Top 9 Tempat Khusus untuk Menikmati Liburan di Pulau Belitung

Pulau Belitung telah menjadi tujuan wisata favorit bertema pulau favorit di antara wisatawan yang berada di tenggara pulau besar Pulau Sumatera. Dengan pantai murni yang indah, perairan biru dan struktur batu granit alami, sulit untuk tidak berlama-lama dengan keindahannya. Diketahui setelah suksesnya film box office Indonesia Laskar Pelangi, pulau ini kini bertekad untuk mencapai tujuannya untuk menjadi salah satu Geoparks terbaik di dunia. Geopark Global adalah kawasan yang ditunjuk UNESCO, yang berisi situs alami dengan kepentingan geologis tertentu dan dimaksudkan untuk dilestarikan karena warisannya. Pariwisata diharapkan bisa berperan sebagai pendorong untuk menyebarkan pengetahuan dan kesadaran akan keajaiban alam yang unik ini. Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk memulai liburan Anda yang luar biasa:

1. Tanjung Kelayang

Hamparan pantai berpasir putih yang menakjubkan ini dihiasi dengan batu-batu besar seolah-olah disebarkan oleh beberapa benda raksasa, merupakan ikon pulau Belitung, dan karena itulah, dijadikan salah satu tujuan utama Indonesia. Garis pantai  yang panjang dan perairannya yang tenang sangat cocok untuk berenang. Beberapa pulau terdekat sangat bagus untuk dijelajahi, cobalah keterampilan bermain kayak atau lakukan olahraga air lainnya. Nikmati masakan lokal dan minuman dingin sambil menikmati liburan Anda di sepanjang pantai yang indah ini. Tanjung Kelayang rencananya akan menjadi tujuan kapal pesiar.

 

2. Pulau Lengkuas

Ini adalah tujuan populer nomor satu Belitung. Di sini terdapat  sebuah tower yang menjulang dengan 313 tangga yang dibangun seabad yang lalu telah berusia anggun. Dari lantai atas, Anda dapat melihat perairan pirus dan batas pasir mutiara serta panorama yang menakjubkan ke bawah.

 

3. Batu Berlayar

Namanya berasal dari bentuk formasi batu karang yang menyerupai kapal layar. Ini adalah pulau kecil yang memiliki beberapa tempat terpencil dengan pantai kecil dan struktur granit yang besar. Untuk mencapai Batu Berlayar, Anda membutuhkan pembawa boat yang berpengalaman, untuk menavigasi di dasar laut dangkal dan berbatu di sekitar pulau.

 

4. Tanjung Tinggi

Pantai yang sepi dan tenang, sangat cocok untuk berenang. Beberapa hotel terletak di tepi pantai yang indah ini untuk melayani wisatawan, menawarkan pemandangan luar biasa tepat di luar jendela.

 

5. Pulau Burung

Struktur granit yang membubung tinggi dalam bentuk kepala burung memberi nama pulau itu menjadi Pulau Burung. Masih dibingkai dalam nuansa damai air laut yang jernih dan pasir putih, ini hanyalah foto cantik lain untuk album kenangan Anda.

 

6. Museum Kata

Setelah Laskar Pelangi sukses dalam novel dan film, Andrea Hirata membuka Museum Kata, salah satu museum yang penuh dengan kenangan akan kisahnya yang terkenal. Lahir di Gantong, novelis yang terkenal terus menginspirasi generasi muda untuk meraih impian mereka. Bangunan itu dibuat menarik dengan  warna yang hidup untuk mendorong pengunjung untuk membaca dan menulis melalui koleksi sastranya.

 

7. Monumen Satam

Monumen Satam adalah monumen ikonik di jantung Kota Tanjung Pandan, ibu kota kabupaten Belitung. Terletak di tengah bundaran lalu lintas kota yang indah ini. Satam artinya Hitam. Ini adalah sejenis batu hitam yang dianggap sakral dan dahsyat oleh penduduk setempat namun bisa dibeli dalam berbagai bentuk perhiasan dan kerajinan hias lainnya. Di sekitar monumen ini terdapat pertokoan dan restoran untuk melengkapi kesenangan berbelanja Anda.

 

8. Danau Kaolin

Ini adalah kaolin yang ditinggalkan atau tambang tanah liat putih yang telah berubah menjadi hotspot bagi pelancong dan fotografer. Air biru yang terang di atas dudukan batu kasar kasar hanyalah tempat fotogenik di tempat yang tak terduga. Masih dibatasi untuk masuk air karena alas an keamanan, tapi Anda pasti akan mendapatkanfoto  yang bagus.

 

9. Kopi Manggar

Bila di Belitung, jangan lewatkan sorotan kuliner ini. Manggar adalah kota kecil yang terkenal dengan budaya kopi, ditandai dengan Monumen Kopi 1001. Kopi Manggar adalah aromatik dan memiliki cita rasa khusus yang membuat Anda meminta lebih. Anda akan menemukan banyak toko-toko lokal di pinggir jalan dengan bangku kayu panjang dan beranda di sepanjang jalan. Makanan lokal yang sederhana juga tersedia untuk dicoba sambil bersantai dengan secangkir kopi Manggar beraroma harum dan terbaik.


Favorit