Pedoman Wisata

Curug Tilu Opat Trekking Sambil Healing di Lembang 

Curug Tilu Opat atau Curug Tilu Parompong atau Curug Tilu Ciwidey jadi salah satu tempat healing populer para anak muda di Bandung dan sekitarnya. Suasananya sultan4d yang dingin dan sejuk, apalagi dengan suasana hutan yang membuat tempat ini cocok dijadikan tempat wisata healing. 

Secara harfiah, alasan pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan, saat Anda akan disuguhkan dengan air terjun yang terpecah menjadi tiga aliran dan bertingkat sultan4d menciptakan pemandangan menawan pada kaki air terjun. 

Daya Tarik berwisata ke Curug Tilu Opat Lembang 

Walaupun sudah cukup populer, air terjun Sultan4d Tilu Opat ini terbilang masih sepi. Karena itu, tempat ini sangat nyaman untuk dijadikan sebagai destinasi liburan untuk menjernihkan pikiran setelah lelah menjalani rutinitas setiap hari. 

Usahakan jika Anda akan berkunjung ke Curug tidak sendirian. Karena tempatnya yang masih tergolong sepi, sehingga jalur aksesnya masih tergolong ekstrem. Ada banyak kegiatan seru yang menjadi daya tarik tempat wisata air terjun ini. 

  1. Outbound 

Anda bisa melakukan beberapa kegiatan outbound sultan4d yang seru dan menantang di Curug Tilu Opat seperti body rafting, flying fox, gebug banal, high rope, jembatan dua tali, dan masih banyak lagi. 

Namun, Outbound ini biasanya hanya akan ada di hari libur saja ketika pengunjung cukup ramai. Jika Anda datang pada hari biasa, biasanya petugas tidak akan berjaga. 

  1. Trekking  

Selain menikmati fasilitas outbound, Anda juga bisa melakukan trekking sultan4d. Walaupun masih sepi dan terbilang ekstrem rute trekking ini masih tergolong ringan. Tetapi untuk berjaga-jaga jangan pergi seorang diri. 

Terlebih lagi pada beberapa tempat terdapat tebing tinggi yang harus Anda lewati tanpa pengaman. Pada rute trekking menuju air terjun, Anda juga akan menyusuri sungai, menyeberang jembatan kayu atau bambu dan turun pada jalan berbatu. 

Jangan lupa memakai pakaian dan sepatu yang cocok untuk melakukan perjalanan trekking ini agar Anda tidak kesulitan menerjang semua tantangan pada rute trekking ini. Rute trekking sultan4d ini kurang lebih memiliki jarak 1 KM hingga akhirnya Anda bisa menikmati indahnya curug. 

Perlu menjadi catatan, semua pengunjung tidak boleh berenang mendekati air terjun karena cukup dalam dan memiliki arus pusaran cukup berbahaya. 

Informasi Lokasi, Alat, Rute Perjalanan ke Curug Tilu Opat 

Lokasi curug ini berada di daerah Ciwangun, Parompong Bandung Barat. Sangat dekat dengan lokasi Kampung Gajah dan Ciwangun Indah Camp atau CIC. Lebih tempatnya air terjun Tilu Opat berada di Jalan.  

Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung. Untuk bisa mencapai Curug Tilu Opat dari arah Cimahi mulai dari Jalan Kolonel Masturi lalu ke daerah Parongpong, sampai di Gebang CIC setelah 2 KM Anda akan menemukan lokasi Curug. 

Sedangkan untuk Anda yang memulainya dari sultan4d arah Bandung bisa memulainya dari Terminal Ledeng, dilanjutkan menuju Jalan Sersan Bajuri ke daerah Kampung Gajah. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju arah Jalan Kolonel Masturi, Parongpong melewati Universitas Advent dan gerbang CIC setelah itu baru sampai di Curug Tilu. 

Jam buka destinasi sultan4d ini dari mulai 4 pagi hingga 4 sore buka setiap hari. Harga tiket sultan4d Curug Tilu Opat juga termasuk murah Anda akan dikenakan tarif Rp 10.000 per orang ditambah biaya parkir sepeda motor Rp 2500 dan mobil Rp 5000. 

Exit mobile version