Favorit

Wisata Luwuk : Tempat Wisata Populer di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah

Air Terjun Piala

Air Terjun Piala berada dekat dengan Kota Luwuk, hanya berjarak 15-20 menit ke Kelurahan Hanga-Hanga. Air Terjun Piala dijmanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yang dikelola oleh perusahaan swasta kemudian dijual ke PLN. Untuk naik ke kawasan air terjun, traveler harus melewati pintu air PLTMH. Untuk mencapai lokasi ini, perjalanan kami dari pintu air ke dalam kawasan Air Terjun Piala hanya sekitar 10 menit. Namun trek curam dan licin menjadi tantangannya. Sesampainya di sana, kami disambut dengan gemericik air dan hamparan sungai yang berwarna biru toska. Sungguh pemandangan yang sangat indah!

 

Air Terjun Ayus

Air Terjun Ayus terletak 2 km dari Air Terjun Piala. Air terjun yang lebih dikenal dengan nama Laumarang ini tersembunyi dengan rapat di balik bukit. Laumarang merupakan nama pemilik tanah kawasan tersebut pada zaman dahulu. Perjalanan menuju Air Terjun Ayus ini cukup memacu adrenalin karena curam dan jalur yang dilalui melewati pipa air yang menuju ke (PLTM) Hanga- Hanga. Berpegangan pada akar pohon dan ranting adalah cara agar kami tidak tergelincir ke sungai. Buat pencinta tracking dapat dipastikan air terjun Ayus merupakan salah satu tempat yang menantang untuk ditaklukan.

 

Bukit Kasih Sayang

Bukit Kasih Sayang merupakan kafe tempat muda-mudi bersantai yaitu Bukit Kasih Sayang, tempat menikmati indahnya Kota Luwuk dari senja hingga malam. Cafe ini terletak di atas bukit yang berjarak sekitar 30 menit dari Kota Luwuk. Para wisatawan dapat memandang luas Kota Luwuk dari ketinggian ditemani sunset dan kilau lampu yang menyelimuti Kota Luwuk. Berada di Bukit Kasih Sayang tidak lengkap jika tidak mencoba minuman Saraba (minuman jahe khas Sulawesi) dan pisang goreng. Dijamin kita merasakan kenikmatan yang luar biasa.

 

Pantai Kilo 8

Di Pantai Kilo 8 ini, tak usah repot dan jauh untuk menikmati hamparan pasir putih dan keindahan bawah lautnya karena pantai ini berada tepat di jantung Kota Luwuki. Di sini kita bisa menikmati pantai dengan air yang luar biasa jernih kita bisa melihat indahnya trumbu karang tanpa harus mengunakan alat bantu selam. Luwuk juga memiliki landmark khas tepatnya di Taman Sehati di sini kita dapat melihat tarian khas tari Molabot Umapos yang sungguh menawan yang diiringi dengan musik tradisonal.

 

Bukit Keles

Bukit Keles atau sering disebut sebagai Bukit Teletubbies. Bukit ini terletak tidak terlalu jauh dari Bukit Kasih Sayang yang dapat ditempuh sekitar 20 menit. Ketika berada di Bukit Teletubbies, sejauh mata memandang hamparan hijau berundak-undak menemani Anda. Pada saat sore berganti senja, matahari menyemburatkan cahaya keemasannya dari balik bukit. Indah, luar biasa pemandangan yang akan Anda nikmati di atas bukit Keles ini. Tak terasa senja berganti malam pemandangan langit yang awalnya serupa lukisan alam dengan setuhan awan biru berubah menjadi hamparan ribuan bintang. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan, seperti berada di dalam planetarium bintang bertaburan yang menghanyutkan dan memanjakan mata.

 

Pulau Dongdolang

Di Pulau Dongdolang, Anda akan dikejutkan dengan beberapa ekor lumba-lumba yang berenang meloncat-loncat ke atas permukaan laut. Satu lagi kejutan pemandangan yang tak terduga. Pulau Dongdolang merupakan Pulau tak berpenghuni, sangat indah dengan hamparan pasir putih dan lautnya yang jernih. Sayang sekali jika Anda harus melewatkannya. Untuk yang suka berpetualang wajib untuk mencantumkan Pulau Dongdolang dalam destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Di sini kita bisa mendirikan tenda, menyelami keindahalan pemandangan bawah laut, atau sekedar bermain di pantai dengan hamparan pantai pasir putihnya.