Cari Tempat Wisata


Air Terjun Dua Warna Sibolangit : Nuansa Eksotis di Sekitar Kote Medan

Air Terjun Dua Warna Sibolangit : Nuansa Eksotis di Sekitar Kote Medan
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara
Views : 19

Menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang menawarkan pengalaman wisata yang berbeda bagi setiap orang. Alasan paling umum untuk mengunjungi kawasan ini pasti berbagai tempat wisata alam, terutama air terjun. Salah satunya terletak di Kecamatan Sibolangit yaitu Air Terjun Dua Warna. Tepatnya, air terjun yang berada di Desa Bandar Baru ini menawarkan nuansa eksotis bagi pengunjungnya. Memang benar wisatawan harus melewati hutan untuk mencapai lokasi tersebut. Namun, perjalanan ini akan menyenangkan dan menarik! Berkat pemandangan yang indah dan suasana Sumatera yang nyaman.

Air Terjun Dua Warna terletak di daerah terpencil dan di tengah hutan. Tak heran, wisatawan perlu melakukan trekking untuk bisa mencapai lokasi. Jangan khawatir. Lingkungannya rapi dan terawat dengan baik. Air Terjun Telaga Bitu sebenarnya bernama lain dan memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Belum lagi air terjunnya berada di ketinggian 1.475 meter di atas permukaan laut, sehingga suasana di sana terasa begitu sejuk. Sebagai informasi, air terjun ini berada di Hulu Sinembah 1, yang terbentuk akibat ledakan Gunung Sibayak.

Aktivitas

 Seperti namanya, air terjun ini hadir dalam dua warna yang indah. Warnanya putih dan biru jernih! Yang biru terasa lebih dingin dari yang lain dan menampilkan beberapa cetakan hijau di sekitarnya. Sedangkan untuk airnya yang jernih terasa hangat dan terlihat lebih memukau. Dua pelepasan air ini ternyata juga dipisahkan oleh beberapa air terjun yang lebih kecil!

Memang sebagian besar wisatawan datang ke Air Terjun Dua Warna untuk menyaksikan fenomena tersebut secara langsung. Namun, pengunjung juga datang ke situs tersebut karena alasan lain. Misalnya, mereka ingin menikmati nuansa dengan berkemah! Lokasinya memang dekat dengan Area Berkemah Sibolangit. Perpaduan antara air terjun yang mempesona dan nuansa yang tenang membuat lokasi ini semakin nyaman untuk berkemah dan melakukan aktivitas luar ruangan lainnya seperti eksplorasi tentunya.

Sebagai informasi, Air Terjun Dua Warna mendapatkan airnya dari Gunung Sibayak. Itu berada di lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut dan itu dianggap suci juga! Faktanya, beberapa orang Tionghoa lokal sering datang ke lokasi untuk berziarah! Hal lain yang sering dilakukan wisatawan di lokasi ini pastinya berenang atau mandi di kolam alami yang berada di bawah air terjun!

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Butuh usaha keras untuk sampai ke Air Terjun Dua Warna. Pertama, wisatawan harus mencapai Kabupaten Deli Serdang. Jika datang dari Kota Medan, mereka mungkin menghabiskan waktu sekitar 59 menit karena jaraknya 25,3 km. Jangan khawatir. Perjalanan ini menjadi lebih cepat jika melalui Jalan Pertahanan Patumbak. Nantinya, dari Deli Serdang, mereka tinggal menuju Desa Bandar Baru di Kecamatan Sibolangit tempat air terjun itu berada. Jaraknya 52,9 km, sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 34 menit. Sedangkan untuk rute terbaiknya adalah Jalan Jamin Ginting.

or cancel