Cari Tempat Wisata


Danau Laputi di Sumba Timur : Danau yang Jernih dan Mitos Belut Apu

Danau Laputi di Sumba Timur : Danau yang Jernih dan Mitos Belut Apu
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Danau Laputi, Desa Praing Kareha, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Views : 38

Meski wisatawan sudah mengenal keindahan pantai dan air terjun Provinsi Nusa Tenggara Timur, mereka mungkin merindukan keberadaan danau menakjubkan bernama Laputi. Sebagai informasi, lokasinya berada di Kabupaten Sumba Timur. Tepatnya berada di Desa Praing Kareha dan termasuk dalam Kecamatan Tabundung. Tidak hanya terkenal dengan penampilannya yang indah dan jernih, namun danau ini juga menyimpan urban legend yang menarik untuk dipelajari wisatawan selama berkunjung. Selain itu, merupakan bagian dari Taman Nasional Laiwangi Wanggameti sehingga menawarkan berbagai tempat wisata alam lainnya untuk dikunjungi nantinya.

Terletak di tengah hutan, Danau Laputi menawarkan nuansa yang menenangkan dan damai bagi semua pengunjung. Warna airnya biru susu dan terlihat cukup jernih. Ditambah lagi, danau ini dikelilingi pepohonan besar dan semak rindang. Satu-satunya kekecewaan adalah wisatawan harus berusaha lebih keras untuk mendekati danau, karena mereka harus melewati semak belukar dan tanaman lainnya. Meski diperbolehkan berenang, penduduk setempat memilih untuk tidak melakukannya. Karena dianggap sakral atau suci karena adanya makhluk mistik bernama Apu.

Aktivitas

Alasan pertama mengapa banyak orang mengunjungi Danau Laputi adalah untuk menikmati perjalanan. Bagaimanapun, perlu beberapa waktu untuk sampai ke situs. Hal baiknya adalah wisatawan dapat melihat berbagai pemandangan indah termasuk tanaman unik yang disebut Gamal atau Gliricidia sepium. Sekilas, tumbuhan ini terlihat seperti bunga sakura. Fakta menarik lainnya adalah bahwa danau itu berada di dekat air terjun yang indah! Tepatnya, danau itu terletak di atasnya.

Nah, daya pikat Danau Laputi selanjutnya pasti nuansanya. Warna airnya biru susu dan terlihat cukup jernih. Tak heran, orang cenderung masuk ke air dan berenang di dalamnya. Namun, menurut penduduk setempat, hal itu tidak disarankan karena mereka menganggap danau itu sebagai situs keramat. Jangan khawatir. Jenis kegiatan lain yang bisa dilakukan di sana termasuk fotografi dan relaksasi. Berkat keberadaan pepohonan rindang yang mengelilingi lokasi. Pengunjung akan merasa nyaman saat menjelajahi situs.

Daya pikat lain yang menarik dari danau ini adalah legenda perkotaan terkait keberadaan belut mistis raksasa bernama “Apu”. Nama itu sebenarnya memiliki arti nenek. Faktanya, mereka banyak! Meski hanya rumor, beberapa warga mengaku pernah melihat makhluk seperti itu saat berkeliaran di danau sendirian. Karena kesakralannya, penduduk desa bahkan terkadang melakukan beberapa ritual di danau! Tujuannya tidak lain untuk memanggil makhluk suci tersebut.

Perjalanan atau Rute Mencapai Lokasi

Dari Kota Kupang, wisatawan dapat memanfaatkan layanan pesawat di Bandara Internasional El Tari dan langsung menuju ke Bandara Umbu Mehang Kunda. Penerbangan ini hanya membutuhkan waktu 30 menit, jadi wisatawan tidak akan lelah sama sekali. Begitu sampai di Kota Waingapu (dimana Bandara Umbu Mehang berada), tujuan selanjutnya tidak lain adalah danau yang berada di Desa Praing Kareha. Jaraknya 118 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 2 jam 54 menit melalui Jalan Adi Sucipto.

or cancel