Favorit

Wisata Gunung Kidul : 7 Pantai Terbaik di Gunung Kidul

Bila orang dari Yogyakarta perlu istirahat, dari kota mereka tidak menuju ke tujuan wisata biasa seperti Borobudur, Prambanan atau Goa Jomblang. Sebagai gantinya mereka pergi ke wilayah pesisir Gunung Kidul. Bentangan garis pantai di Selatan Pulau Jawa ini hanya beberapa jam dari kota, memiliki puluhan pantai kecil dan jalan masuk tersembunyi. Ini adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan yang panjang jauh dari hiruk pikuk kota yang sibuk.

Pantai Terbaik di Gunung Kidul

Pantai Timang

Jika Anda mengunjungi Gunung Kidul dalam satu hari perjalanan, ada kemungkinan Anda akan datang ke Gondola di Pantai Timang. Gondola menghubungkan daratan dengan singkapan berbatu 30 meter atau lebih di lepas pantai. Dibangun oleh nelayan lobster yang menginginkan cara mudah untuk sampai ke seberang yang berbatu untuk menempatkan perangkap mereka dan sekarang menjadi tujuan wisata yang populer.

 

Pantai Ngrenehan

Sementara Pantai Timang adalah tempat yang paling populer dengan turis, Pantai Ngrenehan juga menjadi favorit bagi backpacker. Pantai itu berada di teluk yang terlindung yang dikelilingi tebing curam. Lautannya tenang dan hampir tidak ada arus, yang menjadikannya salah satu pantai di Gunung Kidul yang benar-benar aman untuk berenang . Ini tempat yang bagus untuk mendayung dan melihat-lihat nelayan melaut.

 

Pantai Sadranan

Sadranan adalah tempat yang populer dengan turis Indonesia. Pantai berpasir melebar dan membentang sejauh seratus meter. Ada di teluk kecil dan ombaknya kecil dibandingkan dengan pantai lain di daerah ini. Hanya di lepas pantai Anda akan menemukan beberapa terumbu karang di mana Anda bisa snorkeling (tidak banyak yang bisa dilihat). Ada banyak warung yang bagus tempat Anda bisa memesan kelapa muda dan makanan laut yang baru dimasak.

 

Pantai Baron

Pantai Baron menghadap ke selatan. Di teluk yang diapit oleh tebing-tebing tinggi karst yang menghadap hamparan pasir. Di dekat tebing dekat pintu masuk ke pantai, sebuah sungai bawah tanah muncul ke laut. Anda bisa berenang di air tawar. Puluhan kapal nelayan diseret ke atas pasir. Dalam perjalanan menuju pantai dari tempat parkir mobil Anda akan melewati deretan kios yang menjual pernak-pernik.

 

Pantai Krakal

Krakal adalah pantai selancar pertama di daftar ini. Ada reef breaks, yang sangat cocok untuk peselancar berpengalaman. Perlu diingat karangnya tajam. Anda akan selalu menemukan beberapa peselancar lokal dan Australia. Ada beberapa penginapan murah dan restoran sederhana yang menyajikan makanan laut segar di dekatnya. Waktu terbaik untuk berselancar adalah selama Natal dan Tahun Baru.

 

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang adalah pantai terpanjang di Gunung Kidul. Lautan di sebelah pantai dangkal dengan terumbu karang lepas pantai. Ini adalah tempat untuk berkubang di air daripada berenang. Ada beberapa pondok sederhana di sepanjang pantai tempat orang menyajikan makanan laut dan makanan ringan.

 

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran dekat dengan desa nelayan Kanigoro. Ini adalah pantai kecil yang dikelilingi oleh tebing batu yang tinggi. Di atas salah satu tebing ada sebuah kuil Hindu kecil yang menghadap ke laut. Anda juga akan menemukan Kuil Budha dan Masjid di sekitar sini. Jika Anda berkunjung pastikan untuk mencoba kelezatan lokal.

 

Penginapan di Gunung Kidul

Sementara Anda bisa mengunjungi Gunung Kidul dalam satu hari perjalanan, ini jauh lebih menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan di tepi pantai. Sayangnya pilihan akomodasi di sini cukup terbatas. Sebagian besar hotel berada di sekitar kota Wonosari, yang berjarak 30 menit berkendara dari pantai. Hotel biasanya sederhana tapi bersih.

Anda akan menemukan banyak hotel kecil dan penginapan dekat ke pantai. Sebagian besar akomodasi di daerah tersebut bervariasi. Yang terbaik adalah Kampoeng Baron. Kamar hotel berada di rumah Joglo bergaya Jawa tradisional. Dekorasinya indah.

 

Perjalanan atau Rute Menuju Gunung Kidul

Gunung Kidul berjarak 70 km selatan Yogyakarta. Berjarak 2,5 jam berkendara dari Yogyakarta di sepanjang jalan baru! Sedikit lebih jauh di sepanjang pantai adalah Pacitan, yang populer di kalangan peselancar. Selama Anda memiliki GPS di telepon Anda, Anda bisa berkendara ke sana. Atau Anda bisa mengatur penyewaan mobil dengan sopir dari Yogyakarta dan melakukan perjalanan sehari ke pantai.

Anda bisa mengunjungi pantai Gunung Kidul dari Yogyakarta dalam satu hari perjalanan. Jika Anda ingin membuat hari itu Anda harus meninggalkan Yogyakarta pagi-pagi (seperti 7 atau 8) dan kembali ke Yogyakarta sekitar jam 4 sore. Masalah dengan rencana perjalanan ini adalah Anda sampai di pantai yang panas hari itu. Ini juga cukup melelahkan bagi pengemudi.