Sekilas tentang Pulau Kalimantan: Keindahan Borneo yang Eksotis

Menempati tiga per empat di Kalimantan, pulau terbesar ketiga di dunia, Kalimantan menyajikan petualangan hebat ke dalam hutannya yang luas dan legendaris, kelimpahan satwa liar yang menakjubkan, pemandangan alam yang masih alami, budaya tradisional yang dipelihara dengan baik, dan pengalaman yang jauh lebih menakjubkan.

Kalimantan diisi dengan beragam keindahan dan keunikan yang tidak terhitung jumlahnya. Dari orangutan yang eksotis jauh di dalam hutan lebat, desa-desa Dayak misterius yang mempertahankan tradisi dan cara hidup kuno, hingga sensasi berperahu murni di sepanjang sungai. Tidak hanya di pedalaman, kemegahan Kalimantan juga berada di luar lautannya yang dipenuhi dengan mahluk menakjubkan yang tak terhitung jumlahnya, cocok untuk mereka yang suka menyelam, snorkeling, dan fotografi bawah laut.

Jadi, apakah itu untuk perjalanan petualangan lintas Kalimantan, bertemu dengan makhluk liar yang menakjubkan, atau menyaksikan kehidupan tradisional orang Dayak, Kalimantan pasti akan menawarkan pengalaman hebat. Berikut adalah sekilas beberapa hal yang dapat Anda peroleh di Kalimantan:

Orangutan dan Penguasa Hutan Hujan Lainnya

Tanpa diragukan lagi, makhluk paling terkenal yang menjelajah hutan legendaris Kalimantan adalah Orangutan. Dianggap sebagai salah satu primata paling cerdas, hewan-hewan lembut ini menggunakan berbagai alat canggih dan telah dipelajari secara ekstensif untuk kemampuan belajar mereka. Berbeda dengan rekannya dari sumatera, Orangutan Borneo relatif lebih besar dan memiliki wajah yang lebih bulat, sementara yang jantan dewasa mengembangkan bulu mata lebar saat bertambah tua.

Selain orangutan, hutan lebat di Kalimantan juga merupakan rumah bagi banyak satwa liar lainnya yang menakjubkan seperti: Monyet hidung panjang (bekantan), Beruang Madu, Kera ekor panjang, Ikan Arwana, Burung Hornbill, dan banyak lagi.

Orangutan dan satwa liar menakjubkan di Borneo dapat ditemukan di banyak Taman Nasional dan Cagar Alam di Pulau ini. Di Kalimantan Tengah, ini termasuk: Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Sebangau, Suaka Margasatwa Sungai Lamandau, dan Pusat Orang Utan Nyaru Menteng. Di Kalimantan Barat, ada: Taman Nasional Gunung Palung, Taman Nasional Danau Centarum, dan Taman Nasional Betung Kerihun. Mereka juga dapat ditemukan di Taman Nasional Kutai di Kalimantan Timur dan Taman Nasional Kayan Mentarang di Kalimantan Utara.

 

Cara Hidup Tradisional Dayak yang Menarik

Penduduk asli yang mendiami hutan hujan tropis padat Borneo secara kolektif disebut orang Dayak, namun kenyataannya mereka terdiri dari banyak suku yang beragam budaya dan juga dalam bahasa. Meskipun banyak orang Dayak telah modern dan berubah menjadi Kristen dan Islam, namun mayoritas Masih mematuhi kepercayaan nenek moyang mereka sendiri. Ini adalah kelompok etnis yang telah lama terbungkus dalam mitos dan cerita seperti bahwa mereka adalah pemburu kepala dan pejuang yang hebat sementara para wanita begitu mempesona sehingga pria terpesona untuk tidak pernah meninggalkan mereka.

Terlepas dari semua mitos dan cerita, orang Dayak adalah kelompok etnis yang menarik yang masih mempertahankan tradisi dan cara hidup leluhur mereka, mengenakan kostum warna-warni, tinggal di rumah-rumah panjang tradisional, musik dan tarian mereka yang mempesona, serta upacara budaya yang menarik. Selain itu, Anda sebenarnya bisa mengungkap selubung misteri mereka dan merasakan sendiri bagaimana menjadi orang Dayak dengan tinggal di beberapa desa tradisional seperti di Taman Budaya Pampang di Kalimantan Timur, rumah panjang di tepi Sungai Kapuas, Loksado di Kalimantan Selatan dan banyak lagi.

 

Singkawang dan Perayaan Festive Cap Go Meh

Sementara Budaya Dayak mungkin menjadi ciri utama Kalimantan, orang tidak akan pernah bisa mengabaikan, sebuah kota kecil yang menakjubkan di Kalimantan Barat yang dijuluki sebagai Kota Seribu Klenteng Cina. Tidak seperti kota-kota lain di Indonesia, Singkawang memiliki atmosfir oriental yang berbeda dengan ratusan klenteng China yang ditemukan di hampir setiap sudut kota.

Biasanya kota Singkawang sepi dan menjadi hidup setiap Tahun Baru Imlek, mencapai klimaksnya di Cap Goh Meh, atau hari kelima belas Tahun Baru Imlek, menutup perayaan tersebut. Untuk acara ini, orang keturunan Cina dari seluruh wilayah, termasuk orang-orang dari Jawa dan Sumatra, tetapi juga dari Singapura dan Malaysia berduyun-duyun ke Singkawang untuk merayakan acara tersebut bersama keluarga dan teman-teman. Selama perayaan ini Tatung atau dukun China akan menampilkan kecakapan supranatural mereka kepada ribuan orang yang berkumpul di sepanjang jalan. Diberkahi dengan kekuatan supranatural, Tatungs ini menembus tubuh mereka dengan paku atau jarum besar dan benda tajam lainnya dan bahkan bisa menekuk pedang dengan dada dan perut mereka.

 

Keindahan Bawah Laut yang Menakjubkan di Kepulauan Derawan

Dengan keajaiban berlimpah yang tersebar di daratan, Anda mungkin berpikir bahwa sebidang tanah yang besar ini mungkin hanya menawarkan sedikit garis pantai yang luas. Sebenarnya Kalimantan memiliki beberapa tujuan menyelam terbaik di dunia.

Terletak di lepas pantai Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, kepulauan Derawan dianggap sebagai tujuan menyelam terbaik ketiga di dunia. Pulau-pulau yang terisolasi dan terpencil dengan pantai berpasir putih lembut diisi dengan pohon palem yang melambai-lambai, laut murni yang berubah warna dari hijau ke biru tua, dan kehidupan bawah laut yang melimpah seperti kura-kura, lumba-lumba, pari manta, dugong dan barracuda yang menakjubkan, kadang-kadang bisa muncul paus.  Derawan memang impian semua orang tentang surga tropis yang sempurna.

Terdiri dari 31 pulau, fitur yang paling menarik di sini adalah Pulau Kakaban dimana Anda bisa berenang dengan ribuan ubur-ubur yang unik, benar-benar langka dan dan tidak menyegat. Penyelaman lainnya adalah perairan sekitar Pulau Sangalaki yang dipenuhi oleh beberapa makhluk laut yang paling mempesona seperti Manta Alfredi (PariHantu), yang hanya ada di Derawan, Barracudas, ikan pari, cumi-cumi raksasa dan banyak lagi. Sementara perairan di sekitar Pulau Maratua adalah habitat sotong, lobster, gurita cincin biru, nudibranch, kuda laut kerdil, belut pita, ikan kalajengking, dan penghuni laut lainnya.

 

Petualangan  Lintas Kalimantan

Bagi mereka yang merindukan pengalaman jalan yang tidak biasa, Kalimantan menawarkan salah satu rute perjalanan petualangan terberat dan paling terkenal di dunia. Kalimantan Timur dan Barat dibagi oleh Pegunungan Mueller yang juga berfungsi sebagai daerah hulu untuk dua sungai terpanjang di Indonesia: Sungai Mahakam dan Sungai Kapuas. Dengan demikian, dengan menyusuri Sungai Mahakam, mendaki Pegunungan Mueller, dan menyusuri Sungai Kapuas, adalah melintasi Pulau terbesar ketiga di dunia dari satu sisi ke sisi lainnya, membentuk satu jalur lintas kalimantan.


Favorit