pemerintah daerah saat ini sedang merevitalisasi kawasan tersebut. Dengan melukis rumah di kampung tersebut dengan warna-warna yang cerah, area ini kini telah menjadi sangat fotogenik dan cocok untuk semua yang ingin mengabadikan keindahannya dan mempostingnya di akun Instagram Anda.

Alamat: Jl. Seberang Mesjid Rt.06, Banjarmasin, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Sel Provinsi Kalimantan. 70231

 

6. Taman Wisata Agro PKK Banjar Bungas

Tidak hanya melestarikan pohon lokal dan tanaman lainnya, Taman Wisata Agro PKK Banjar Bungas adalah tempat yang tepat untuk menuju edu-tourism keluarga. Meliputi area seluas 1,5 hektar, disini Anda dapat dengan mudah menemukan beragam flora dan fauna, yang sebagian besar endemik yang hanya bisa ditemukan di Kalimantan Selatan. Di sini juga terdapat anggrek langka dan ikon Bekantan.


Favorit