Cari Tempat Wisata


Danau Jemelak : Tujuan Wisata Baru di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Danau Jemelak : Tujuan Wisata Baru di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Kalimantan Barat
Alamat : Danau Jemelak, Desa Nangau Ketungau, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Views : 88

Menampilkan banyak tempat wisata alam yang unik, Kabupaten Sintang bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan rekreasi keluarga. Misalnya, wisatawan bisa mampir di Danau Jemelak di Kecamatan Ketungau Hilir. Lokasi tepatnya berada di Desa Nangau Ketungau dan menjadi tujuan rekomendasi untuk menikmati tamasya dan relaksasi. Banyak penduduk lokal juga berkumpul di lokasi untuk memuaskan hobi memancing mereka. Sebagai informasi, lokasinya berada di alam yang rimbun, sehingga wisatawan juga dapat menikmati eksplorasi selama berkunjung. Satu-satunya masalah hanyalah arah. Itu berarti wisatawan perlu menyewa pemandu lokal yang tahu situs tersebut dengan baik. Orang ini juga dapat memberikan informasi lengkap tentang danau dan tempat-tempat menarik di sekitarnya, nanti.

Meskipun Danau Jamelak belum menjadi situs wisata resmi, namun tetap memikat pengunjung dari waktu ke waktu, baik penduduk lokal maupun pendatang. Orang-orang ini juga memiliki tujuan berbeda untuk mengunjungi danau. Dari segi nuansa, danau ini memancarkan suasana yang tenteram. Rasanya nyaman karena air yang tenang dan pepohonan rimbun yang mengelilingi danau. Sebagai informasi, terdapat perkebunan kelapa sawit yang sangat luas di kawasan itu. Itu berarti wisatawan dapat mampir dan mempelajari lebih lanjut tentang komoditas itu baik sebelum atau sesudah menjelajahi danau.

Aktivitas

Nah, dengan tidak adanya fasilitas yang canggih, Telaga Jemelak terkesan membosankan, bukan? Jangan khawatir. Itu memiliki daya pikat terbaik, yaitu ketenangan. Itu berarti pengunjung akan dapat bersantai dan menghabiskan liburan yang damai baik sendiri atau bersama keluarga. Tidak ada suara berisik. Wisatawan hanya bisa mendengar nyanyian burung dan suara binatang. Jika mereka datang di pagi hari, kabut indah bisa menutupi danau juga! Sungguh suasana yang meremajakan!

Selain relaksasi, pengunjung bisa melakukan hal lain di Telaga Jemelak. Misalnya naik perahu. Mereka dapat menyewa perahu tradisional lokal dan berkeliling danau dengan nyaman! Ukuran danau itu cukup luas untuk dijelajahi. Saat di atas kapal, wisatawan dapat menikmati panorama danau yang indah. Ini ide lainnya. Setiap orang harus membawa pancing dan perlengkapan terkait lainnya. Tujuannya memang untuk menikmati memancing sambil naik perahu! Ikan melimpah di danau itu.

Hal terbaik lain yang dapat dilakukan di Danau Jemelak adalah eksplorasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, danau ini terletak di dekat perkebunan kelapa sawit. Faktanya, perkebunan terus berbenah baik dari segi luas maupun fasilitas. Kabar baiknya adalah orang luar diizinkan masuk dan menikmati eksplorasi di daerah itu. Selain itu, mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang komoditas tersebut.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Butuh waktu lama untuk mencapai Danau Jemelak karena perjalanan yang jauh. Bagi pihak luar dalam hal ini dapat memanfaatkan pesawat terbang dan menuju Kota Pontianak terlebih dahulu. Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta di Kota Jakarta akan memakan waktu sekitar 1 jam 25 menit. Begitu sampai di Pontianak, wisatawan melanjutkan naik pesawat lagi dan menuju ke Kabupaten Sintang. Penerbangan ke Bandara Susilo memakan waktu sekitar 40 menit. Dari bandara nanti, mereka bisa langsung menuju ke danau. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan layanan transportasi lokal yang tersedia.

or cancel