Aktivitas Favorit dalam Menjelajahi dan Menikmati Keindahan Aceh

Indonesia bangga memiliki Aceh sebagai provinsi paling barat. Aceh dikenal sebagai Serambi Mekkah karena dikatakan sebagai pintu gerbang pertama bagi Islam di nusantara. Pengaruh Islam tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya, serta arsitekturnya. Selain itu, Aceh diberkati dengan pesona alam, tarian memukau, dan makanan lezat.

Oleh karena itu, Aceh adalah tempat yang mungkin ingin Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan Anda! Ini adalah hal-hal yang dapat Anda jelajahi di Serambi Mekkah:

1. Berlama-lama di Pantai Gapang yang Indah

Pantai Gapang tidak pernah gagal menarik wisatawan lokal dan asing dengan pasir putih dan air sebening kristal. Pantai ini terletak 10 kilometer jauhnya dari jantung kota Sabang, Aceh. Tepatnya terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Kecamatan Sukakarya. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menapaki jalur di sepanjang hutan lebat. Sepanjang jalan, Anda dapat menemukan banyak monyet berekor panjang.

Di pantai Gapang, Anda bisa bersantai atau snorkeling dan diving karena ini telah menjadi salah satu tempat favorit di Aceh untuk olahraga air seperti ini. Ada operator penyelaman yang menyediakan peralatan, program pelatihan, dan panduan menyelam seperti Monster Divers dan Dolphin Lumba Diving Center. Untuk informasi Anda, Pantai Gapang dibuka setiap hari tetapi pada hari Jumat pukul 2 siang, untuk menghormati umat Islam yang melakukan sholat Jumat.

2. Mempelajari sedikit Tari Saman

Tari Saman semakin populer di komunitas global. Ini juga telah diakui sebagai warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Tapi, tahukah Anda bahwa seni pertunjukan ini berasal dari Kabupaten Gayo Lues, Aceh?

Di Gayo Lues, Tari Saman telah berakar di masyarakat. Biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting suku Gayo. Tarian ini menggunakan puisi sebagai lagu dengan hanya dua elemen gerak: menyentuh tangan dan dada. Kapanpun Anda tertarik untuk belajar tarian, Gayo Lues adalah tempat yang harus Anda kunjungi!

3. Mencicip Mi Aceh

Mi Aceh adalah hidangan mie yang disajikan dengan acar bawang, emping, dan irisan ketimun. Biasanya juga dilengkapi hidangan tambahan, seperti udang, cumi, atau daging sapi. Mi Aceh biasanya dimasak dengan tiga cara: digoreng, tumis, dan direbus.

Kapanpun Anda pergi ke Aceh, Anda harus mampir ke Banda Aceh dan mengunjungi Mie Razali di Jalan Panglima Polem No. 83-85, Peunayong, Kuta Alam. Restoran ini dikatakan sebagai legendaris karena telah beroperasi sejak 50 tahun yang lalu. Resep rahasia ini bisa dibilang yang paling lezat. Anda dapat memesan mie dengan isian yang disukai, seperti makanan laut atau daging sapi. Anda juga dapat meminta tambahan saus atau bahkan tanpa itu! Bahkan jika Anda ingin merasakan mie dengan saus atau tanpa saus.

4. Bersantai di Pantai Iboih Sabang

Pantai Iboih pastilah tempat yang tepat bagi Anda penggemar laut. Pantai indah ini terletak di ujung utara Pulau Weh, Sabang. Di sini, Anda dapat menikmati suasana tenang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Iboih menawarkan 'akuarium raksasa' dengan karang warna-warni di bawah laut - belum lagi bahwa masakan seafood lokalnya adalah salah satu kelezatan segar di Aceh.

Ada banyak cara untuk menikmati liburan Anda di Pantai Iboih. Di antaranya adalah snorkeling karena Pantai Iboih tidak hanya memukau dari permukaan tetapi juga memiliki pemandangan bawah laut yang cantik. Anda juga bisa naik ke perahu dan pergi menyelam di perairan pulau terdekat, Pulau Rubiah.

5. Menyesap Kopi Terkenal Aceh

Liburan ke Aceh tidak lengkap tanpa tur kopi. Kopi telah mengakar dalam budaya Aceh. Sebagai salah satu produsen kopi terkemuka di Indonesia, Aceh sangat populer dengan kopi Gayo-nya. Kopi Gayo sebenarnya dapat ditemukan di kedai kopi Aceh, tetapi untuk pengalaman mencicipi kopi terbaik, Anda harus pergi ke Takengon.

Di Takengon, perkebunan kopi Gayo telah dikembangkan selama ratusan tahun. Dikatakan bahwa produksi kopi dari daerah ini adalah yang terbesar di Asia dan telah menjadi salah satu kopi arabika terbaik di dunia. Jika Anda pergi ke Takengon, Anda akan melihat biji kopi kering di sepanjang jalan dan bahkan di halaman depan setiap rumah.


Favorit