Wisata Tarutung : Tempat Wisata di Kabupaten Tapanuli Utara Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kabupaten Tapanuli Utara yang beribukota di Tarutung ini merupakan daerah yang cukup terkenal di kawasan Toba terutama karena kabupaten ini sudah terbentuk lama saat masih penjajahan Belanda. Kemudian potensi alam dan sumber daya budaya dan adat istiadatnya pun sangat kaya akan keberagaman. Potensi alam antara lain luasnya lahan kering untuk dijadikan persawahan baru dengan membangun irigasi memanfaatkan aliran sungai dan danau. Potensi alam ini dapat dikatakan sebagai kelebihan kabupaten ini karena perairan Danau Toba yang dimiliki oleh Kabupaten ini memiliki sungai yang cukup banyak untuk dimanfaatkan potensinya untuk irigasi, pengembangan perikanan maupun pembangkit tenaga listrik.

Keindahan alam di Kabupaten ini tidak kalah dengan panorama di kabupaten lainnya disekitar Danau Toba, khususnya destinasi Pulau Sibandang di kawasan Danau Toba di Kecamatan Muara, dan wisata rohani Salib Kasih atau Gereja Dame. Destinasi alam lainnya dapat dinikmati di kawasan Hutaginjang, Air Panas Hutabarat dan Sipoholon. Sementara kekayaan seni budaya asli masyarakat seperti tor-tor, tumba (tarian yang digabungkan dengaan pantun), tenun ulos dan lain sebagainya merupakan potensi daerah dalam upaya mengembangkan kepariwisataan nasional. Potensi alam lain terdapat berbagai jenis mineral, seperti kaolin, batu gamping, belerang, batu besi, mika, batubara, panas bumi, dan sebagainya.

 

Salib Kasih

Objek wisata Salib Kasih terletak di Kecamatan Siatas Barita, dimana Objek Wisata Salib Kasih ini merupakan tempat beristirahat pertama dari Missionaris Nommensen setelah sampai di Rura Silindung pada 11 November 1863. Banyak diminati dan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal terutama pada hari – hari besar Agama Kristen dan hari libur Nasional. Lokasi dengan luas kurang lebih 5 hektar ini ditata dengan taman rekreasi , kapel-kapel kecil untuk berdoa, serta open stage yang menjadi panggung utama untuk para pengunjung yang bisa digunakan untuk kebaktian ataupun sekedar ingin duduk melihat pemandangan ke arah Rura Silindung.

Salib Kasih merupakan monumen untuk mengenang dan mengabadikan jasa missionaris Dr.IL.Nommensen di tanah Batak saat menyebarkan Agama Kristen Protestan di Tanah Batak. Untuk sampai ke atas, pengunjung harus melewati lebih kurang 400 anak tangga yang terbuat dari semen dan batu. Di sepanjang jalan, sobat wisata dapat melihat pahatan batu para peziarah yang sudah mengunjungi Salib Kasih semenjak awal di resmikan bulan Oktober 1993.

 

Pemandian Air Panas Sipoholon

Di Kabupaten Tapanuli Utara terdapat beberapa objek wisata air panas seperti Air Panas Hutabarat, Air Panas Sipoholon, Air Panas Sait Nihuta, Air Panas Parbubu, Air Panas Butar dan Air Panas Ugan. Namun yang paling populer dari tempat pemandian air panas tersebut ialah Air Panas Sipoholon. Air panas ini telah menjadi tempat persinggahan wajib (stop over) para wisatawan yang mengadakan paket perjalanan wisata ke Medan, Parapat, Tarutung, Padang dan Sibolga. Air panas ini disamping menyegarkan tubuh, juga berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit (gatal-gatal) dan alergi.

 

Hutaginjang

Hutaginjang merupakan salah satu lokasi wisata di Kecamatan Muara. Tempat ini terletak sekitar 32 km dari Kota Tarutung dan 11 km dari Bandara Silangit. Di lokasi ini kita dapat menikmati pesona alam yang sangat indah dengan pemandangan langsung ke Danau.

Baca juga : Huta Ginjang di Tapanuli Utara : Tempat Terbaik untuk Melihat Keindahan Danau Toba dari Atas Bukit

Toba yang pantainya indah. Dari lokasi ini kita dapat memandang terbit dan terbenamnya matahari serta keseluruhan Pulau Sibandang yang sangat indah. Lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat melakukan olahraga terbang layang (Gantolle) karena cuaca dan tempat yang sangat mendukung.

 

Air Soda (Aek Rara)

Objek wisata yang sangat terkenal di masyarakat lokal Sumatera Utara ini selalu menjadi lokasi favorit berlibur di akhir pekan atau di saat hari libur nasional atau liburan sekolah. Terletak di Desa Aek Siansimun, Kecamatan Tarutung tepatnya di Desa Parbubu yang berjarak 3 km dari kota Tarutung. Masyarakat lokal percaya bahwa khasiat air soda ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan penyakit ngilu. Menariknya, objek wisata air soda ini diyakini hanya ada dua di dunia yaitu di Tarutung dan di Negara Venezuela.

Baca juga : Pemandian Kolam Air Soda di Tapanuli Utara : Satu-satunya di Indonesia

 

Gereja HKBP Dame Saitnihuta

Gereja HKBP Saitnihuta merupakan gereja pertama dan tertua yang berdiri di Rura Silindung yang didirikan atas prakarsa Pdt. I.L.Nommensen yang datang dari Eropa ke Tanah Batak. Kehadirannya di Tanah batak awalnya tidak mendapat persetujuan masyarakat lokal. Gereja ini pun akhirnya resmi digunakan pada 29 Mei 1864 sebagai tempat beribadah masyarakat saat itu. Bangunan bersejarah ini dikelola, digunakan dan dimiliki bersama oleh dua lembaga gereja yaitu HKBP dan GKPI.

 

Dikutip dari : pesona e-magazine 2017


Favorit