Kerja ala Millennial yang Bikin Kamu Bisa Liburan ke Mana Saja

Dunia berputar semakin cepat. Kalau dulu kamu harus menunggu kabar lewat surat dan memakan waktu hingga hitungan hari, bahkan minggu, kini hanya dengan berkirim pesan lewat WhatsApp atau aplikasi messenger lainnya, pesan itu akan terbaca dalam beberapa detik saja. Mau tahu jadwal kereta Surabaya Malang, tinggal klik saja!

Ajaib? Nggak juga. Teknologi memungkinkan hal-hal yang mustahil di masa lalu  menjadi sesuatu yang wajar dilakukan di hari ini. Nah, cara ini dimanfaatkan oleh generasi millennial untuk mendapatkan karir yang membahagiakan, kerja sambil liburan. Siapa yang nggak mau punya kerjaan seperti itu?

Generasi milenial di daerah pun tidak ketinggalan ikut memikirkan bagaimana cara bekerja sambil liburan. Dari kota Malang atau Surabaya misalnya, kota-kota ini memiliki suasana yang tenang namun generasinya ingin tantangan. Merantau saat ada pekerjaan berlibur ke kota lain, mendarat dengan pesawat di Surabaya lalu melanjutkan perjalanan pulang dengan kereta api. Jenis pekerjaan yang memungkinkan kamu bisa traveling sambil cari uang seperti ini ada kok, apa saja?

Fotografer Liburan

sumber:@andre-furtado

Pada intinya, fotografer liburan ini adalah menjadi juru foto pribadi untuk orang, atau keluarga. Jadi jasamu disewa untuk terus membidikkan kamera, menangkap momen-momen bahagia dari orang yang memanfaatkan jasamu. Biasanya, biaya akomodasi fotografer ditanggung oleh pihak penyewa.

Hanya saja, waktu traveling juga agak terbatas karena kamu harus tetap fokus dengan pekerjaanmu. Tenang, seperti jadwal kereta Surabaya Malang yang tersedia sepanjang hari, kamu bisa memanfaatkan kereta api di kota-kota besar di pulau Jawa yang jadwalnya juga fleksibel. Jadi masih bisa mencuri waktu untuk nongkrong atau bersantai sebelum kembali pulang.

Travel Blogger dan Vlogger

sumber:@olly

Traveling adalah tema yang saat ini sangat diminati di dunia blogging, baik lewat video mau pun tulisan. Menariknya lagi, nge-blog jaman sekarang pun juga bisa menghasilkan uang, dan juga kebahagiaan. Selain pendapatan dari iklan yang terpasang di situs kamu, biasanya ada travel agent yang memanfaatkan ketenaranmu untuk menarik lebih banyak konsumen.

Beragam ide untuk nge-blog dan nge-vlog kini lebih mudah didapatkan. Tinggal cari jadwal kereta ke kota tujuan yang akan kamu tulis/liput. Kamu juga punya waktu untuk menambah ide tulisan atau sekedar mengedit video selama perjalanan sebelum di upload ke Youtube.

Hotel Reviewer

sumber:@pixabay

Cuma menyampaikan kesan-kesan apa saja yang kamu alami saat menginap di sebuah hotel bisa bikin kamu keliling dunia, lho. Profesi tersebut bernama Hotel Reviewer,di mana kamu mengulas tentang berbagai hal selama menginap di hotel tersebut. Bila popularitasmu cukup bagus, bersiaplah mendapatkan undangan dari seluruh dunia, yang mengajakmu untuk menginap di hotel-hotel terbaik yang menanti ulasanmu.

Influencer

sumber:@erik_lucatero

Jumlah follower ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendulang uang. Kalau kamu cukup populer di media sosial, dengan follower mencapai puluhan, atau bahkan ratusan ribu, sudah cukup bagimu untuk menarik minat dari perusahaan wisata agar berbagi informasi kepada pengikutmu di medsos.

Tour Guide

sumber:@rawpixel

 

Profesi pemandu wisata saat ini nggak lagi identik dengan bapak-bapak berkemeja. Sekarang makin banyak anak muda yang terjun di karir ini. Biasanya mereka adalah seorang traveler, yang menawarkan diri untuk menjadi pemandu untuk tempat-tempat wisata yang pernah dia kunjungi. Nggak heran kalau orang dengan profesi ini sering bolak-balik ke luar negeri untuk menemani kliennya berwisata.

Lima profesi di atas menjadi bukti bahwa jalan-jalan pun bisa mendatangkan duit buat kamu. Seperti pekerjaan biasa, lima karier di atas juga butuh komitmen dan usaha agar jalan terus. Jadi, pastikan kamu tetap ‘bekerja keras’ agar hobi dan pekerjaan bisa terus jalan beriringan.

 

 


Favorit