Favorit

Wisata Serambi Mekah : 10 Tempat Tujuan Wisata Favorit dan Populer di Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia yang terletak paling ujung utara Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki Luas wilayah 57.365,57 km2 (2,88% luas Indonesia). Aceh memiliki 8 sub etnis yaitu Aceh, Alas, Aneuk jame, Gayo, Kluet, Simeulu, Singkil, dan Tamiang. Aceh memiliki keanekaragaman budaya yang menarik., yang terwujud dalam bentuk tarian, kerajinan, dan perayaan-perayaan dan mendapat pengaruh yang sangat besar dari kebudayaan Islam.

Masyarakat Aceh terkenal sangat religius, memiliki budaya yang berlandaskan Islam dan telah melahirkan identitas Aceh yang sangat khas sehingga kita mengenal istilah “Aceh Serambi Mekah”. Harmonisasi antara adat dan Islam ini berkembang dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Aceh juga salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya yang menarik yang terwujud dalam bentuk tarian, kerajinan, dan perayaan-perayaan. Kebudayaan yang ada mendapat pengaruh yang sangat besar dari kebudayaan Islam.

Berikut ini 10 Destinasi Favorit Pesona Aceh :

1. Masjid Agung Baiturahman

Masjid Agung Baiturrahman terletak di pusat kota Banda Aceh. Masjid yang berusia 130 tahun ini memiliki menara setinggi 35 m, 7 kubah besar dan 7 menara masjid. Masjid Agung Baiturrahman pertama kali dibangun pada tahun 1621 di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. Di Masjid Agung Baiturrahman inilah ribuan orang mengungsi dari bencana tsunami tahun 2004 lalu yang hampir meratakan seluruh kota.

 

2. Museum Tsunami Aceh

Arsitektur museum ini menggabungkan rumah Aceh bertipe panggung dengan konsep escape building hill berupa bukit untuk evakuasi bencana tsunami. Memiliki 2 lantai dimana lantai 1 merupakan area terbuka, di lantai 2 berisi media-media pembelajaran berupa perpustakaan, ruang alat peraga, ruang 4D (empat dimensi), dan souvenir shop. Bangunan yang dirancang oleh Ridwan Kamil (Walikota Bandung) ini berlokasi di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Diresmikan pada Februari 2008 dan bertujuan untuk mengenang tragedi tsunami.

 

3. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektar. Ada sekira 130 spesies dapat diidentifikasi di Taman Nasional Gunung Leuser, yaitu: harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan juga 325 spesies burung.

 

4. Sungai Alas

Salah satu keunggulan Sungai Alas adalah dikelilingi hutan yang masih asri di Taman Nasional Gunung Leuser. Sungai Alas mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Daerah ini sangat popular di kalangan muda dan petualang. Memiliki tikungan tajam dan arus yang menantang bagi para pengadu nyali arung jeram.

 

5. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer RI atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol merupakan sebuah penanda geografis yang unik dan menarik. Dengan bentuk bangunan yang lingkaran berjeruji. Bagian tugu dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Puncak tugu ini terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol.

 

6. Monumen Kapal diatas Rumah

Bencana tsunami membawa kapal seberat 20 ton ini tersangkut di atas rumah penduduk di kawasan gampong Lampulo, tepatnya di atas rumah keluarga Misbah dan Abassiah. Kapal ini juga mempunyai sejarah menyelamatkan nyawa 59 orang yang terkena Tsunami.

 

7. Monumen PLTD Apung

Saat tsunami terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, kapal berbobot 2.600 ton ini terseret gelombang pasang setinggi 9 meter sehingga terhempas ke tengah-tengah pemukiman warga di jantung Kota Banda Aceh sejauh 5 kilometer. Dari 11 orang awak dan beberapa warga yang berada di atas kapal ketika tsunami terjadi, hanya satu orang yang berhasil selamat.

 

8. Taman Laut Rubiah

Nama Pulau Rubiah sendiri diambil dari seorang wanita bernama Cut Nyak Rubiah yang makamnya ada di pulau ini. Pulau ini juga pernah menjadi benteng pertahanan Belanda dan Jepang pada masa Perang Dunia II. Di Taman Laut Rubiah terdapat berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa, dan biota laut lainnya.

 

9. Pantai Sumur Tiga

Pantai ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak.

 

10. Pantai Cemara Indah

Pantai Cemara Indah terletak di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya sekira 25 kilometer dari ibukota kabupaten dan 5 kilometer dari kecamatan. Sesuai nama daerahnya, pantai ini juga disebut dengan Pantai Gosong Telaga atau Pantai Gostel.