Cari Tempat Wisata


Air Terjun Helaowo Gomo di Teluk Dalam : Pemandangan yang Indah di Nias Selatan

Air Terjun Helaowo Gomo di Teluk Dalam : Pemandangan yang Indah di Nias Selatan
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Air Terjun Helaowo, Desa Gomo, Teluk Dalam, Nias Selatan, Nias, Sumatera Utara
Views : 51

Kabupaten Nias menjadi lebih populer di kalangan wisatawan, terutama bagi mereka yang mengunjungi Pulau Sumatera, Indonesia. Itu adalah fakta. Salah satunya karena kawasan ini memiliki beberapa air terjun yang mempesona seperti yang berada di Kecamatan Teluk Dalam yaitu Air Terjun Helaowo Gomo. Seperti namanya, terletak di Desa Gomo dan termasuk Kabupaten Nias Selatan. Nah, Air Terjun Helaowo Gomo ini terkenal dengan airnya yang menyegarkan dan suasana alam yang indah. Inilah mengapa pengunjung merasa nyaman ketika menghabiskan satu atau dua jam di lokasi. Apa yang bisa dilakukan pengunjung? Kebanyakan dari mereka melakukan eksplorasi, relaksasi, dan fotografi.

Dari segi nuansa, Air Terjun Helaowo Gomo terlihat damai dan menawarkan suasana yang sejuk. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari saat udara terasa lebih menyegarkan. Ini juga memiliki tinggi sedang. Air mengalir ke bawah di atas bukit kecil, menciptakan pemandangan luar biasa yang layak untuk diambil foto! Satu hal, perlu usaha keras untuk sampai ke lokasi karena air terjun ini terletak di tengah hutan kecil. Jangan khawatir. Rutenya mudah sehingga semua orang bisa sampai ke sana tanpa kerepotan.

Aktivitas

Faktanya, Desa Gomo terletak di dekat Desa Hilinawalo Fau. Tak heran jika wisatawan sering mampir di pemukiman penduduk setempat ini terutama untuk menikmati alam air terjun. Alasan lain untuk mengunjungi desa ini adalah karena desa ini memberikan kesempatan trekking yang penuh petualangan bagi wisatawan. Itu karena pengunjung harus melewati perbukitan dan pemandangan indah untuk sampai ke desa dan air terjun. Selain itu, udaranya terasa begitu menyegarkan dan segar. Ini membantu wisatawan untuk menghilangkan stres.

Begitu sampai di Air Terjun Helaowo Gomo, wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan seperti fotografi dan mandi. Satu hal, pastikan untuk menyiapkan pakaian ekstra terlebih dahulu. Kemungkinan semua orang akan basah karena cipratan air dari air terjun. Bagi yang tidak ingin bermain air, cukup duduk di bawah pohon dan menyaksikan pemandangan dari jauh. Sebagai alternatif, mereka dapat menjelajahi situs dan menyaksikan batu megalitik Gomo yang terkenal. Jangan khawatir, pengambilan gambar diperbolehkan selama wisatawan tidak merusak lingkungan.

Aktivitas lain yang harus dilakukan Air Terjun Helaowo Gomo pasti mengunjungi desa itu sendiri. Menurut rumor, orang-orang yang tinggal di Gomo menganut kanibalisme! Terlepas dari rumor tersebut, faktanya adalah bahwa penduduk desa itu hangat dan ramah. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan layanan gratis kepada wisatawan terkait pemandu untuk mencapai air terjun.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Jarak antara Kota Gunungsitoli dan Desa Gomo adalah 72,7 km. Artinya perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam, namun bisa lebih cepat jika wisatawan melalui Jalan Raya Pelud Binaka. Begitu sampai di desa, perjalanan selanjutnya membutuhkan trekking kecil untuk menuju air terjun. Sebenarnya butuh beberapa menit. Selain itu, pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman selama trekking.

or cancel